MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Friday, April 26, 2013

Siaran Radio Amatir Ayam Sakit

Rabu kemaren adalah hari pertama gue masuk sekolah, muheheh harusnya sih gue masuk jum’at minggu kemaren. Tapi tau sendiri kan kalo UN di undur so libur gue di perpanjang, wawwwww antara seneng dan sedih campur aduk. Senang karna bisa ngebo everyday dan sedih karna jatah uang saku pasti di stoppp top top. Gilaaaa -___-

Sebenernya udah turun sekolah itu senaang banget sihh, tapi. Masalah PR-nya ini loh, gilaaa bangetttt. banyakkkkkkkk. Sampe-sampe gue harus pake ilmu pura-pura lupa. Kayak misalnya temen gue nanya gini ?

“san ada PR PKN, Kamu udah ?”
“hahh. Ada PR ya, ahh rasanya gak ada kok, lu ngigo kali, sumpah gak ada PR?
“jadi gak ada PR nih ? beneran kan ?”
“ia beneran *dalam hati* yesss gue berhasil menjerumuskan 1 orang ini ke dalam lubang kegelapan xixixixixixi”

Miris banget rasanya kalo baru first day masuk sekolah tugas langsung banyak yang ngejar. Udah kaya meja sama kursi haha #random

Dan gue pengen nunjukin tugas pertama yang gue kerjain *teng tereng tereng* gue bikin naskah siaran. *prokk prokk prokk*  gue bikin naskah siaran buat di siarin di Radio sekolahan gue. Namanya http://smkn1smd-radio.com/ yang mau striming boleh, tapi waktunya udah kelewat kali. Soalnya ini di siarin tanggal 26 April 2013 atau tanggal 1 Mei 2013 nanti.  Sekitar jam sekolah lahhhh .Jangan lupa. Okeyyyy ;) wkwkwkwkw….

Nahh ini langsung aja gue kasih naskah brutal murni tulisan gue…….jangan muntah *hoekk heokkk hoekk*

Tema : Mengelola isi halaman WEB
Penyiar : Haris Fachrizal
Narasumber : Muhammad Ichsan Romadhoni

Penyiar :     
selamat pagi sahabat pembelajar interaktif. Masih bersama saya di smkn1smd-radio.com/ dalama acara Edukasi ceria yeyyyyy. dengan peyiar terkeren abad ini yaitu saya sendiri Haris Fachrizal. Dan narasumber terkeren kita juga, Ichsan Ramadhani. Pagi ini di Edukasi ceria, kita akan mencoba belajar lebih jauh tentang WEB, terutama mengelola isi halaman web. Karna banyak sekali pelajar-pelajar sekarang yang membuat WEB berbasis CMS seperti, blogger, wordpres, joomla dan masih banyak lagi. Tetapi kebanyakan mereka tidak tau bagaimana cara mengelola isi halaman WEB mereka agar bisa terlihat lebih menarik dan interaktif untuk di kunjungi para surving internet.
Kalau menurut bung Ichsan sendiri, apa sih maksudnya mengelola isi halaman web itu ?

Narasumber :
kalau menurut saya sendiri sih, mengelola halaman web itu ya seperti memperindah tampilan visual web yang kita buat, memposting tulisan-tulisan yang kita buat dengan teratur dan rapi. Karna pada dasarnya isi dari sebuah web sendiri adalah mengambarkan karakter pribadi orang yang mengelola web tersebut. Jika web yang dibuatnya terlihat rapi, dinamis dan menarik perhatian. Kemungkinan besar orang yang berada di balik blog tersebut juga demikian. Begitu pula sebaliknya.

Penyiar :
emmmm…jadi begitu ya, ternyata mengelola web itu seperti mengambarkan karakter pribadi orang yang punya web yaa. Bagaimana dengan para sahabat pembelajar interaktif dirumah ? pasti paham juga kan. Oke, kalau menurut bung ichsan susah gak sih mengelola isi halaman web itu ? apa di perlukan keahlian khusus banget ? atau orang umum aja juga bisa ?

Narasumber :
kalo mau dibilang susah sih sebenarnya gak susah-susah banget, kalo mau di bilang gampang juga gak gampang-gampang baget heheheheh, jadi sebenarnya kalo kita mau mengelola isi halaman WEB kita, yang pertama kita butuhkan adalah niat, kemauan dan mau belajar terus. Karna 3 hal ini adalah dasar yang di pakai oleh semua orang-orang yang ahli dalam hal mengelola isi halaman web, baik mereka para blogger, atau para programmer web yang memakai wordpress atau joomla. Tapi perlu di ingat juga loh yaaa. Mengelola isi halaman web itu bukan berarti hanya mengelola tampilan dan desain blog aja, masalah artikel yang kita tulis di web itu, tata bahasa dan keramahan kita dalam menanggapi setiap respon yang diberikan oleh para pembaca juga di perlukan. Karna walaupun tampilan webnya bagus, tapi kalau isinya gak penting untuk dibaca, bahkan sampe gak ada isinya buat apa juga, atau sebaliknya tulisan dan artikel-artikel yang ada di blog itu bagus-bagus dan sangat menambah pengetahuan kita banget. Tapi tampilanya bikin kita gak betah dan bikin kita sakit mata. Ini juga jangan sampai terjadi.

Kalo untuk masalah perlu gak sih keahlian khusus untuk mengelola isi halaman web ? ya jawabanya pasti perlu, karna yang pertama kita harus tau tentang bahasa dasar pemrograman web untuk membuat web kita lebih menarik, seperti yang paling dasar kaya HTML,CSS,jQuery dan PHP. Karna kalau kita gak mengerti dengan bahasa-bahasa pemrograman ini kayaknya bakal susah untuk mengelola isi halaman web sendiri. Mungkin kalo mengelola isi halaman web bersama orang lain baru bisa, gak sendiri hehehehehehe.
Kemudian apa orang umum aja juga bisa mengelola isi halaman web sendiri ? jawabanya pasti bisa, karna saya sering menemukan kok, pelajar-pelajar yang bukan khusus sekolah untuk mempelajari WEB, tetapi mereka memiliki Website pribadi yang baik, bagus dan sudah layak di baca oleh banyak orang. Kembali lagi sih ke 3 syarat awal tadi, niat, kemauan dan mau belajar. Pasti siapapun bisa mengelola isi halaman web-nya sendiri.

Penyiar :
wahhh… agak ribet juga ya, karana harus mempelajari bahasa dasar pemrograman web. Tapi seperti kata bung ichsan tadi. Kalo para pendengar punya niat, kemauan dan mau belajar terus pasti bisaaa. Ganbateeeee.
Oh ia, tadi di awal bung ichsan ada menyebutkan tentang blogger dan wordpress ? sebenarnya itu apa ya ?

Narasumber :
ohhh ia, pada dasarnya sih blogger dan wordpress itu sama, yaitu sama-sama tempat untuk membangun sebuah web dan mengelolanya,  di 2 platform ini kita sama-sama bisa membangun sebuah web menjadi web yang dinamis, kita bisa memposting artikel, meng-upload video dan masih banyak lagi fitur-fitur penunjang lain yang dimiliki 2 platform ini.

Penyiar :
terussss, bedanya kedua platform ini apa ya bung ? mungkin sahabat pendengar yang lagi mendengarkan di rumah, di jalan atau di kantor juga pengen tau dan pada penasaran tuh heheheh.
Tapiiii, sebelum bang ichsan menjelaskan perbedaan keduanya, kita harus jeda dulu ya. Tetap stay tune di smkn1smd-radio.com/……J

*sambil nunggu jeda, nonton kebakaran dulu yukkkk*

Kembali lagi dengan kami di smkn1smd-radio.com/ seperti janji saya tadi. Kita akan melanjutkan membahas tentang ? apasih perbedaan blogger dan wordpress. Monggo bang ichsan silahkan di lanjut….

Narasumber :
hehehehe,? oke-oke, sebenarnya kalo malasah perbedaan, gak terlalu banyak sih. Tapi untuk perbedaan yang paling mendasar sih, terdapat pada fitur yang di tawarkan , dan tingkat kesulitan mengelolanya. Untuk yang baru belajar tentang bahasa pemrograman saya sarankan untuk lebih memilih platform blogger. Karna di blogger banyak sekali fitur-fitur otomatis yang bisa langsung kita pasang di website kita, tanpa menuliskan lagi bahasa pemrogramanya dari awal. Sedangkan kalau untuk wordpress, biasanya hanya orang-orang yang memiliki keahlian lebih di bidang menuliskan script bahasa pemrograman yang memakai platform ini. Dikarnakan itu tadi, bahasa pemrograman yang di gunakan wordpress lebih kompleks dan agak susah untuk di pahami.

Penyiar :
wahhhhh, jadi begitu ya bung, ternyata blogger dan wordpress itu hampir sama, cuman bedanya soal tingkat kesulitan bahasa script yang di gunakan ya ? mungkin kalo saya yang ngelola, platform manapun yang saya gunakan bakal keliatan ribet nih, soalnya saya gak ada ngerti sama sekali soal script heheheh, gak seperti bung ichsan yang kayaknya pasti udah jago banget ya heheheh….

Narasumber :
wahhh, gak begitu kok, saya juga masih amatir bung, masih banyak yang perlu di pelajarin, karna script pemrograman web ini sih konsepnya sama kaya trend mode fashion. Setiap tahun, setiap bulan bahkan setiap hari selalu ada pembaharuan. Dan kalau kita ingin mengikuti terus pembaharuanya, mungkin agak sedikit ribet ya heheheheh…
Penyiar : oh jadi begitu ya. Btw kita sudah membahas tentang membuat tampilan visual dan desain website, terus bagaimana cara mengelola bagian isi dari website tersebut, seperti artikel dll

Narasumber :
benar banget, seperti yang di awal saya bilang, kalau mengelola isi halaman web itu, bukan hanya tentang tampilan visual saja. Tetapi masalah  artikel dan gaya penulisan juga sangat penting. Karna gaya penulisan dalam artikel yang kita muat di website, bisa menjadi ciri khas website kita, di mata para pembaca dan pengunjung website kita.

Penyiar :
wahh iya yaa, bener juga. Cirri khas kan bisa kita dapat dari mana aja, gak cuman lewat dari tampilan visual dari website yang kita buat aja kan, tapi dari gaya tulisan yang kita sajikan lewat artikel dan posting-posting yang ada di website kita juga bisa ya. Saya baru sadar nih bung heheheh. Mungkin sahabat pendengar juga pada baru tau tuh heheheh…
Nah kalau begitu, gimana nih caranya membuat cirri khas sendiri dari gaya tulisan kita, agar para pembaca dan pengunjung website bisa betah berlama-lama di website kita ?

Narasumber :
emmm pertanyaan yang bagus banget nih. Sebenarnya sih sebuah ciri khas dari gaya tulisan itu bukan untuk kita cari. Tapi kita temukan ! mulailah dari sekarang untuk menemukan apa yang menjadi kesukaan kita, apa yang membuat kita betah, untuk berlama-lama membahas suatu pokok bahasan, kalo kita suka masak, ya menulislah soal masak memasak, jangan malah menulis soal otomotif. Bukanya tulisan menjadi bagus malah menjadi asing heheheh. Saran saya sih menulislah sesuatu yang paling dekat dengan kehidupan kita, jangan berbohong dalam menulis sebuah artikel di website. Tapi menulislah dengan jujur, maka cirri khas itu kan mudah terbentuk dan kita temukan heheheh.

Penyiar :
wahhh penjelasnya keren banget, jadi cirri khas dalam menulis itu bukan untuk kita buat ya bung, tapi kita temukan aja. Karna semua orang pasti mempunyai cirri khas itu, hanya saja mereka belum bisa menemukanya, kern bangettt. Pasti para sahabat pendengar juga mulai nganguk-nganguk tuh kaya saya hehehehe….
Oh ia. Dari tadi saya sendiri masih penasaran nih, sebenarnya kalo bung ichsan sendiri memakai platform apa ya untuk mendesain websitenya dan menulis artikel. Apakah pake wordpres, atau pake blogger juga ?

Narasumber :
wahhhh kalo masalah platform saya cuman pake blogger aja kok, karna saya juga gak terlalu jago dalam masalah mendesain web heheheh. Kalo mau melihat-lihat website pribadi saya, bisa di lihat di Http://ayam-sakit.blogspot.com/ kalo ada yang ingin ditanyakan bisa langsung bertanya di kotak komentarnya, atau mention twitter saya di @ichsanrmdhni. Atau kalo ingin Tanya yang lebih personal bisa hubungi saya lewat email di ichsanramadhani@gmail.com/

Penyiar :
nah itu tadi pembahasan kita seputar “mengelola halaman web” kalau ada yang ingin di tanyakan bisa melalui, email, atau twitter yang sudah di sebutkan oleh narasumber kami tadi. Oke kalau begitu sampai disini perjumpaan kita dalam edukasi ceria di smkn1smd-radio.com/ jangan lupa pantengin terus edukasi ceria minggu depan di jam yang sama dan kami akan mengundang narasumber yang berbeda tiap minggunya. Sampai jumpaaaaa muahhhhh

*TAMAT*
Hasil rekamanya ntar nyusul yaaa. tunggu aja di post selanjutnya okeee. doain gue ngomongnya gak belepotan ntar heheheh. see you :)

15 comments:

  1. sayang sekali siaran radionya masih make buffering di internet jadi gak banyak yang denger..
    (-.-,)

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi kalo dengerinya pake internet yang laju yaa, lumayan lahh. yang penting sekolahkita punya radio yeeeeeyyyy :rolled:

      Delete
  2. "Sebenarnya sih sebuah ciri khas dari gaya tulisan itu bukan untuk kita cari. Tapi kita temukan"
    setuju sama kalimat ini . kalau rajin di asah pasti ketemu sendiri gaya tulisannya ..
    btw keren juga yah sekolahnya ada radionya gitu huehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh asik ya kalimat gue asik yaaaa wkwkwkwkwk
      tapi radionya masih pake internet bukan FM, jadi belum keren deh -___-

      Delete
  3. Haha itu penyiar nya pas pertama narsis amat =.= XD XD iya bener kalo ngelola blog saya msh bisa tapi kalo wordpress atau yg lain =.= saya kebingungan haha :D ciri khas penulis dalam blog itu penting juga bener bener :D lama gak main ke sini yak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahahah itu penyiarnya temen sebangku gue lohh. dia jomblo, berminta gak ?
      iya yaaa. lama banget loh baru main kesini mba. kirain udah gak ngeblog lagi wkwkwk. selamat datang kembali yaa

      Delete
  4. Wah, setidaknya udah keren nih punya radio sekolahnya. aku dulu tuh waktu jamannya sekolahan juga pengen bisa siaran di radio sekolah. tapi bukannya nggak bisa, cuma sekolahanku ajjah yang nggak punya radio. hehe. ~x(
    scripnya okeh tuh :-bd

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaaaa, tapi belom keren banget sih -_____- soalnya radionya bukan FM wkwkwkwk
      berminat dengan scriptnya ?

      Delete
  5. Asik asik. First momen nih yee u.u gue juga pen banget tuh,bisa nyirain radio :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah, taon ini kan lo lulus. nah cari deh sekolahan yang ada radionya. gampang bukan wkwkwkwk

      Delete
  6. cieee..jadi narasumber yang kompeten di bidang mengelola web nih...asik banget sekolahmu ada radio kayak gitu yak. dulu waktu SMA sekolahku cuman ada majalah doang...keren lah, semoga dari narasumber ntar bisa jadi main broadcaster :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahha, amin deh kalo yang kompeten wkwkwk :D
      lahh diskolah gue malah gak ada majalahnya. [adahal gue lebih pengen masuk majalah, kalo radio kan, orang-orang pada gak bisa liat kegantengan gue wkwkwk

      Delete
  7. Replies
    1. wkwkwkw narasumber dadakan iye bang wkwkwk

      Delete
  8. hallo qaqa, selamat nih kamu dapet award :)) lanjutin tugasnya ya :) hehe
    klik link ini http://ulfakundl.blogspot.com/2013/05/the-third-award.html

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top