MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Wednesday, February 1, 2012

Bertanggung jawab is my life



            Kali ini gwe, Ramadhani Ichsan pengen mengajak kalian untuk merenung dan sedikit berfikir kedepan tentang diri lo sendiri. Kita sebagai anak muda Indonesia sering mengabaikan hal-hal kecil yang padahal bakalan menentukan nasib kita di masa mendatang, misalnya bertanggung jawab, kata ini mungkin gak asing lagi di telinga kita, tetapi pernah kah kalian mencoba untuk memperaktekanya dalam kehidupan, gak kannn!!! Kenapa ??? karna kita generasi muda, malas berfikir, malas bertindak, dan malas berjuang. Yang kita fikirin Cuma hari ini dan besok. 

        Selepasnya biarkan alam yang mengatur. Gwe nulis kisah ini, karna gwe prihatin sama kondisi sekolah gwe, khususnya kelas gwe. Setiap upacara bendera, kelas gwe selalu menjadi sorotan dan di cap, sebagai kelas yang bengal, ugal-ugalan, gak disiplin dan gak bertanggung jawab. Kenapa,,, kenapa harus kelas gwe yang mendapat cap buruk dari semua warga sekolah. Bukanya derajad kita di sekolah ini sama, tidak ada pengecualian antara setiap kelas. Kalo gw boleh jujur, itu semua bohong. Tapi udah lah, gwe gak mau bahas terlalu dalam tentang ini, karna gw n teman-teman yang lain di anggap masih anak kemaren sore dan ngerti apa-apa.
            
       Gwe pengen ngasi tau kalian definisi dari kata bertanggung jawab yang sebenarnya. Tanggung Jawab adalah :
Rasa tanggug jawab merupakan ciri individu yang bisa diandalkan. Berani bertanggung jawab berarti kamu siap menangung resiko atas perbuatanmu. Tak usah takut memikul beban tanggung jawab, sebab dengan membiasakan diri bertanggung jawab berarti kamu siap menjadi pemimpin yang handal di masa mendatang.” 
Gw mau tanya sama kalian, kapan terakhir kali kalain mendengar kisah-kisah orang yang lari dari tanggung jawab? Cowok yang enggan bertanggung jawab setelah puas menghamili pacarnya, para koruptor yang lari ke luar negri setelah merampok uang rakyat, seorang bapak yang gak peduli dengan nasib anak istrinya...bagaimana perasaan kalian setelah membacanya?
            
        Gwe kasih sedikit ilmu bahasa indonesia ya buat kalian, Menurut kamus besar bahasa indonesia edisi cetakan ketiga(gw lupa sisanya, pokoknya gitu). Tanggung jawab adalah.
 “keadaan wajib menanggung segala sesuatunya (kalau terjadi apa-apa boleh di tuntut, dipersalahkan, diperkarakan dan di hamili) (loohh) 
hmmm... terkesan mengerikan yaa (kecuali kata yang terakhir), itulah mengapa dalam bertindak atau mengambil keputusan harus di pikirkan masak-masak.berfikirlah sebelum bertindak.
            
        Kita sering mendengar ungkapan itu. Tapi bukan berarti kata TANGGUNG JAWAB identik dengan kesalahan atau penyalahan yaa. Bila dikaji, di telaah dan di telan bulat-bulat(maksud loe). Ternyata kunci sukses untuk menempuh hidup lebih baik adalah sikap mampu dan mau menerima tanggung jawab secara penuh, karna inilah puncak dari integrasi, yakni menerima si tanggung dan di jawab.
            
       Saat tujuan gak tercapai kita (manusia) cinderung menyalahkan faktor luar atau keadaan. Pelajaran yang sulit lah, guru yang cara ngajarnya gak enak akhh, ini lah itu lahh. Sebagian faktor  utama pendorong keberhasilan adalah dari dalam diri sendiri. Kalau kita gak bertanggung jawab pada diri sendiri, dengan mudahnya kita menyalahkan faktor luar sebagai penghambat. Tapi berbeda halnya jika kia mampu memotivasi diri dan bertanggung jawab akan pilihan hidup, hambatan apa pun yang ada akan di anggap tantangan dan proses yang harus di jalani dengal lapang dan bijak.

“Responsibility is doing my job
Responsibility is earning
Responsibility is trying my best
Responsibility is doing my share of the work
Responsibility taking care of things
Responsibility is helping others when day need help
Responsibility is being fair
Responsibility is helping to make a better word”

13 comments:

  1. bener banget lu yam , lagi2 gue dibuat merinding disco baca post lu .
    waktu gue masih unyu gue jg kaya gt , tiap gue gagal pasti gue salahin pelajarannya lah gurunya lah .
    sekarang sejalan sama diri gue yg udh semakin dewasa, gue d lebih bertanggung jawab sama diri gue sendiri .
    *eits jd pidato gue :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. lu emang doyan merindingan yah hen, jangan-jangan lu punya kelebihan dalam hal menrinding :D

      pidato selesai mbak, wkwkwk

      Delete
  2. gue baca postingan lo berasa berkaca diri dari pengalaman gue yang lalu-lalu. ah postingan lo bikin gue berasa mengupilin hidung gue sendiri ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh lu bisa berkaca juga dits, gak pecah tuh kacanya, #emaap

      Delete
  3. ciye ayam skarang bijak ya :)
    kalo gue baca berita2 orang yg gak bertanggung jawab kadang emosi sih misalnya cowok kabur setelah menghamili pacarnya :|
    bener tuh untuk tanggung jawab dengan hal lain mesti belajar bertanggung jawab untuk diri sendiri dulu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bang, gwe juga sering emosi, kampret banget, kalo ada orang yag gak bertanggung jawabnya sampe berlebihan gitu, kaya gak punya hati #jadiemosogwe

      Delete
  4. setuju yam,,banyak sekarang makhluk2 yg lepas tanggung jawab gitu aja..
    gue mau cerita dikit nih, sebuah cntoh kecil dikampus. Teman buang sampah sembarangan seenaknya dikelas dan diluar, udah dilarang.seharusnya kan sebagai mahasiswa kita juga bertanggung jawab atas kebersihan kampus sendiri. udah aku larang dia malah nendangin sampah itu...parah nggak tuh ??? hahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan banyak lagi bang, tapi banyak banget....

      cerita itu pun masih sering gwe temui di skolah gwe bang, susah banget kayaknya buang samaph pada tempatnya, padahal setiap kelas udah punya 1 tong sampahhh

      Delete
  5. widih, memang kadang tanggung jawab itu cuma hanya secara lisan dan hanya sebagian orang aja yang mampu melakukannya. Semoga blogger energy blogger yang bertanggung jawab, biar kelak slaah satu dari kita jadi pemimpin yang disegani semua orang. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. amien bang, blogger energy gwe yakin orangnya pada bertanggung jawab kok :)

      Delete
  6. baca postingan lo gue jadi..... random. nggak tau gimana lagi-_-v
    apalagi waktu baca part yang kelas ugal2an itu. beeuuuh mengingatkan pada masa lalu *plak padahal skrng juga masih gitu ._. wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheheh, jangan-jangan kelas lu, ugal-ugalan juga yah mba, wahh sama dah tuuu

      Delete
  7. tumben serius yam ._.? wah ini motivasi pas banget buat gue

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top