MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Monday, October 3, 2016

Tutorial Mengingat Mantan Untuk Pemula

Problem setiap anak-anak di masa yang sudah injury time ( transisi dari anak-anak menuju remaja pemula) pastilah nggak jauh-jauh dari yang namanya jatuh cinta, patah hati, pacaran, balikan, uttaran. Setiap remaja pemula bahkan remaja lapuk punya masalah yang pastinya berbeda-beda.

Kebanyakan dari kita, jika sudah patah hati dan bubaran dengan pacar, pasti pengin cepat-cepat melupakannya. Seperti kegiatan melupakan mantan itu adalah hal wajib yang harus dilakukan kalau sudah putus.

Padahal nggak selalu begitu. Nggak semua orang mau langsung melupakan mantannya begitu baru putus. Bisa aja malah sebaliknya. Sebelum menulis postingan ini gue sempat melakukan survey kecil-kecilan prihal perbandingan antara yang dilakukan mayoritas orang ketika baru putus dengan pacarnya.


- Melupakannya.
- Mengingatnya
- Menjauhinya.
- Menyantetnya.

Dari survey kecil –kecilan ini, gue pun memutuskan untuk membuat table periodik prihal tindakan yang akan dilakukan mayoritas orang ketika baru putus dengan pacaranya. Tapi, setelah gue pikir-pikir lagi, agak rumit ya kalau mau buat table periodik dari hal yang cemen kayak gini, ini kan bukan soal kimia, ini kan soal cinta (asiyque) jadi , gue pun memilih untuk tidak jadi membuatnya *ya nggak usah di ceritain woy kalo nggak jadi, bgst*

Jangan emosi dulu, untuk mengobati kekecewaan kalian, gue sudah menyiapkan grafik mengenai problematika di atas, silahkan di simak.

Dari tahun ke tahun keinginan untuk menyantet mantan memang cukup tinggi. Brace your self.


Kebanyakan informasi yang kita dapat di internet selalu soal melupakan mantan. Gue agak gelisah dengan fenomena ini, makanya gue ingin memutus rantai kegelisahaan ini. Pasti banyak orang-orang di luar sana yang butuh tutorial lain, selain melupakan mantan. Tutorial mengingat mantan misalnya.

Terdengar cemen memang, tapi, tutorial ini pasti juga dibutuhkan. Sesuai dengan survey gue di atas, banyak orang yang bingung bagaimana cara mereka mengingat mantan. Coba kalian cek di toko buku, pasti nggak ada buku panduan atau tutorial yang membahas tentang bagaimana cara mengingat mantan, ya kan?

Maka, dengan segenap hati dan separuh jiwa yang telah pergi, akan gue beritahu kalian semua Tutorial melupakan mantan untuk pemula. Kenapa untuk pemula ?


Pertanyaan bagus.


Tapi, nanti aja gue jawabnya, kalian baca aja dulu tutorialnya sampai habis. Oke, mantab, sip.

Sebelum masuk ke tahap tutorial, ada baiknya kalian mempersiapkan elemen-elemen (anjir, udah kayak avatar) apa saja yang diperlukan untuk menunjang proses mengingat mantan, berikut daftanya.

Siapkan mantan
Ini termasuk elemen penting. Nggak mungkin dong kita mau mengingat mantan tapi nggak punya mantan. Elemen ini hukumnya fardu ain.

Siapkan ingatan
Perannya cukup penting dalam tutorial kali ini, karena tutorial ini melibatkan memory dan daya ingat, maka,  elemen ingatan sangat diperlukan. Nggak bisa dong mau mengingat mantan kalo kita nggak punya  ingatan, amnesia mah itu namanya, kalo nama gaulnya sih ‘orang gila’. Elemen ini pun hukumnya sama, yaitu fardu ain.

Siapkan kenangan
Terlihat cemen memang, tapi, kenangan itu penting. Inti dari segala inti dari mengingat mantan adalah  prihal memutar kembali kejadian-kejadian yang pernah kita lakukan bersamanya. Gimana mau mengingat mantan kalo jadian jam 12.00 am putus jam 12.01 am. APA YANG MAU DI INGAT? Makanya, elemen ini pun termasuk ke dalam kategori fardu ain.

Siapkan Opie Kumis
Ya buat nambah-nambah point aja. Yang ini hukumnya sunnah.

***
Setelah mempersiapkan beberapa elemen penting yang dibutuhkan, kalian akan gue giring menuju menu utama postingan ini, yaitu tutorial mengingat mantan untuk pemula. Mulai dari bagian ini tolong serius, karena  gue membuat tutorial ini segampang dan semudah mungkin untuk di praktikan, gue harap sampai di sini kalian sudah mulai mempersiapkan pertanyaan. Jika kalian sudah mendapatkan pertanyaan keren, ayo, gumamkan bersama-sama di dalam hati,


‘hmmmm ….pertanyaan bagus’


Baiklah, sepertinya kalian mudah sekali ya di cuci otaknya. Nggak usah berbelit-belit lagi, kita langsung saja. Cara pertama yang harus kalian lakukan untuk mengingat mantan untuk pemula adalah:

Jangan Unfollow, Jangan Unfriend, Jangan Undertaker Sosmed Mantan.
Oke, point yang terakhir abaikan aja, agak berat memang berusaha untuk lucu itu. Social media adalah sarana paling mudah dan paling murah yang sudah disediakan semesta untuk kita. Terutama untuk pelaku LDR ya, social media ini bagaikan setitik cahaya di ruangan gelap, setetes air di padang gurun yang gersang, atau sebatang lengkuas diantara potongan daging rendang. 

Agak nyesek ya pas udah bangga milih potongan daging rendang yang paling gede waktu lagi kondangan, ternyata dapetnya lengkuas :(

Seperti semboyannya, social media ini bisa mendekatkan yang jauh dan merapatkan yang dekat. Kalau kita mau konsisten menjadi pengingat mantan sejati, haramkan itu yang namanya saling block atau saling ‘report as spam’. Kalau ternyata mantan kalian nggak suka di inget-inget sama kalian, atau kalian ketahuan stalking terus sosmed kalian di block. Jangan berkecil hati, bikin akun baru, lanjutkan stalking mu. 

Jangan sampai di block menggangu aktivitas stalking mu. Banyak jalan menuju Roma. Ada Romaldo, Romaldinho, Cristiano Romaldo. Banyak. Bahkan dari dalam negeri ada Romaldowati.

Jangan Bakar Barang Kenangan dari Mantan, Mending Bakar Menyan Aja.
Step kedua yang harus kalian lakukan adalah jangan mudah terhasut dan terpancing kebiasaan netizen dan anak zaman sekarang. Membakar barang-barang pemberian mantan itu kan salah satunya, itu perbuatan sia-sia loh. Banyangkan, ada banyak orang yang berharap diberi kado atau dihadiahi sesuatu oleh pacarnya, tapi nggak pernah dapat, karena memang mereka nggak punya pacar.

Di dalam kitab suci juga dijelaskan kalau segala bentuk kegiatan yang mubazir itu adalah temannya setan. Bakar barang-barang mantan kan termasuk mubazir tuh, makanya jangan dilakukan. Kalau kalian mau mengingat mantan kalian bisa memjang semua barang pemberiannya di kamar, di tata yang rapih, di beri bingai-bingkai, di kasih pita-pita yang lucu, terus di sebelahnya disiapkan juga dupa dan menyang. Buat apa ? mari ramai-ramai bergumam dalah hati,


‘hmmmm ….pertanyaan bagus’


Jangan Hapus Foto Mantan dan Foto Kalian yang Lagi Berduaan.
Jangan pernah terbesit niat dalam diri kalian untuk menghapus foto mantan, karena menghapus foto mantan adalah sebuah tindakan lemah, hal ini sangat bertolak belakang dengan asas mengingat mantan. Biarkan foto-foto itu bersemayam dalam laptop atau smartphone kalian, kalau perlu print foto-foto yang menurut kalian ‘kece’ dan pajang di dinding-dinding kamar. 

Kalau bisa pilih foto dia yang lagi sendiri, yang full body dan posenya terlihat ‘mengundang’ khusunya buat yang mantannya cewe, selain di tempel di dinding, kalian bisa tempel di plafon, kan lumaya buat jadi bahan co……ntoh praktikum anatomi manusia.

Membiarkan foto mantan termasuk perjuangan besar untuk mengingat mereka. Dengan membiarkan foto mantan bersemayam di kepala kalian. Setiap harinya kalian akan semakin ingat dan ingat terus dengan mantan. Mau main futsal ingat mantan, mau main basket ingat mantan, mau main sabun ingat mantan. Pokoknya ingat aja, niscaya, perjuangan kalian untuk mengingat mantan tidak akan pernah sia-sia.

Perbanyak Minum Air Putih.
Step ini penting demi menjaga daya tahan tubuh. Jangan sampai saking terlalu asiknya mengingat mantan, kalian lupa minum dan kekurangan cairan, bisa fatal. Nice info kan.

Nonton Pesbukers
Step ini sebenarnya nggak penting, cuman biar keliatan nyambung aja sama elemen Opie kumis.

Lupakan Dosa dan Kejelekan Mantan
Kalau kalian sudah sampai pada step ini, berarti kalian sudah hampir memenuhi segala panduan yang akan gue berikan. Untuk menjadi pengingat yang baik, ada baiknya kita mengingat bagian-bagian yang bagus saja, yang indah saja, yang bahagia aja. Kenapa ?


‘hmmmm ….pertanyaan bagus’
*DiTendang*


Oh, oke, sorry, yang ini akan langsung gue jawab. Walaupun banyak orang beranggapan bahwa mengingat satu kebaikan orang itu sangat susah, tapi mengingat 10 kejelekannya sangat mudah, kita tidak boleh menelan mentah-mentah dogma ini (anjir bahasa gue, taik lah).

Coba setting ingatan kalian untuk memilah-milah, menyeleksi part-part yang baik dari mantan kalian, tanamkan potongan-potongan kejadian indah itu dalam otak kalian, dan jangan lupa buang jauh-jauh kesalahan dan kejelekannya. Cara ini termasuk yang paling ampuh untuk bisa konsisten dalam mengingat mantan. Nah, step yang terakhir dan nggak kalah pentingnya adalah :

Olahraga yang Cukup
Karena pura-pura tegar butuh kondisi fisik yang bugar.

***
Demikianlah tutorial singkat dan sederhana dari gue, prihal mengingat mantan untuk pemula, jangan praktikan tutorial ini dalam kehidupannya nyata, karena mungkin tidak ada gunannya juga. Buat apa kita ingat-ingat mantan. Dia aja nggak ingat sama kita.

Kalau kalian mau baca tutorial soal cinta yang lain. Yang sama-sama untuk pemula dan sama menyesatkannya, kalian bisa jalan-jalan ke blog #WahaiParaShohabat yang lainnya.

Daus: Tutorial Pemakaian Pomade Bagi Pemula, yha, tutorial dari daus emang paling beda, ayo ludahi dia.

Yaudah segitu aja deh, selamat hari senin, gue pamit dulu, see you guys.

Ehh bentar, kayaknya itu bukan closing gaya gue deh. Ulang yak.

Selamat hari senin, gue mau lanjut nugas animasi sama desain kemasan dulu wacaw ^^

64 comments:

  1. JADI NGAPAIN ELU BIKIN TUTORIAL KALO UJUNG2NYA DISURUH GAK USAH KARENA MANTAN AJA GAK MIKIRIN KITA???

    Awas kalo lo balesnya, 'Hmmm... Pertanyaan bagus.'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yhaaa, padahal mau jawab pake sistem itu tadi. Kamu baca pikiran saya ya? Polisi tolong, ada orang jahat nih :(

      Delete
  2. ITU GRAFIKNYA DAPET DARI MANA? MOHON DIJAWAB SAUDARA IKSAN!!???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue baru mau komen gini, untung baca komen dulu. HAHAHAHA.

      Delete
    2. Jadi begini, grafik itu adalah perekaan dari cerita di ftv, yg intinya adalah .......hanya fiktif belaka. Wassalam.

      Delete
  3. Kenapa ini g boleh dipraktekin?
    Kenapa inget mantan gada gunanya?
    Kenapa mantan g inget sama kita padahal dia punya ingatan loh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa gue harus jawab semua pernyaan super penting ini.

      Delete
  4. Fakuy -_- Oppie Kumis dan Pesbukers ngerusak fokus. Tapi setelah baca semua, aku baru sadar sih, ternyata postingan ini ngerusak orang :' wkwkw :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal tutorial ini dibuat serius, lho. Masa dikira ngerusak orang :(

      Delete
  5. INI TUTORIAL APA TIPS SIH?

    Regards,
    pembaca kritis

    ReplyDelete
  6. ITU KENAPA LO NANYA SENDIRI JAWAB SENDIRI???

    GRAFIKNYA ITU DATANYA TOLONG DIPERJELAS DARIMANA ASAL USULNYA DISERTAI BUKTI DOKUMENTASI...

    ReplyDelete
  7. Plis deh. Tutorial itu buat dipraktekin kalo nggak untuk dipraktekin ngapain dibuat? Kesel gue bacanya --'

    Semoga opi kumis nyasar ke postingan ini. -atau perlu gue mensen orangnya?

    Kenapa mensen?

    Hmmm pertanyaan yang bagus..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jawabannya jelas. Untuk membuang2 waktu kalian lah.

      Hmmmm pertanyaan bagus.

      Delete
  8. Tutorial apaan nih pake bawa uttaran sama harus nyiapin Opie Kumis segala :-D

    Tapi..


    Sib ajib banget tuh point yang terakhir yaitu OLAHRAGA YANG CUKUP karena emang iya pura-pura tegar itu butuh kondisi fisik yang cukup. Jadi baper dah gue sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yha, karena mengingat mantan memang butuh ketegaran. Makanya olahraga itu penting. Salam olahraga.

      Delete
  9. Karena pura-pura tegar butuh kondisi yg bugar.-Ayam Gila

    San, kenapa ini disebut tutorial? Bukankah ini kategori tips? Mana pertanggungjawaban lo? Itu, survei dari mana lagi? Grafiknya tidak disertai sumber. -_-

    Okelah. Fix, ini tutorial yg sesuatu banget sob. Terimakasih banyak sudah membuat panduan ini. Semenjak baca ini, gue jadi tau korelasi Tabel Periodik dengan Opie Kumis.

    Sekian.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Master tutorial telah mengeluarkan fatwa.

      Delete
    2. Silahkan kalian bedua debat berdua dulu ya. Gue mau jawab2in pertanyaan bagus yg lain dulu. Soal sumber grafik, baca komen di atas aja.

      Delete
    3. anjiirrr komentarnya si robby
      ((Master Tutorial telah mengeluarkan fatwa)) X)

      Delete
  10. Wahahahaha. Biadab. Bagian Opie Kumis bikin kaget, anjir. Tapi kok berasa baca tutorial siapa gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapa, hayo? Gak perlu di cc-in, bukan twitter soalnya hahah.

      Delete
  11. Opie kumis sama nonton pesbukers itu kegunaannya buat apa ya senpai?
    Grafiknya hasil survey darimana ya senpai?

    mohon dijawab.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm pertanyaan bagus.
      *tendang*
      *pake dua kaki*

      Delete
  12. Buset deh itu grafiknya berdasarkan pengalamanloe ya bang!...hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pengalaman bangak orang sih, tapi tipis2 :)

      Delete
  13. mantan aku siapa bang? aku ada dimana bang? aku ini siapa bang?

    "kalo sosmed kalian di block. Jangan berkecil hati, bikin akun baru, lanjutkan stalking mu" kalo di block lagi gimana bang? bikin akun lagi, terus avanya diganti pake foto Dijjah Yelow gitu? Jawaaaab bang... jawaaaab....!!!

    baydewey,
    pointer mouse-mu kayak upil gajah yang nemplok di monitor. hmmmm

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serah lu dah, mau foto dijjah yellow kek, opie merah atau awkarin orange. Bebasss.

      Itu pointer mouse padahal makaudnya gambar ayam. Masa jadi upil gajah:(

      Delete
    2. lebih mirip ikan pari :))

      #langsungber-mimikri

      Delete
  14. Ini blog boleh gua bakar ga sih?

    'hmmm.... Pertanyaan bagus.'

    Tabel ini kalau dipake buat skripsi dijamin ga lulus sih, ngarang banget. Ku jadi ingin menyantet yang nulis ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibakar. Disayang aja gimana?

      YA NGAPAIN JUGA SKRIPSI PAKE TABEL BEGINIAN WOY :)

      Delete
  15. Agak berat memang berusaha untuk lucu itu. Hahaha true banget.

    Grafik batang berdasarkan pengalaman lo sendiri keknya, gak ada sumber resmi yang tertera.Gue mau menambahkan satu lagi tips mengingat mantan untuk pemula, yaitu perbanyaklah mendekatkan diri kepada Tuhan, karena waktu terbuang untuk membaca blog ini dan menghilangkan kesemaptan untuk berbuat hal yang lebih bermanfaat. -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, berat euy.

      Sebuah analisa mendalam, dan memang, tujuan postingan ini hanya untuk membuang2 waktu, alhamdulillah sukses.

      Delete
  16. Itu grafik dari mana? Sampel penelitiannya siapa? Demografisnya apa? Gua curiga...hanya fiktif belaka hahaha. Ini tutorial mengingat mantan atau melupakan mantan sih? Emangnya lu pernah punya mantan? Gua curiga lagi wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((Hanya fiktif belaka)))

      Aha, jawaban bagus.

      Wahhh iya, saya kan setia, gak punya mantan, ahh salah puloh tema tutorial nih, hmmm nantilah coba tutorial lain eheheh.

      Delete
  17. oooo ini mirip postnya si siluman capung.

    gue jomblo bang, jadi maksud dari beberapa tutorial diatas gue kurang paham. iya jadi gue terkadang baperan klo baca tentang "pacar"

    ReplyDelete
    Replies
    1. INI KAN EMANG PROJEKAN BARENG WOY.

      Dengerin senpai roby tuh, abis sunat jgn lupa main2 ke bioskop.

      Delete
  18. Tutorial pemakaian pomade tampak lebih menarik buat dipi, secara mantan baiknya dimaapin dan dijadiin teman aja biar hidup damai... Hahaha. Tapi sedih ih nginget mantan tuh, aplg kenangannya, aplg klo disakiti... Eaaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ....sebuah wejangan.
      Mari memafkan, lupakan kesalahan yg lalu, .....dan ayo, buat kesalahan baru.

      Delete
  19. Tutorial yang tidak mendidik. Kurang belajar sehingga melupaka #terusbelajar. Dan, gue kepikiran sama endingnya. Punya siapa ya?

    "Hmmmm... pertanyaan bagus."

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aspek #terusbelajar memang susah ya diterpkan.

      PIKIRKAN.

      Delete
  20. YAA ALLAH TADI GUE BACA POSTINGAN APA SIH HAH. Udah serius baca malah topiknya dirusak.
    Sialan emang. Jangan ditiru ceunah.

    Suka-suka u bang Yog.

    ReplyDelete
  21. Ini tutorial apa coba wqwq.
    kayaknya lo harus banyak2 belajar membedakan makna mengingat dan melupakan.
    tapi terserah lu aja deh.
    .
    sebagai mahasiswa yang baru aja nyelesein skripswet gue merasa tertantang untuk meneliiti grafik yang sudah lo teliti.
    kayaknya itu kurang Ilmiah penelitianya ehek.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jelas ini adalah tutorial mengingat. Karena melupakan sudah terlalu kuno, azeg.

      Akhirnya ada juga yg tergerak hatinya untuk meneliti grafik ini.

      Delete
  22. oke bang. Opie Kumis gue terima, walou agak mengganjal di hati ini. Dan pesbukers juga. Agak syok aja sih.

    Dari semua tulisan dipostingan ini. Udah dikasih kesimpulan sendiri bahwa.

    Buat apa kita ingat-ingat mantan. Dia aja nggak ingat sama kita.

    Hmm...pertanyaan bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh penempatan 'pertantaan bagus'nya kurang pas. Ayo cari formula yg lain dulu sana.

      Delete
  23. Setelah membaca paragraf ngapain kita nginget inget mantan, sedangkan mantan aja gak inget kita, gur jadi mendafak nyesel telah membaca artikel ini yam.
    Sumpah demi kumis opie kumis, gak penting banget.

    Eh tapi penting ding, untuk mereka merak yang punya mantan masih ada utang yang belum lunas, harus banget tuh diingat ingat. Semoga kaum ini tercerahkan dengan tutorial lo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena tujuan dari tutorial ini hanyalan untuk menjerumuskan dan membuang2 waktu kalian semata.

      Nah, itu. Penting kan mengingat mantan. Apa gue bilang.

      Delete
  24. (Jangan dipraktikkan tutorial ini di dunia nyata) TERUS INI DITULIS BUAT APA HUH?!
    Tapi bener sih, buat apa kita mikirin mantan, toh dia udah nggak peduli lagi. Harus ikhlas, insya Allah bisa sih. Tapi kenapa harus nonton Facebookers ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini udah yakin nih komen buat blog gue. Bukan buat 'bang Yog' lagi nih?

      Delete
  25. Hmm.. Hal yg terbayang di benak ku ialah, mantan yg mana ya yg mau aku ingat? Wkwkwk :p

    Tapi gak ah. Tar baper lagi. Gak digaransi kan? -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan dibayangkan mba, nanti terbayang-bayang

      ((gak digaransi kan)))

      Delete
  26. Ini apaan woy?! "co……ntoh praktikum anatomi manusia." Bodo amaaattt!

    Kalian bikin proyek terus dijadiin maenan hestek. Bangkhe juga ya cari celahnya. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Susah memang ngejokes blue sama yoga ini hahaha.

      the power of #SelaluAdaCelah hahaha

      Delete
  27. Ya ampun, tulisan ini lebih kacau daripada senpai yoga!

    Opie kumis.
    Nonton pesbukers.

    Tutorial apa ini masya Allah! Hahaha.

    Next...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan lupa di praktekin ya cees, sebagain pengingat siapa itu. Oh iya, Yuliana, uhuy

      Delete
  28. Itu grafiknya hasil penelitian dari mana bang?
    Kok gak ada sumbernya? Wah kok jadi nyamber ke opie kumis? wah jangan-jangan ini ulah konspirasi opie kumis

    ReplyDelete
  29. OH. JADI INI YA POSTINGAN YANG MAKSUD HATI TUTORIAL, EH JADINYA MALAH TIPS? WQAQAQAQAQAQ. San, jangan sedih. Anak Samarinda settingannya memang begitu kali ya. Tapi kenapa harus anak Samarinda?

    Hmmm.... pertanyaan bagus nggak nih?

    Dari postingan ini aku jadi tau kalau Ichsan mantanan sama Opie Kumis. Oke. Nice info gan.

    ReplyDelete
  30. hehe ternyata ada juga ya tutorial buat mengingat mantan, mungkin yang melupakan paling cocok dari pada mengingat..

    ReplyDelete
  31. Wkwkwkwkw... beneran kocak!!
    Tutorial mengingat mantan, ngapain mantan diingat-ingat lagi. Mantan aja nggak ngingat kita. Ahayyydehhh...

    Mending nyari pacar baru, pamerin deh sama mantan. Kelar deh.. Hahahaa... :D

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top