MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Sunday, July 14, 2013

Yang Identik di Bulan Puasa

Almadulilah adalah 1 kata yang pas untuk menyambut bulan suci Ramadhan tahun ini. Ya walopun ramadhan kali ini masih sama kaya tahun sebelumnya. Awal puasanya masih beda-beda. Ada yang mulainya tanggal 9 Juli. Ada yang 10 juli. Bahkan belakangan gue tau ada yang udah lebaran tanggal 8 juli. Entah ormas macam apa  mereka.

Ramadhan itu identik sama puasa *yaiyalahBego* puasa di bulan ramadhan emang beda sensasinya sama puasa di bulan biasa. Di bulan ramadhan puasa jadi lebih asik. Kenapa ? karna banyak yang nemenin kita puasa. Yang jomblo gak keliatan jomblo-nya. Yang punya pacar bakal gak bisa mesra-mesraan sama pacarnya. Almadulilah lagi kan

Ehh ada kolak....




Seperti kaya tahun-tahun sebelumnya sih ya. Bulan puasa itu identik sama KOLAK. Kalo di bulan biasa. Kolak terbuat dari pisang. Nah di bulan ramadhan. Tiba-tiba ada berbagai macam spesies kolak baru yang di temukan. Muali dari Kolak Singkong, Kolak Ubi, Kolak Jengkol, Kolak biji Salak sampe Kolak Kolak bergembira *…*

Astafirulloh, ini kenapa bulan puasa gue ngomongin kolak, kan gak baik. Entar yang baca kan bisa batal puasanya. Hmmm maaf ya. Namanya juga manusia, kan manusia tempatnya salah dan khilaf *Ngeles*.

Bulan Puasa ? apa sih yang identik di bulan puasa ? jalanan sepi, Warung padang tiba-tiba nambah tirai di bagian depanya. Atau pedagang es kolak membeludak ?

Menurut gue, ada beberapa kejadian yang sifatnya musiman. Yang cuman terjadi di bulan puasa. Ya kaya yang gue sebutin di atas tadi *Emang gue nyebut apa ya*. Mau tau apa aja yang identik di bulan puasa menurut gue. Ini dia check this out….

1. Mesjid tiba-tiba sesak

Ahh abis buka puasa, mau ke masjid dulu ah. Mau solat maghrib berjamaah di mesjid, sekalian solat isya terus lanjut taraweh…hmmm mulia sekali niat anak muda ini. Kata pepatah “niat yang baik belum tentu sejalan dengan kenyataan.” Dan inilah yang bakal kita rasakan kalo bulan puasa.

Kebetulan mesjid di dekat rumah gue lagi di renovasi. Jadi agak gimana gitu buat di pake solat berjamaah. Gak seperti biasanya. Tiba-tiba di terawah hari pertama mesjid yang biasanya sepi jadi sesak. Jangankan buat solat buat shuffle aja susah *YaiyalahBego*.

Di daerah rumah kalian juga gitu kan. Taraweh malam pertama pasti mesjid jadi sesak, solat subuh pun begitu. Coba kita liat di hari ke 10 puasa. Tiba-tibe mesjid bakal kembali kaya dulu. Teraweh juga paling banyak 3 shab. Tapi inilah Indonesia. Nikmatin aja.

2. Banyak Anak-anak di masjid
 
Sebagian orang tua berfikir, dengan mengajak anaknya ke mesjid. Anaknya akan menjadi soleh dan ikut aturan solat berjamaah. Tapi kenyataanya. Sampe di mesjid anak-anak bukanya nurut sama orang tuanya malah ngelawan. Mereka bikin aturan sendiri kalo udah di mesjid. Kadang suka jungkir balik di Iantai, buka baju di mesjid. Dan yang paling bikin konsentrasi buyar pas solat adalah. Mereka suka teriak-teriak engak jelas di dalam masjid.

Kalo udah teriak-teriakan di mesjid. Dunia seakan milik mereka yang lain numpang. Teriakan anak-anak kecil di mesjid juga cuman 1 kata dan gak berirama “AMIEENNNN MIN AMIN AMM AMM MINNN AMIN AMIN” iya cuman 1 kata itu yang mereka hafal. Dan ngucapinya juga salah. Ahh bikin puasa batal aja kan.

4. Petasan
 
"Bukan bulan puasa namanya kalo gak ada yang jualan kolak di pinggir jalan."
"Bukan bulan puasa namanya kalo tiba-tiba jam 6 lewat sekian jalan raya tiba-tiba sepi."
"Dan bukan bulan puasa tentunya kalo gak ada suara petasan yang mengiringi azan solat maghrib."

Gue gak tau apa zaman nabi dulu ada petasan yang fungsinya sebagai peng ”afdol” bulan puasa. Kayaknya engak ya. Kalo pun di zaman nabi udah ada petasan. Mungkin mereka gak buat petasan dari bubuk mesiu tapi pake bubuk yang di halusin dari hasil numbuk jengot *…*

Yahh  walopun petasan  suka bikin jantungan dan bikin kita bilang “astapiruloh” dadakan. Petasan selalu menjadi penanda kalo ini emang bulan puasa. Bukan bulan semesteran. Petasan juga selalu buat kita kangen dan mengingat-ingat ke zaman kita masih kecil.

apalagi kalo ada anak kecil yang nakal pake banget. kita pasti sering ngeliatin dia dan ngomong dalam hati kaya gini ?

“ehh dulu gue senakal dia gak ya ?"
“ehh dulu gue main petasan juga gak ya ?”
“dulu harga petasan berapa ya ?”
“dulu dada Julia Perez udah segede gitu gak ya?” *astapiruloh*

5. Orang-orang doyan senyum dan diem
 
Coba deh perhatiin kalo bulan puasa udah dateng. Pasti banyak orang yang suka senyum-senyum ngak jelas sendiri. Kalo di tanya :
“lu happy banget kayaknya, senyum mulu, ada apaan emang?”
“bulan puasa bro. senyum itu ibadah, ada haditsnya lohhh”
“ia gue tau ada hadist-nya. Tapi di hadist yg lain juga bilang. Kebanyakan senyum bikin batal puasa orang…”
“lah kok bisa..?”
“iaa soalnya kalo elo senyum bau mulut lo bikin orang mau nyumpah berjamaah..”
“……..”

Orang yang doyan-nya diem waktu bulan puasa juga ada. Pokoknya dia gak mau ngapa-ngapain. Boro-boro ibadah solat. Mandi aja di jamak mulu. Biar hemat air katanya. Bener sih air hemat tapi penyakit bau badan merambat….

Orang yang cuman diem waktu puasa ini biasanya gak tahan lapar.
Jam 8 bangun tidur masih segar, nonton TV bentar. Ehh jam 9 udah lapar….masuk jam 12 udah lemes….jam 4 binggung mau ngapain. Yaudah dari pada mandi mending mereka diem. Pahala lohh….

6. Iklan biadab di mana-mana
 
Kalo bulan puasa udah tiba. Ngeliatin jam berdetik terlihat lebih asik di banding ngeliat cewe cantik. Iya ngaak?. Rasanya pengen di hipnotis sama jam dinding. Iseng-iseng ngeliatin detiknya demi detik. Gak sengaja ketiduran. Ehh pas bangun tau-tau udah maghrib aja… indahnya.

Tapi kalo elo gak bisa di hipnotis sama jam dinding. Biasanya hal yang paling asik buat membunuh waktu ya nonton tipi. Pahala soalnya, kalo nonton 3gp baru dosa…astapiruloh.

Nonton tipi juga harus bisa memilih acara yang baik, jangan nontonya Farah quen mulu. Batal woyy batalll…

Pernah gak ngerasain. Asik-asik nonton ftv di SCTV. Ehh ada komersial break. Gak tau itu apaan ? iklan bro iklan. Ahh gak gaul nihh. Gak tau kenapa. Selama bulan puasa pasti iklan yang muncul di tipi itu kalo gak iklan sirup ya biscuit roma. Ini semacam iklan wajib untuk mengisi bulan puasa.

Rasanya berat banget untunk engak ngiler kalo liat ini. Siapapun orang di balik pembuatan iklan ini pasti mereka kena banyak sumpah dari yang nonton. Termasuk gue. Mampuss puasa lo batal. Gak usah puasa sono nonton 3gp aja sana muahahah….

Udah dulu yaaa. Gue lagi mau ngabuburit sama Kimberly Ryder nih. Kalian take care ya puasanya. Yang punya penyakit maag jangan suka minum susu waktu bulan puasa, gak baik loh. Ntar maag-nya tambah parah.

Ehh iaa sadar ngak. Sangking seriusnya kalian baca ini. Kalian gak merhatiin loh kalo gak ada nomor 3 di atas. Dari nomor 2 langsung nomor 4. Hahahah. Mentang-mentang puasa jangan malas konsentrasi dong. Focus men focus. Buka puasa masih lama. Mending main petasan dulu…dagghhhhh……

25 comments:

  1. wah iya gue gak sadar :|
    kalo kesel sama anak yang main petasan, lemparin petasan aja tuh anak biar tau rasa :D

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Apa cuman gue disini yang ngelewatin nomor 3? :|
    Dari awal udah sadar nomor 3 nggak ada.

    ReplyDelete
  4. ga sadar gue,,,yang penting judulnya kebaca bkan nomornya siehh
    *merem bngun tidur....

    yng nomor 1,,, itu dah kebiasaan apalgi di tempat gue,,, minggu pertama ramadhan psti penuhhhh,,,minggu kedua dan ketiga dah mulai longgar tuch mushola dan masjid,, mungkin pda mainan petasan kali ya,minggu ke empat pasti rme lagi dech...apalagi waktu malam ganjil,,,ke-21 dan sterusnya pasti bnyak lagi soalnya ngarep lailatull qadar katanya menghampiri...
    hehehehe....gimana mampir klo shalatnya aj bolong2.

    2. bnerr bnget tuchh,,,ngingetin masa kecil..*renungan rohani.

    iklannya biar bikin ngiler....

    ReplyDelete
  5. Iya banget nih 'ciri khasnya' bulan puasa kayak ginihhhh.
    Tapi btw, itu kenapa kolaknya bikin ngiler yak. Errr

    ReplyDelete
  6. Yaelah, ini juga puasa-puasa ada foto kolak. Hahaha.

    Aku entah kenapa nggak suka banget sama petasan itu ya, kesannya kampungan (ya emang saya tinggal di kampung sih, hahaha). Dan aku nggak nyadar kalo nggak ada nomor 3 nya.

    ReplyDelete
  7. kenapa oh kenapa itu foto kolak menggodaku

    no. 3 nya sengaja di hidden biar ga batal puasanya ^_^

    ReplyDelete
  8. eh kalo tempat gue jam 6 pagi pas hari minggu malah rame loh pada jalan2 pagi gitu sekalian pacaran :D iya ya rasanya susah banget buat ga ngiler pas liat iklan -_-

    ReplyDelete
  9. ya ampun kolaknyaaaah :"

    btw, gue sadar doong kalo nomer 3 nya lu korupsi~

    ReplyDelete
  10. aduh kolaknya ngganggu banget deh Yam! -________-
    tapi dari tadi aku tau kok kalo abis nomor 2 langsung nomor 4. *ngeles

    ReplyDelete
  11. kenapa harus ada kolak sih diatas -_- jadi fokusnya ke kolaknya kan sampe bawah zzzz yammm yam _____-

    ReplyDelete
  12. itu juga pertanyaan gue, kenapa mesti ada kolak dibagian atas, kampret bener sih ini ayam -____-
    main petasan itu paling seru, kalo gak ada petasan gak kerasa aura ramadhannya, karena itu yg bikin meriah, ya gak?

    ReplyDelete
  13. Puasa, share gambar kolak lagi. Duuduhhh *merem:(


    Main petasan tuh keren banget. Kecil ga main petasan tu ga keren:D

    ReplyDelete
  14. JADI KENAPA ADA KOLAK DI ATAS SANA???

    main petasan sih sbnrnya oke oke aja, tapi serem aja kalo petasannya gede gedean mana diatas atap rumah kita lagi. suaranya kadang bikin ibadah ga khusuk ehehehhehe
    mending main kembang api yang lebih murah dan ga berbahaya ga ada bunyinya juga haha

    ReplyDelete
  15. mungkin kalo pengen masjid rame terus dari tanggal 1 pek 30, harus ada dangdut koplo dulu disana biar rame terus haha

    ReplyDelete
  16. ada lagi yam.. munculnya avatar avatar makanan di twitter hahahaah

    ReplyDelete
  17. gue udah sadar tuh kalo gak ada nomer 3 :p ,
    sial kolak nya . bikin ngilerrr :D .
    BTW di bulan ramadhan mah yang identik itu iklan2 Caleg2 atau cagub di tv lokal, kadang enek gue liatnya

    ReplyDelete
  18. Kalau didaerahku sekarang sudah jarang yang main petasan, mungkin aja gara2 ada razia polisi. wkwkwkwk

    kalo zaman22 tahun 2000an masih sering dengar suara petasan

    ReplyDelete
  19. ada lagi yam jenis kolak.

    kol-kolak (bajuditoko)
    masjid rame awal-awal doang kesananya mah tetep, kaya biasa.

    ReplyDelete
  20. Zaman ane banget nih kalo sampe ada perang petasan sehabis subuh XD huahahahahahaha
    sekarang sih jarang emang petasan,.. dikit banget anak yg maen n dikategorikan anak badung -_-

    jadi itu kenapa ada kolak -_-

    ReplyDelete
  21. Bang Ayam Pileren itu kolaknya melambai-lambai minta diper**ni :D

    Semua yang loe sebutin ada semua di dareh gue. kecuali ... masjidnya awal puasa sampai dua minggu sebelum puasa penuh tapi gak sesak. Baru seminggunya berkurang ... :waaa:

    :vocalist: Tak dor tak dor tak dor :drummer: :guitarist:

    ReplyDelete
  22. Hahahaha emang dasar tuh nomor 6, gara-gara begituan males nonton tipi gue. Eh jadinya tidur deh :))

    ReplyDelete
  23. iya yam, udah menjadi tradisi serta adat istiadat yang identiik bulan puasa seperti kata lo. terutama nomor 1 dan nomor 4 (bener ya nomor 4, bukan nomor 3 kan? wkwkkw :waaa: )

    gue sengaja baca blog lo malem", kalo pagi keburu batal gue abis liat gambarnya -_- ^:D

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top