MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Saturday, September 24, 2016

Magang Di Jakarta Asik Kali Ya

Terakhir ngecek KRS gue langsung stres. Nggak sadar kalau gue udah masuk semester lima aja. Perasaan kemarin masih sibuk nyari kemaja putih, celana bahan warna hitam, sama bahan ngerpe (nyontek) buat tes SBMPTN sih.

Dua tahun udah berlalu, bener-bener nggak terasa kuliah udah kaya mainan. Tau-tau udah mau magang. Iya, semester 6 nanti gue udah harus magang, Insyaallah kalau SKS udah mencukupi gue nggak mau menunda-nunda magang.

Sebenarnya, kalau di kampus gue namanya bukan magang, tapi PKP (Praktik Kerja Profesi). Mirip-mirip sama waktu SMK dulu sih. Bedanya usia doang, kalau zaman SMK dulu gue masih polos, nah kalau sekarang udah nggak polos lagi. [Insert meme]


Rencana magang ini udah gue pikirkan jauh hari. Yang pertama pasti masalah tempat. Nggak tau kenapa gue pengin aja magang di Jakarta. Kebetulan peraturan kampus juga meminta untuk mahasiswa DKV sebisa mungkin magang diluar Kota.

Magang di Jakarta asik kali ya, bisa sekalian liburan, jalan-jalan, senang-senang, ketemu artis atau minimal bisa mainan di bundaran HI, naik busway, sama kecopetan di busway. Sama satu lagi nih, gue pengin ngerasain gimana sensasi banjir atau macet disana. Mueheheh

Dengan semua kelebihan dan keinginan tadi pun, Gue jadi semakin yakin dan semakin mantap dengan pilihan magang di Jakarta. Maka dari itu, mulai liburan kemarin, gue udah mulai tanya-tanya temen gue yang di Jakarta, dan kebetulan juga dia lagi magang disana. Gue nanya Rizky (rizkyarieprima.blogspot.co.id), dia blogger juga, anak Palembang tapi, kuliah di Bandung, jurusan kita kebetulan juga sama-sama DKV, pas banget lah pokoknya.

Kira-kira begini percakapan yang terjadi antara gue dan Rizky.
1

2



Iya, terlihat sekali memang gue kayak orang bego, udah nanya tropol. Kaga sabaran pula, biasa lah, namanya juga semangat anak muda.

Dari Rizky gue jadi cukup tahu beberapa tempat yang bisa dijadikan sasaran untuk ngirim lamaran buat magang. Selain nanya tempat magang, gue juga nanya tempat tinggal. Ya masa gue nggak nyari kos di sana, mau tidur di mana? INI JAKARTA BROTHER.

Demi semangat magang, padahal penginnya liburan. Gue tetap pengin ke Jakarta, pengin ngerasain persaingan atmosfir Ibu kota, sekaligus tempat wisatanya. Tapi, gue jadi mikir-mikir lagi waktu tahu standar harga kos di sana, gue lumayan kaget. Kos di Jakarta ternyata mahal-mahal, kalau harganya segitu mending gue nginep di hotel sekalian. Di hotel ada kolam renang sama kasurnya empuk. Lah, di kosan paling kasurnya kapuk lagi, terus nimba air pake katrol pesawat sederhana jenis pengungkit.

Kalau di hotel juga enak kayaknya, nyarinya gampang, bisa lewat aplikasi di HP, kaya Traveloka atau aplikasi lain. Kalau kost di mana ya ? oh iya, gue tahu, di tiang listrik, biasanya banyak info terbaru soal kost di tempel di sana.

Mari menyebur

Nggak jadi magang mah kalau tempat tidurnya begini


Dari perbincangan gue dan Rizky, dia juga bilang agak susah kalau mau tembus magang di sini. Apalagi di beberapa perusahaan kreatif yang udah punya nama. Kalau cuman modal portfolio mah lo di ketawain doang. Minimal punya orang dalem.

ORANG DALEM.

‘Di sini agak susah urusan begitu san, gue masuk di sini aja gara-gara ada kakak sepupu juga yang bantuin  hahahah’ Rizky membongkar aibnya sendiri. Setelah itu gue jadi mikir lagi, yahh, udah biasa sih yang kaya gini, di Indonesia emang sangat dibutuhkan yang namanya ‘the power of orang dalem’

Rizky cerita kalau ada temennya yang udah di accept sama satu perusahaan, udah di jamin lolos nih, selain ada ‘orang dalem’ dia di sana, dia juga udah ngirim lamaran jauh-jauh hari, jadi saingannya masih dikit. Tapi, begitu seminggu lagi pemanggilan calon mahasiswa yang diterima magang, namanya nggak ada. Dicoret, dihapus, dimusnahkan. Kasihan banget.

Usut punya usut, namanya kegeser sama anak-anak asli kampus Jarakta yang mau magang di sana. Jadi, perusahaan lebih mengutamakan mahasiswa asli Jakarta dibanding mahasiswa luar…..planet, ya luar Jakarta, lah. Gue nggak mau nyebut intansi tempat kuliahnya, cuman ya, di Jakarta emang juga banyak kampus yang khusus untuk anak DKV. Nggak cuman beberapa biji, tapi banyak.

Beda banget sama di Samarinda, sebiji pun kaga ada. Sedih euy.

Karena gue anak DKV, jadi gue emang nyari tempat yang berhubungan dengan industri kreatif, bisa berupa start up, media cetak, atau pertelevisian. Jujur  sih, kalau disuruh milih gue maunya ya ke perusahaan start up gitu. Soalnya di media cetak gue udah pernah. Rasanya gitu-gitu doang, gue butuh sesuatu yang baru, uhuy.

Kalau pertelevisian kayaknya gue belum terlalu tertarik, selain passion gue juga bukan di sana, tapi, kalau kepepet mungkin gue bakal coba. Di pertelevisian juga banyak kabar yang nggak enak soalnya, makanya gue agak takut mau magang di industri itu.

Adi si keriba keribo pernah cerita juga soal dia yang sempat magang di salah satu media televisi swasta, ceritanya sedih, gue jadi nggak tega mau share ke sini.

‘mending cari yang lain dulu san, nanti kalau udah mentok, baru dah lu coba masuk kesana. Tapi, kalau masih ada tempat lain, mending jangan. Pokoknya jangan jadikan prioritas aja’

Sedikit wejangan dari Adi, ya, memang tidak membantu sama sekali wejangan dari Shohabat Adi ini, yang ada malah bikin jiper. Sebenarnya gue masih nggak ngerti dia ngomong apa.

Waktu zaman SMK dulu, gue sempat juga ditawain magang di media perlevisian di Jakarta, yang nawarin teman blog juga, Mba Resti, dia alumni DKV cuman D3 aja. Katanya di televisi enak, kerjanya team, jadi gedung televisi yang segeda gaban itu nggak bakal lo kenal semua siapa aja orangnya. Lo fokus sama team lo sendiri. Kalau di divisi dia, mba Resti ini ber-enam (kalau nggak salah). Pokoknya dia cuman garap kerjaan yang dikasih ke teamnya.

Kerjanya pun estafet. Mirip sama media cetak, jadi, mislanya  satu orang ngerjakan iklan. Iklan beres langsung lempar ke bagian ilustrassi, kalau udah beres lempar lagi kebagain layout, layout beres lempar lagi ke bagian publishing.

Intinya kerja estafet ini, kalau satu pekerjaan aja mandek, yang lain nggak bisa kerja. Di sini ujiannya kerja team. Jadi kita nggak bisa leha-leha atau santai-santai, semuanya harus on time. Apalagi kaya media cetak atau televisi yang ibaratnya nggak boleh telat.

Enaknya kerja team, kerjaan jadi cepat selesai, kita bisa fokus sama bagian kita aja, fokus sama apa yang diperintahkan ke kita aja. Kerja team juga enaknya gini, kalau nggak ada proyek, ya semua santai, di kantor cuman youtuban aja atau nge-gosip. Nah, masalahnya momentum nggak ada kerjaan itu sangat jarang, malah nyaris nggak pernah terjadi :(

Nah, sekarang gue jadi dilematis. Kalau kata Adi jagan dijadiin prioritas, kalau kata mba Resti di sana enak, soalnya kerja Team. Nggak tau deh ini kedepannya gue mau gimana, kalau emang rezekinya di Jakarta mungkin tetap ke sana. Tapi, kalau nggak ya,..... harus tetap di sana pokoknya, gue orangnya kan ngotot, nggak mau kalah. Hahahaha. Udah ahh, mau ngerjain tugas desain kemasan sama animasi dulu. Wacaw ^^

Sumber Gambar :
Kolam Renang : http://q-ec.bstatic.com/images/hotel/840x460/503/50329991.jpg
Kamar Tidur : https://www.panpacific.com/content/dam/pp/PP%20Perth/rooms-and-suites/pacific-club/pacific-club-king-twin-master.jpg

57 comments:

  1. Lo semester 6 mau magang? Udah semester 7 aja. Kenapa? Pikirkanlah.

    ((Bahan ngerpe))) itu bahasa kaltim doang deh kayaknya woy :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan menghasut hal yang tidak-tidak ya kamu, dasar lelaki kardus.

      Ehh iya ding, hahaha, biar dunia tahu lah bahasa kaltim, uhuy

      Delete
  2. Gua sih dari dulu pengen magang di pertelevisian, ga tau kenapa tapi keliatannua enak ajaa. Setuju sama yang dibilang Mba Resti sih, mungkin waktu itu Bang Adi bilang ga enak gara-gara kerjanya sendirian, terus dia ngehasut gitu. Hati-hati!

    Semoga dapet tempat magang di Jakarta yang ena.

    ReplyDelete
    Replies
    1. (keliatannya enak) ini mah keknya lu kemakan acara tv yg melibatkan crew-nya sih. Macam YKS atau pesbukers itu :)

      Aminnnnn, moga dapet

      Delete
  3. Hahaha. Tergantung divisinya juga saan. Kalo mau yang seru-seru gue kasih tahu. Sinilah main-main kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahhh gak percya gue sama lu di, sesat palingan.

      Delete
  4. Ehm yang mau magang. Jakarta emang cukup keras sih. Eh tapi sekarang mah emang hidup lebih keras.
    Itu yang di pertelevian yang Bang Adi tempatnya sama nggak sama yang Mba Resti?
    Sebenernya magang dimanapun itu ada suka dan dukanya. Yaaaa yang penting mah bisa dinikmati dengan baik. Ambil yang positifnya. Semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih, hidup emang kerasa, kalo kitanya lembek ya abis di tindas ini. Beda mba, tapi keknya masih satu circle group yang sama sih eheheh.

      Semangat.

      Delete
  5. Wkwkwk udah mau magang aja nih :D hihihi

    DKV ya? Temenku anak DKV juga sih, kemarin katanya dia mau magang di perusahaannya giring nidji gitu, apa itu lupa namanya, tapi dia ngga ambil. Coba deh kamu daftar sana. Errr... eetapi nggak bisa kasih saran lebih banyak lagi sih, laporan magangku aja belum kelar *lah malah curhat wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh Kincir.com yak, itu fokus start up soal musik kayaknya, lah, gue main satu alat musik pun kaga bisa, paling mentok mukul rebana ....

      Yahh, gue taulah gimana resahnya jadi mahasiswa yang laporan magangnya belom kelar hahaha.

      Delete
  6. Ibu kota emang sangat menggiurkan tapi inget jangan sampai kaya awkarin ya!

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    ReplyDelete
  7. Whoaa udah mau magang aja nih.
    Moga cepet nemuin tempat magang yg asiq dan nyaman ya bang.

    Betewe, aku juga ga ngerti sih bg adi bilang apa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, semoga dapet nih ehehe.

      Hanya Adi yang mengerti apa yg dia omongkan :)

      Delete
  8. Di tempat magang gue dulu aja coy, di Petrokimia.

    ReplyDelete
  9. Waduh hebat saya juga waktu dulu pernah magang waktu masih sekolah dan memang seru sih sambil nambah nambah uang jajan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo zaman kuliah ini mah bukan nambah uang jajan nih jatohnya, malah sebaliknya :(

      Delete
  10. Wah yg mau magang, semoga dapet tempat yang diinginkan ya :)
    Dimanapun tempatnya sebetulnya bagaimana kitanya juga :)

    ReplyDelete
  11. Eh emang pas SMK km magang nya kiapa san? nyaman aja kah? AKu kira penuh derita kaya aku haha...

    Magang di Banjar ja bnyk maslah apa lagi mun aku misalkan magang di ibu kota, bisa bulik kd bebentuk manusia lagi aku *kd mengutani san* *tapi ada bujurnya jua pang jr aku*

    Eh artikel anu ini boleh aja kah di masukan link lain? Hehe bentuk serius nah, kd tau soalnya kalau boleh :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu magang di Surat kabar hahaha nyaman aja, parak rumah soalnya.

      Ini kok malah jadi nakut2in yaaa,

      hahahah kada bulih kah, hanyar ku hapus dah linknya wkwkwk, namanya amatir heh.

      Delete
  12. Cie mau ngerasain macet dan banjirnya ibu kota..

    Di kala lu mau ngerasain macet dan banjirnya ibu kota, gue malah udah mumet dan pengen cari suasana baru di luar kota. Ya, Begitulah hidup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahh bagian itu pencitraan doang sebenarnya hahaha.

      Keluar lah, jalan2, ke bekasi mungkin (?)

      Delete
  13. Kalo gak bisa ke sana mau tetep ke sana. Ini anak apa sih maksudnya-_____-

    Hmm, The Power of Orang Dalem itu emang masih kuat sampe sekarang sih. Dulu aku PKL di bank bumn juga ada sodara haha. Tapi tetep aja sih sehebat-hebatnya orang dalem kalo kitanya oon mah magang baru bentar doang langsung kick jangan-jangan. Jadi jangan mentang-mentang ada orang dalem jadi seenaknya aja pas udah di dalem. Kerja itu nggak gitu, Bro.

    Jadi kamu masih bingung mau magang di mana ya? Emang enaknya sih ngerambah ke startup. Selain karena perusahaan jenis ini lagi in, juga kayaknya lebih friendly aja sama mahasiswa dan generasi muda. Ke nyunyu.com, nggak mau nyoba, San?

    Radit sama Arip mah kiceup aja~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu namanya keukeh, pronsip gak mau nerima kenyataan dan nggak mau kalah hahaha.

      Nha, kebongkar tuh 'the power of orang dalem'nya kan hahaha. Nggak kaget sih emang, di Indonesia emang udah budaya begitu, jadi agak susah buat yang murni gak punya channel bisa tembus, duh, harus kerja berat emang ini kita-kita yg hanya orang biasa.

      mMsih dipikirkan nih mau kemana2nya hahaha.

      Delete
  14. Semangat yam, gue di detik-detik terakhir malah baru dapet tempat magang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Widihhhh, dikomen selebgram euyyy. Siap pak.

      Ngeblog lagi lah nyol, jangan instagraman terus atuh haha.

      Delete
  15. Kok aneh ya? Malah pengen ngerasain banjir sama macet? o.O
    Udahhh, magang di tempat asal aja (alias Kalimantan) wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di Kalimantan mah kalo nggak kelapa sawit ya minyak, bosen hahahah.

      Delete
  16. Hai Ichsan!
    Ahahaha, saya juga ngerasain banget perjuangan mencari tempat magang. Semoga aja dapat tempat yang nyaman dan sesuai sama minatmu ya.
    Semangat, sesama pejuang DKV! XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai.
      Amin-amin, semoga nih bisa dapat yang sesuai sama passion, asik.
      salam DKV *toss*

      Delete
  17. dan jakarta lebih kejam dari 9 ibu tiri digabungin jadi satu. hahahahhaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah macam megazordnya power rangers aja pake bergabung Hahaha.

      Delete
  18. Waduyyy, kekuatan orang dalem ini memang luar biasa, ya. Besok-besok kalo mau masuk pejwan gugel gue hubungi orang dalem deh. Ekekek.

    Ayuk ke Jakarta, San. Ketemu gue sama Adi. Gue ajakin naik metromini biar lu dicopet dan dipalakin. Muahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gue tau nih arah pembicaraan ini kemana dan orang yg di maksud siapa hahah.

      Gue mau ketemuan, tapi janji jangan jahatin gue dulu *Janji jari kelingking*

      Delete
  19. Jadi magang nya sambil liburan di novotel yaaa ??? hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoyoy bang, sambil menyelam liat sempak *eh minum air maksudnya.

      Delete
  20. oh my gosh, seriously san? seriously guys *ala raisa

    sumpaahhh k lo kepen kejakarta sih,,gue ya,,,3 hari di jakarta aja engga betah tau saaann,, macet sumpek padet panas nyengat. udah itu doang kesimpulan gue sama itu kota :( enggatahan gue, dikit dikit macet dikit didit macet. mending lo ke jogja aja deh kalo saran gue mah, di jogja kost 600-700 tu udah dapet yang enak, isian dll. eh tapi teserah lu sih, engga gue cuma bingung aja ketika gue aja enggga tahan di jakarta lo malah kepiking ya,,,tapi goodluck deh yaaa semoga yg terbaik aja buat magang loooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus banget ya ala Raisanya itu.

      Gue pengin ngerasin atmosfirnya sih sebenarnya, Bukan macet dan kecopetennya, itu biar keliatan akrab aja *akrab pala lo mletak*

      Amin amin, doakan lah yg terbaik buat diriku, uhuy

      Delete
  21. Semangat ya, Ichsan. Kami selalu ada di belakangmu. Doa kami menyertaimu.

    Udah lah mending di Bandung aja. Nanti saya kasih rekomendasi kosan yang murah, harganya 50 ribu/bulan. Makan terjamin, fasilitas terjamin, aturan terjamin. Tapi nyawa hilang, dalam sekejap.

    ReplyDelete
    Replies
    1. MEnding kasih duwit dari pada kasih doa :(

      Terima kasih buat tawarannya yang sangat menggiurkan ini.

      Delete
  22. Kalo mau magang dijakarta aku masih ada kandang kosong yam... bekas ayamku dulu yang pada kena flu burung. Semenjak kepergianya kandangku jadi kosong... sepi skrng jadinya ya. Kali aja mau ngandang disini...

    Izin Nempelin Ayamsakit di papan blogku ya yam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih buat tawarannya yang sangat menggiurkan ini, tapi gue coba di kandang lain dulu deh keknya, ntar kalo nggak ketemu yg sreg, lo gue hubungin.

      Yosh, nanti gue pasang balik.

      Delete
  23. SAN, LU SERIUS MASIH SEMESTER 5?? KOK GUA BARU TAU YAK?!!
    Selama ini gue fikir lu udah diatas gue. Yah.. semester-semester buat skripsi lah. Ternyata...

    Buset. Itu kok dikampus lo kalau magang boleh diluar kota sih? Emang dikampus udah nggak ada kuliah lain apa? Iri njir -____-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya masa gue bohong, perasaan kita seangkatan Dev -__-.

      Gue kan magangnya pas liburan semester genap ntarm jadi di kampus emang gak ada kegiatan, tapi gak tau juga nih, gue nebak doang hahahah.

      Delete
  24. Magang di jakarta harus siap finansial yang cukup, temenku dr Solo anak DKV juga magang di Jakarta. Ada plus minusnya sih. Pengalaman jelas sisi plusnya, tapi harus punya link yg oke. Nggak mungkir kalau Rizky akhirnya pake "orang dalem". Jakarta vro :))

    Btw, salam kenal ya Chan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu, goal gue sebenernya soal pengalaman itu, Masalah finassial sekarang mau nggak mau pasti harus mau berkorban lebih sih heheheh.

      Salam kenal juga ^^

      Delete
  25. Wuihh itu kamarnya enak banget ya Mas Dhani..hehee

    ReplyDelete
  26. Udah kamu pilih resti aja
    Adi itu cowok loh
    Masa kamu mau pilih cowok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk akal< masukan yang sangat berguna ini.

      Delete
  27. Damn! sampai sekarang gw juga masih percaya klo kekuatan "The power of orang dalam" itu sngat dbutuhkan di instansi2 atau lembaga sesat tertentu.

    Intinya perbanyak knalan aja sih....

    Oiya san, smoga mimpinya untuk magang di jakarta dn dpat kos kyak hotel terwjud ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maka dari itu, susah buat diubah sih keknya eheheh.

      perbanyak channel dan circle, mantab.

      Delete
  28. Tumben kolom komentarmu rame san? *diludahi*

    ReplyDelete
  29. Emang seru magang tuh jauh-jauh dari rumah karrena dengan begitu kita akan merasakan langsung dunia kerja tanpa orang tua :-) selain itu magang di kota besar seperti jakarta itu enak dapat uang jajan yang lebih dari cukup ;-)

    ReplyDelete
  30. Gue juga lagi mau magang di Jakarta, tapi ya gitu bingung. Udah apply mana mana belum ada yang bales :(
    Ujungnya sih bakal ke kantor bokap aja hahaha.
    Btw, ini pertama kali main ke blog ini dan udah gue follow wkwk

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top