MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Monday, December 3, 2012

Batagor is Not Like Rujak Cingur

Naskah ini sebenarnya mau gwe kirimin buat lomba fabercastell kemaren. tapi gak jadi karna banyak hal. pas gwe coba tulis naskah ini di 4 lembar kertas faber castellnya. ehh gak cukup. gak jadi dah, padahal persyaratanya udah gwe penuhin semua. dari pada naskah ini mubazir, mending gwe publish di sini aja heheheh. happy Reading guys ^^...

Batagor ? iya batagor. Makanan yang gue kira kepanjangan dari bata goreng ini *ekstream banget*. Adalah cemilan berat favorite gwe. Dalam seminggu gwe pasti nyempetin diri buat mampir di warung batagor pinggir jalan paporite. Banyak banget alasan kenapa gwe suka ama tahu yang cuman di campur tepung ini. Disaat gwe lagi makan batagor, gwe selalu membayangkan hal indah dan berfantasi, *kadang sambil jerit jerit*. Ibaratkan Chriss John yang gak bisa hidup tanpa bertinju dan sarung tinju. Sama kaya Gwe yang gak bisa hidup tanpa makan Batagor sekali dalam seminggu.

Bosan? Gak pernah terlintas di kepala gwe tentang kata bosan waktu gwe lagi melahap ini makanan. Gak ada juga alasan kuat kenapa gwe harus bosan? So kenapa mesti bosan. Kalo di suruh milih Batagor atau Pizza, jelas aja gwe pilih Batagor. Murah, enak, dan mengenyangkan pastinya. Nah kalo Pizza, udah mahal, di bilang enak juga ngak enak-enak banget . Lagian batagor sama pizza juga sama-sama di buat dari tepung kan. Cuman toppingnya aja yang beda. Kalo batagor cuman butuh kecap dan saos kacang buat tampil lebih kece. Nah kalo pizza. Pizza ini gak konsisten, kadang-kadang toppingnya ada jamur lah, buah-buahan lah, sayur-sayuran lah. Belakangan gwe baru tau kalo ada pizza yang toppingnya kaya muntahan kucing *lebih ekstream dari batagorkan*.

Se waktu SMP dulu, gwe pernah ngerjain tugas IPA bareng temen-temen sekelas. Gwe telat dateng. Temen gwe yang namanya Izal nanya. "Dari mana lu san? ini udah jam berapa? tugas ini tuh datelainenya udah besok! lu malah baru nonggol jam segini". ada urusan lain emang yang lebih penting dari tugas ini, si Izal nyerocos mulu kaya kembang api yang sumbunya 10 meter, rasanya mulutnya mau gwe sumpelin sama kaos kakinya si eneng *ehh*. "Soory bro soor!, biasa tadi gwe gak makan dirumah jadi gwe mampir makan batagor sebentar". Kan kalo lapar, belajar gak mungkin bisa konsen, bener kan *sambil nyengir nyengir najong*. Hah batagor ? batagor yang di sebrang rumah Izal ini, "sahut Ira kaget". Lahh iya batagor yang di mana lagi emang disini, "tambah gwe".

Wahh parah lu san, lu gak tau itu paklek batagor kalo masak gimana ! Gak tau ! emang masak batagor gimana ? di goreng aja kan *pasang muka polos*. Iyaa emang batagornya cuman di goreng, tapi sambel kacangnya itu loh. Iya ra sambel kacangnya emang top abies, gilaa itu sambel kacangnya, top banget. gwe aja kadang suka nambah ampe 3 kali, buat ngerasain sensai makan sambel kacang batagor yang sesungguhnya. Rasanya enak kan ra, terus kaya ada asem-asemnya gitu, itu mungkin dari air acarnya, soalnya cuman batogor tu paklek aja yang ada acarnya.

Kepala lu tu enak kalo di goreng *sahut Ira*. Nahh itu dy tadi yang belum loe tau kan, rasa asem dari acar yang bercampur dengan sambel kacangnya.? itu bukan campuran dari cuka sama gula san, bukan banget, lu salah besar men *ira pun menyombong*. Lahh jadi dari apa, setahu gwe, acar kan di buatnya dari air, gula  cuka, sama timun deh, beres.

Lu pernah gak, liat langsung tu paklek buat sambel kacangnya di warung? Pasti ngak kan ! doi bikinya di rumah san, beda sama batagornya, yang biarpun di buat di warung gak masalah, karna gak ada apa-apanya. Lahh emang sambel kacangnya ada apanya ra *penasaran gwe* . tu paklek ya, kalo bikin sambel kacang di dapur rumahnya, terus gak pernah pake baju, jadi keringet-keringet yang ada di badanya langsung nyemplung plung, di adonan sambel kacangnya san. Makanya rasanya bisa asem-asem gitu. Nahh buat nutupin asem yang original dari ketek si paklek. Doi nambahin acar di batagor lu. Waktu itu Ira udah kayak orang yang paham banget di dunia persambel kacangan, padahal jangankan bikin sambel kacang, masak aer aja gosong.

Ininih batagor yg gwe doyan bgt. ada acarnya soalnya. ummm yammy

Wahh gak mungkin ra gak mungkin, gwe gak percaya. Lu pasti ngarang itu aja kan buat nakut-nakutin gwe. Supaya gwe jadi benci sama batagor dan beralih menyukai loe *lohh salah gaul* . kalo gak percaya lu liatin aja sendiri kerumah tu paklek *pembelaan ira*. Di jalan pulang, di kepala dan otak bagian kanan gwe terniang-niang perkataan ira yang sungguh super itu. Gwe mikir kenapa ira gak gantiin pak Mario aja ya, kalo pak Mario nama acarnya Golden ways *jalan keemasan*. Begitu Ira yang menggantikan, acara itu seketika berubah nama menjadi Belek ways *Jalan Belek*. Abisanya si Ira jago banget mempengaruhi orang. Kan gwe jadi males lagi makan Batagor. Dasar Ira Kampret. Sebentar, apa hubungan hebat mempengaruhi orang sama Belek ya ? Jadikan PR di rumah ya sodara-sodara !

Setelah peristiwa cerita batagor yang sebenarnya gak menyeramkan, tapi malah menjijikan itu. Gwe jadi mengurung diri, dan gak mau bergaul sama siapa pun, nyokap gwe masuk kamar, terus nanya. Kamu kenapa jarang keluar san, muka mu kok pucat, pupil kamu kok  membesar. Kamu pake NARKOBA YA!. -,- Wahhh gila efek dari cerita konyol Ira membuat gwe galau yang begitu hebat. Sampe nyokap aja ngira gwe pake NARKOBA. Padahal gwe cuman makan permen Yuppi yang over dosis  aja.

nah kalo ini batagor yg sering gwe makan, modelnya gini dah, percis deh.
Semakin lama gwe gak makan batagor, hidup gwe kaya gak berguna lagi. Gwe gak bisa ngasih nafkah buat paklek-paklek batagor yang sering gwe samperin. Gwe Mencoba mencari alternatif makanan pengganti batagor tapi gak bisa. Hati kecil gwe selalu menolak itu. Pertama gwe nyoba syomay, sodara terdekat batagor. Kata orang syomay lebih sehat dari batagor, soalnya mereka di  kukus ngak di goreng, jadi lebih menyehatkan. Tapi apa, sensasi pertama kali yang gwe dapat pas makan syomay.? ada sisa-sisa tepung yang masih mentah, waktu gwe belah tu syomay, terus ada juga yang nyangkut-nyangkut di sela-sela gigi. Mungkin karna mereka di rebus, jadi gak ada kriuk-kriuknya, makanya bisa nyangkut-nyangkut gak jelas gitu.

Gak berhenti di syomay, gwe masih mencoba, mencari-cari makanan yang bisa menggantikan peranan si batagor dalam hidup gwe. Gwe nyari makanan paporite udah kaya nyari istri aja, ribet banget kayaknya. Huahahahahah. Ada salah satu temen gwe yang ngasih tau, kalo makanan rujak cingur itu enak banget, pokoknya lu gak bakal ilfeel begitu menyantapnya, temen gwe namanya Rija, begitu tau alamat makan rujak cingur yang enak menurut versinya si Rija, gwe langsung tancap gas, Rija menawarkan diri, buat membimbing gwe menuju kesana, tapi gwe menolaknya. Ini hidup gwe ja, biarkan gwe yang melewatinya sendiri, bantuan mu sudah cukup sampai disini kawan. Gwe pun memanggil elang gwe buat ngantar ke sana. Bukan nyampe warung rujak cingur gwe malah masuk In**dosiar hahahah.

Begitu sampe, dari luar emang keliatanya rame banget, kebetulan gwe datang pas sore hari, wakti itu langit mendung, dan matahari pun bersinar terang *lohh*. Gwe masuk ke warung, duduk, dan pelayanya datang, tanpa dy tanya, gwe langsung jawab dengan tegas. PESAN RUJAK CINGUR PAKET KOMPLIT 1, tapi gak pake CD agnes monica yah *hening*. Yakin rujak cingur mas, pelayanya nanya, setengah gak yakin dengan pesanan gwe.

Gwe cuman balas dengan senyuman, dan tu mas mas pelayan pun langsung enyah. 10 menit kemudian datanglah itu rujak cingur yang katanya si Rija begitu lu makan, gak bakal bikin ilfeel. Kampret emang tu orang, jangankan makan, ngeliatnya aja gwe udh ilfeel level 7. Ini makanan apa. sayur mentah di tumpuk sama sedikit buah, terus disiram saos kacang manis, terus di atasnya itu apa yaa, mengkilat-kilat gitu. Gwe yakin pasti yang mengkilat-kilat ini yang namanya cingur.

Tu liat tu sayuranya pada mentah semua. waaaaaa.
Gwe panggil pelayan yang tadi, terus nanya, mas mas, ini yang mengkilat-kilat apa ya namanya. Yahh si masnya malah senyum terus bilang. Pesan rujak cingur kan, yah itu cingurnya mas, kalo bahasa kerennya congor. Gwe menggeleng-geleng, memberikan isyarat kalo gwe gak ngerti sama itu cingur apalagi congor. Lagi-lagi masnya cuman tersenyum, mirip senyum pepsoden yang tahan 12 jam. Cingur itu mulut mas, mulut sapi. Trusss blasssss ilang tu mas-mas. What mulut, mulut sapi, gwe liat di sekeliling gwe, orang-orang pada lahap banget makanin mulutnya sapi, pake mulut.  Apa enaknya coba. Sampe ada orang berdasi dan  pake jas juga keliatan kalap banget.

Akhirnya setelah menimbang, mengukur dan meyerut *jadilah layang-layang*. Gwe memberanikan diri, buat nyoba ini makanan. Di mulai dari buah nanas. rasanya biasa, kecut , asem, manis gitu. Udah kaya pesen keringet ketek dari semua paklek batagor di seluruh endonesia. Sayurnya mentah, ada pare yang pahitnya nauzubilah, semua sayur mentah udah gwe singkirin, tibalah saatnya lidah gwe untuk mencoba si cingur ini. Pertama gwe potong, teksturnya kenyak-kenyal lembek gitu. Mirip permen Yuppi sih, tapi ini permen Yuppi dewasa, yang gwe yakin kalo di jual di warung, gak bakal ada anak indonesia yang mau beli.

Sebelum gwe makan, gwe cium dulu pake hidung, hidung gwe udah kaya kanibal, hidung nyium mulut, apa jadinya coba?, udah kaya gak ada bagian lain aja yang bisa di cium. Baunya emang nyaris gak ada, yang ada malah bau mulut gwe, yang bikin gwe setengah sadar. Supaya gak keracunan, gwe emang udah siapin larutan oralit buat menetralisir racun ini cingur, kalo-kalo perut gwe menolaknya dan gwe keracunan. Kalo ternyata keluar buih dari mulut.  gwe udah siap nelpon polisi buat nangkep si Rija kampret, dan nyuruh polisi buat nutup ini warung. Gwe tuntut mereka berdua dengan tuntutan peracunan berencana. Hahahah

Emang bener pas di cium gak ada bau aneh, apalagi amisnya, palig cuman dikit. tapi begitu masuk mulut dan bercampur dengan air liur dan lidah gwe. Sumpah itu cingur amis banget. Lebih amis dibanding ketek palek batagor katanya si Ira. Gwe gak sangup buat ngalanjutin ini lagi. Satu gigitan udah cukup banget ngebuat gwe ilfeel level 7. Gwe jadi nyesel knapa tadi nolak tawaranya si Rija kampret buat nemenin gwe makan itu cingur. Kalo ada dy di depan gwe kan. Gwe jadi punya bahan pelampiasan, gwe bakal pesenin si Riza, KOMBO CINGUR FAMILY. Ingat tanpa CD Agnes monica ya *makin hening*.  ngejejelin semua cingur ke mulutnya si Riza, bayangin, mulut dijejelin mulut. Apa kata dunia permulutan coba.?  kalo emang gak muat gwe bakal pake corong minyak tanah yang terbuat dari seng berkarat, biar keliatan lebih ekstream. Emang dasar kutu kupret itu si Riza.

Sampe di rumah, gwe tanya nyokap. Pernah gak makan rujak aneh cingur. Ngak pake aneh ichsan *kata nyokap gwe* . iyaa entah apa lah namanya, karna itu makanan freak banget. Makanya gwe tambahin namanya jadi gitu. Ya pernah lah *sahut nyokap* , itu makanan kan enak banget sayang. Kamu mau di beliin itu yah, kok tumben mau makan yang begituan. kamu kenapa san, kamu ngidam yah, astaghfiruloh ichsan, kamu HAMIL Nak -,- entah kenapa setiap gwe ngobrol sama nyokap, dy selalu mengaitkanya dengan hal-hal yang gak kalah freak. Semoga nyokap gwe lekas sadar deh, amin yaoloh.

Sama-sama pake sambel kacang sihh. tapi beda ahh sama BATAGOR -_-
Gak berhenti di nyokap, gwe cepat-cepat nelfon si Rija, manusia kampret yang udah menjerumuskan gwe. Ehh kampret lu kira gwe manusia purba, disuruh makan congornya sapi. Kaya gak ada refrensi makanan lain aja lu *nyerocos gwe* woles bro *kata Rija Santai*. Itu makanan emang enak banget san. Lu nya aja yang gak biasa. Pas lu makan di sana, tu warung rame apa ngak *tanya Rija*. Iya sih rame, rame banget malah *balas gwe* . nah itu dy rujak cingur itu emang enak san, cuman orang aneh aja yang bilang itu makanan gak enak, udah menyehatkan, murah, enak pula. Bener gak, bener kepala lu gedek. Itu cingur sapi ja. Masa mulut sapi yang  bnyak jigong dan flek disana sini, di makan di bilang enak, wah lu ama nyokap gwe sama aja lu, sama-sama parah.

Wahhh nyokap lu suka juga kan san sama itu rujak cingur. Nah berarti udah terbukti, lu nya aja itu yang aneh, makanan yang enaknya luar biasa gitu di bilang gak enak. Kayaknya lidah lu ada gangguan bro *ledek Rija*. Atau jangan-jangan lu minum MIRAS ya san, jadi lidah lu gak bisa bedain, mana makanan enak, mana makanan gak enak. Astagfiruloh kawan, sadar lah, MIRAS itu gak baik buat kita, *ceramah Rija di telfon*. Karna males ngeladenin. Langsung gwe tutup aja itu telfon. *plak*

Setelah banyak kejadian aneh yang gwe alamin selama ini, gwe menyimpulkan kalo selera makan, dan makanan kesukaan setiap orang itu berbeda-beda. Belum tentu makanan yang kita suka, di sukai juga oleh orang lain. Contohnya gwe, yang suka banget sama batagor, dan nyokap serta Riza yang suka banget sama rujak cingur. Gwe bilang rujak cingur itu kaya makanan purba, tapi nyokap dan Riza bilang, kalo rujak cingur itu makanan yang amat sangat menyehatkan dan mengenyangkan. Kita gak bisa mengatakan itu salah. Karna benar apa yang orang-orang dulu bilang, beda lidah beda rasa. Dan itu baru gwe sadar sekarang.  Sekarang Walupun Ira sering menjelek-jelekan batagor di depan gwe, gwe gak bakal ilfeel dan merasa jijik, gwe tetap suka dan cinta sama batagor. Berbeda dengan Rija dan Nyokap yang selelu membangga-banggakan rujak cingur, kalo gwe udah gak suka, ya tetap aja gak suka. Mau di apain lagi kan. itu

ehemmm. sekalian gwe mau pamer dulu tuh. udah liat belom header sama slide show baru di blog gwe, heheheh. minta komenya yah, kalo blog gwe jadi tambah berat atau tambah gimana gitu. soalnya kalo gwe buka di laptop gwe sendiri sih gak ada problem. masih ringan-ringan aja. makanya gwe butuh masukan dan saran dari kalian semua. mohon bantuanya yah semua...

48 comments:

  1. Iya nih, tampilan blognya makin Te-O-Pe BeGeTe, keren... \m/

    btw, yang namanya baso tahu, batagor sama gado-gado itu makanan favoritku lho... 1 porsi gak akan cukup ^:D
    *ehh gak ada yg nanya yah...? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh. makasih kaka dee

      wihhh sama dong, emang makanan yg lu sebutin tu pada enak semua. apalagi kalo ada bumbu kacangnya hehehe

      Delete
  2. kunjungan perdana sob :) sambil baca2
    visit n koment back y dblogq :)
    skalian follow ya nanti ak folback

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih udah berkunjung kesini sob heheh :D

      langsung meluncur ke blog sobat...

      Delete
  3. penasaran gue apa rasanya batagor..aku harus nyampe ke indonesia dengan segera ni..


    Tapi iya ...aku suka sama ayam goreng..haha biar apa keadaan sekali pun..
    aku harus makan ayam goleng..untung bisa masak sendiri...

    coba kamu minta bikinan sama nyokap lo..minta bikin batagor... jadi gak usak difikiran rasa-rasa yang di bilang si ira..

    hahahaa kasihan lo ayam..benar-benar jadi ayam sakit. harus aku sembelih secepatnya buat korban...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo ju, buruan ke Indonesia. Welcome Home heheh

      lu jee jaynee atau upin ipin. harus makan ayam guring wkwkwkwk.

      kan gak mungkin juga tipa minggu gwe minta bikinin jue, gak mungkin. atau lu mau bikinin gwe hahahah

      endingnya paling malas nih. lagi-lagi gwe mau di potong . wuuuu *kaburr*

      Delete
    2. hahaha...enak di sedia tempat nginap..hahaha

      haha upin ipin juga ni...

      haha harus belajar dulu buat nya..pasti bisa..hahaha

      hahaha gak tau bila mau sihat ayam nya..mulu sakit terus...kasihan wkwkwkw

      Delete
    3. wkwkwkwkkw. emang upin ipin lover kan lu jue. udah deh ngaku aja yaaa, yaa

      Delete
  4. beda banget bang tampilan batagor bandung sama batagor asal tempat saya.
    heeemm
    dan ternyata nyokap lu gaul bang karena sama kayak saya suka makan rujak cingur :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayaknya setiap daerah malah bang batagornya beda. tapi tetep enak kok.

      emang nyokap gwe itu gaul abis. sumpah gaul abis. kalah gaul deh gwe -_-

      Delete
  5. Gue jga suka batagor lho,
    Kenapa hrus ngomongin muntahan kucing sih, gue baca postingan ini sambil makan lho. huhu


    Oya, saran aja dari gue, coba deh lo biasain menulis kalimat langsung dengan tanda kutip, biar enggak bingung orang yg bacanya. Contohnya begini:
    Temen gwe yang namanya Izal nanya, "Dari mana lu san? Ini udah jam berapa? Tugas ini tuh datelainenya udah besok!"
    "Biasa, tadi gwe gak makan dirumah, jadi gwe mampir makan batagor sebentar" jawab gue.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh soory bang Oga soory. peacee

      oh iaa, itu kesalahan gwe bang. makasih banget loh buat masukanya. iniyg gwe harapkan dari pembaca setia blog gwe heheheh. sekali lagi makasih ya bnag. :)

      Delete
  6. waaah hampir semua makanan yang pake saos kacang dimasukin, semuanya gw suka. tapi klo masalah ditakut-takutin kaya gitu, gw jadi ga suka baso gara-gara waktu masih sd dibilangin klo abang-abang baso bulet-buletin basonya pake CD ... sampe skarang gw jadi illfeel ama baso :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahahah. gimana logikanya bang bulet2in baso pake CD. kok gwe gak peran dapat isue kayak gitu yaaa. heheheheh.

      makanan yg pake sambel kacang emang TEOPEBEGETE dah

      Delete
  7. Ekstrem amet idup lu bang :'|
    *pukpuk*

    Gue suka banget tu siomay sama batagor :9
    Kalo rujak segala jenis rujak gue gak suka '_' apalagi rujak cingur

    ReplyDelete
    Replies
    1. gwe suka yang ekstrim-ekstrim feb heheheheh.

      siomay gwe gak terlalu sih. kalo batagor euuuuuu. janagan ditanya dah

      cingur, apa itu rujak cingur *AmnesiaDadakan*

      Delete
  8. Pagi Pagi Udah Bikin Gue NgiLer Aja Lu Yam !!

    Well, batagor gue juga suka. gue setuju yam sama Loe, rujak cingur itu seperti makanan Purba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh. gak papa mah kalo ngilernya makanan. masih manusiawi lah itu. yg bahaya kalo lu ngiler yang lain hehehe.

      hahahah sependapat kita bro. makanan kok mentah semua

      Delete
  9. Agak beda sama Batagor yang di Mataram..
    Enak sih.. Cuma ga terlalu doyan.. Rasanya terlalu manis..
    Mending cilok, pedesssss..

    Header blogmu kece, San..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah kalo dulu lu gak terlalu doyan. mulai sekarang lu harus doyan Va hehehe. *maksaabis*

      heheheh makasih loh *ituPujianKan*

      Delete
  10. Gue paling suka batagor Bandung :D sama kek gitu..
    Bikin ngiler itu pictnya.. cuman pengen muntah aja denger sambelnya campur keringet ketek -__- hueekks

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh sama dong, batagor bandung emang paling top sih. kota asalanya Batagor kan emang disitu ya, ehh iya gak sih ? ia kan.

      hehehehe. itu rahasianya yg bikin sambal kacangnya enak bang wkwkwkw

      Delete
  11. Siang-siang gini gue baca postingan lu yam, ada fotonya pula -_-
    perut gue konser musik keroncongan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehhe. minta diisi dah tu berarti perut lu fa. buruan deh diisi rujak cingur sana wkwkwkwk

      Delete
  12. saus kacang dengan flek ketek donk jadinya -_-
    jadi double iyuh kalo kata anak alay wkwk
    eh btw cingur itu bukannya idung ya, eh idung apa mulut sih :|
    kalo dikampung gue cingurnya dr idung sapi :|
    yasudahlah lupakan kali ada bentar lagi ada yang komen cingur dr upil sapi -_- sekian

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ... ada-ada saja :D .

      Ya, Mas Oges cingur artinya "hidung dan bibir atas kerbau atau sapi" gitu :D

      Delete
    2. @Bocah Saico hahahah iya yah jadi double dong. tapi kok enak ya bang. hayoo kenapa bisa enak wkwkwkw.

      @Rayen nah tuh udah di jelasin sama abang rayen hehehehe

      Delete
  13. woohh pulang sekolah pas BW langsung postnya tentang makanan , wuuh langsung laper bgt .

    ReplyDelete
    Replies
    1. langsung makan aja pin heheheheh. masa harus gwe suapin lagi wkwkkw

      Delete
  14. Kalau batagor saya juga sering makan, itu jadi makanan sehari-hari kalau di kampus.. Rasanya emang Top ^^.
    Tapi kalau rujak cingur belum pernah sih.. Kalau rujak yang cuma buah-buahan tanpa si 'cingur' itu sering. Soalnya makanan favorit saya juga. *Ga ada yang nanya yak :P :D

    Tampilannya makin keren kok ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah kebetulan di sebalah sekolah gwe juga ada kampusnya. dan disana juga ada paklek batagornya,. emang di kampus itu makanaya bersahabat bgt ya, kaya batagor. uuu Indahnyan Indonesia deh

      yahh kalo rujak biasa gwe juga doyan.

      heheh makasih lohh :D

      Delete

  15. Rujak cingur ? Sikat bleh..
    Cuma orang Indonesia yg pinter bkin sesuatu yg dianggap aneh & menjijikkan di luar negeri jadi mkanan enak yg digemari smua org,,

    #Nyamm...Jadi laper..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha iya bener-bener. kalo burger aja bisa laku di jual di sini. masa iya kalo Batagor di jual ke luar negri gak laku. wahhh tidak bisaaa

      Delete
  16. sama kayak gue, gue juga kalo disuruh milih, mending makan batagor daripada pizza, rasanya aneh banget yam.

    gue juga sempet juga mikir kayak lo, apalagi kalo pas acara farah queen, keteknya ga ditutupin. serem juga sih kalo dibayangin :)

    tapi emang bener, makan Indonesia emang lebih enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. berarti kita sepaham bang. sukurlah hehehe.

      hahahah bener bang bener. semoga aja keteknya farah queen gak ada sesuatu yg ada di otak kita bang. semoga dehhh.

      wahh kalo itu udah pasri bang. top markotop dah kalo makanan Indonesi ni

      Delete
  17. wah, bikin laper nih...

    kalo gw pasti milih pizza sob. karena pilihannya itu batagor bayar dan pizza gratis, hehehe *kabur dengan muke gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh dasar naluri gratisnya beringas banget lu sob hahahahah

      Delete
  18. langsung ngiler, jd lapeeeer! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak usah galau bang kalo ngiler. tinggal keluarin 10 rebu, udah dapet batagor kok. kalo mau rujak cingur soory nih gwe lupa harganya heheheh

      Delete
  19. pilih batagor or rujak cingur?? saya pilih batagor aja deehhh... gue kaga suka tuh bau rujak cingur.. ada bau sapinya c.... mooooo??? hehehhe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yesss kita sepaham bro.

      bener banget. biarpin hebat tu orang masak cingurnya tetep aja itu namnya cingur dan itub selalu bau dimata gwe heheheh

      Delete
  20. kedua makanan ini tidak pernah saya cicipi, sehingga saya tidak tahu apa yang sebenarnya melanda diri anda.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sumpah sedih banget hidup lu bang. lu tinggal dimana emang sampe gak pernah makan itu. jangan-jangan lu tinggal di mars yaaa

      Delete
  21. huwahahaha sama kak ayam.. aku juga nyebutnya bata goreng, tapi yang rasa ikan ada tuh enak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah. gwe kira, cuman gwe aja yang nyebutnya gitu heheheh.

      ia lah pokoknya semua batagor i like it heheheh

      Delete
  22. yam yang gua heranin satu dari batagor, kenapa pare nya itu kalo dimakan didalam batagor kagak pahit ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo yang pake pare itu namanya syomay deh bnag.

      emmm.. soalnya udah direndem aer garam dulu.,makanya gak pait, wisss cerdas banget gwe ahh gegegeg

      Delete
  23. duh, jadi laper...

    pesan saya cuma 1 bro, gak semua batagor dibuat dengan cara yang tidak higienis :D
    biasanya yang agak mahalan kebersihan terjamin :D

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top