MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Monday, May 28, 2018

Ingat, Ya! Sikap-Sikap ini Wajib Kamu Hilangkan Saat Liburan di Jepang

Siapa yang tidak ingin pergi ke Jepang? Negeri sakura memang selalu menarik untuk dikunjungi, dengan kekayaan budaya yang tidak kalah dibandingkan Indonesia. Banyak festival yang selalu digelar dan diramaikan oleh anak muda, orang tua, hingga wisatawan pun tak jarang diajak terlibat di dalamnya.

Selain keindahannya, masyarakat Jepang punya tatanan budaya yang tidak boleh dilanggar. Etika dan sopan santun sangat dijunjung tinggi di negara yang sudah sangat maju ini. Jadi, kalau kamu sudah punya tiket pesawat ke sana, atau masih berencana untuk berlibur ke Jepang, tidak ada salahnya sedikit memelajari aturan-aturan, terutama larangan yang tidak boleh dilanggar di Jepang. Apa saja?

1. Aturan Tegas Soal Sumpit
Sumber: Zorie Huang- flickr.com

Untuk alat makan khas ini, masyarakat Jepang mempunyai peraturan sendiri saat sedang makan. Misal, dilarang menancapkan sumpit ke semangkok nasi. Konon, tingkah ini akan menjadikan sumpit seperti dupa bagi arwah leluhur yang sudah meninggal, atau dengan kata lain, kode kematian.

Larangan lainnya adalah meletakkannya di atas mangkuk saat belum selesai makan. Sumpit yang diayun-ayun di atas masakan juga menandakan orang tersebut rakus. Menjilat sisa makanan diperalatan makan tersebut juga dianggap tidak sopan.

Baca: kembung

2. Ogah Antre
Sumber: social.ogilvy.com
Di Indonesia, rebutan di loket adalah pemandangan biasa. Tapi buat orang Jepang, kelakuan ini termasuk tindakan tidak terpuji. Mereka sudah terbiasa untuk menunggu giliran, budaya antre diterapkan di mana saja. Bahkan untuk naik tangga, lift, turun dari KRL pun masyarakat Jepang juga teratur mengantre. Kebayang kan saat menumpang pesawat All Nippon Airways ke Jepang, mungkin orang jepang yang satu pesawat denganmu akan mematuhi arahan dari kokpit/pramugari dan turun dengan tertib dan teratur.


3. Jangan Makan atau Minum Sambil Jalan
Sumber: businessinsider.com

Lalu bagaimana kalau membeli kudapan di kaki lima atau mesin penjual? Sambil berdiri, habiskan makanan tersebut dan buang sisanya ke tempat sampah. Jangan membawanya ke mana-mana, terutama naik angkutan umum.
4. Jangan Buang Ingus Sembarangan
Membuang kotoran hidung sembarangan, bahkan meniup alat pernapasan ini pun dilarang karena dianggap tidak sopan, menyebar virus sembarangan. Untuk menyeka hidung, sebaiknya langsung cabut ke tempat yang sepi, tidak terlihat orang.
5. Uang Tip itu Penghinaan
Sumber: huffingtonpost.com
Orang Jepang dikenal punya dedikasi tinggi untuk pekerjaannya. Mereka cukup dihargai dengan ucapan terima kasih atau pujian secara verbal. Tapi jangan sekali-sekali mengeluarkan uang tip karena justru dianggap sebagai penghinaan atau pelecehan.
6. Terima Barang Satu Tangan
Lihatlah di film-film drama Jepang, saat mereka menerima barang dari orang lain, pasti menggunakan kedua tangannya. Begitulah faktanya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Jepang, menerima barang dengan satu tangan dianggap tidak sopan.
7. Ribut Sendiri di Transportasi Umum
Sumber: howibecametexan.com
Pernah lihat orang Jepang ngobrol seru di kereta api atau bus? Mereka lebih suka menikmati musik dengan headset, membaca buku, atau mengembalikan stamina dengan tidur. Jadi bila berisik sendiri di transportasi umum bakal dicap sebagai orang tidak tahu aturan.

Sudah tahu larangan-larangan yang ada di masyarakat Jepang? Pelajari dan pahami, agar kamu juga menunjukkan bahwa orang Indonesia juga mengutamakan sopan santun dan menghormati budaya negara lain. Untuk terbang ke Jepang, silahkan coba penerbangan All Nippon Airways yang terbang langsung dari Jakarta menuju Bandara Narita di kota Tokyo.

2 comments:

  1. Baru tau gue. Cuman gue kan mau ke Zimbabwe bukan ke Jepang. Bagi tipsnya juga dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda ini bagaimana. Masa mau ke kampung halaman sendiri malah minta tips ke orang lain..

      Delete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top