MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Monday, May 14, 2012

Berwisata Di Kota Samarinda

            Hari ini ayam sakit gak share tentang cerita atau kisah bodoh dulu, tapi pengen prmosiin kota kita tercinta, hehehe apalagi kalo bukan kota SAMARINDA. Tulisan ini di buat karna si ayam lagi ikut lomba ni, temanya tentang “Promosikan Wisata Samarinda Dengan Blog” hehehe semoga aja bisa menang,  si ayam juga pengen ngucapin banyak-banyak terima kasih kepada kakak-kakak Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman angkatan 2009.  yang udah cemungud banget ngadain ni lomba, sampe promosiin di sekolah si ayam, semoga informasi yang di berikan kali ini dapat berguna bagi banyak orang, dan pastinya berkat adanya event seperti ini dapat menambah wisatawan yang berkunjung ke kota Samarinda. amien :)

            Dalam event Communication Goes To Public 2012 ini si ayam udah mutusin ikut lomba blognya dan, udah persiapin konsepnya. Yang paling di tekankan pada tema blog ini ada 4 unsur atau 4 wisata yang sangat kompleks (cyailah bahasa gweh), yang pertama Wisata Budaya, kenapa harus wisata budaya karna, Samarinda terkenal banget dengan kota sungai dan masyarkat dayak dan kutai yang sebagian besar masih menjaga ke asrian mereka, tanpa mau ikutt menggunakan teknologi yang sudah ada. Kemudian yang kedua Wisata Kuliner, kita tahu bahwa Samarinda adalah kota rantauan yang pastinya banyak menyimpan kulier-kuliner ciamik, yang udah di kombinasiin dengan kuliner dari luar kota Samarinda dan rasanya pasti ampun-ampunan deh hahahah. Dan wisata terbaru yang ada di Samarinda, yaitu Wisata Rochani, mengingat Samarinda juga terkenal dengan mesjid-mesid agung dan peninggalan sejarah di bidang agamanya, si ayam ngerasa kalo wisata rochani ini harus di ikutkan juga heheheh. dan wisata yang pastinya di senangi oleh hampir semua turis, yaitu Wisata Belanja, kota Samarinda menyuguhkan nuansa yang pastinya berbeda dalam wisata belanjanya, dari tempat berbelanja yang unik, sampai barang-barang yang di tawarkan pun juga unik, untuk lebih serunya, mari kita telusuri lebih lanjut, berbagai Wisata yang pastinya sangat menyenangkan. Enjoy With Samarinda

1.    1. Wisata Budaya
Banyak terdapat wisata budaya yang tersembunyi di balik eloknya kota samarinda, dan jika kalian berkunjung ke kota Samarinda kalian semua harus wajib mengunjungi Wisata Bahari berikut ini, check this out.

1.    Kampung Tenun Samarinda seberang

Salah satu wisata bahari yang banyak di kunjungi ini terletak di  jalan Bung Tomo Samarinda Seberang. Obyek wisata ini merupakan proses pembuatan sarung tradisional Samarinda, yang berjarak 8 km dari pusat kota Samarinda.
Obyek tersebut telah dilengakapi sarana dan prasarana wisata. Kerajian tenun sarung ini pada mulanya dibawa oleh pendatang suku Bugis dari Sulawesi yang berdiam di sisi kiri Mahakam (sekarang menjadi Samarinda Seberang). Hampir disetiap perkampungan suku Bugis (kelurahan masjid Baka) dapat ditemukan pengrajin sarung Samarinda. Alat tenun yang digunakan para pengrajin adalah alat tradisional disebut “Gedokan” atau menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Produk yang dihasilkan untuk 1 (satu) buah sarung memakan waktu tiga minggu. Di kampung ini kita dapat memesan sarung dengan motif pilihan kita, dan melihat langsung proses pembuatanya, yang memang memakan waktu cukup lama, tetapi wisatawan yang berkunjung ke kampung ini selalu takjub dengan hasil pembuatan sarung yang bagus dan benar-benar berkualitas tinggi.

2.    Desa Budaya Pampang

Wisata Budaya yang sanagat populer di Samarinda ini memiliki banyak ke istimewaan yang membuat banyak orang inigin berkunjung ke sini. Setiap tahunnya, digelar acara memperingati ulang tahun Desa Pampang, yang disebut dengan nama Pelas Tahun.Melalui desa ini, pemerintah berharap desa ini bisa terus memelihara dan melestarikan adat istiadat dan budaya masyarakat Dayak.
Desa Budaya Pampang, kini kerapkali dikunjungi oleh tamu-tamu VIP yang datang di Kaltim dan para turis lokal dan mancanegara.Turis dan para pengunjung merasa penasaran ingin melihat langsung eksotisme budaya, adat istiadat dan sosok masyarakat Dayak, yang memang sudah dikenal dunia.Selain itu, pemerintah mendukung agar warga Dayak yang menghuni Desa Pampang untuk bisa mengembangkan potensi lain, misalnya saja membuat cindera mata seperti manik-manik dan sejenisnya.

                    Galeri Foto Wisata Budaya
Foto Budaya Masyarakat Pampang

Foto anak-anak Masyarakat Pampang

Souvenir Buatan Masyarakat Pampang

Sarung Tenun khas Samarinda

Motif Sarung Tenun Yang Beraneka Ragam

 
 
1.   2. Wisata Kuliner
Salah satu wisata yang pasti di nikmati sluruh wisatawan  yang berkunjung ke Kota Samarinda yaitu, berburu kuliner, dan bagi kalian para maniak kuliner, baik kuliner biasa sampai kuliner ekstream, berikut beberapa kuliner yang sangat terkenal di Samarinda, check this out.


1.    Ayam Cincane

    Ayam Cincane merupakan salah satu menu andalan di kota Samarinda. Biasanya, masakan ini dijadikan hidangan utama ketika masyarakat Samarinda menyelanggarakan pesta pernikahan atau acara menyambut tamu kehormatan. Ketika berkunjung ke kota Samarinda, menu Ayam Cincane dapat dijumpai di beberapa kedai ataupun rumah makan. Daging ayam kampung yang disajikan bersama bumbu berwarna kemerahan menjadi ciri khas tersendiri dari menu Ayam Cincane.

Untuk membuat menu Ayam Cincane khas Samarinda ini relatif mudah. Pertama, siapkan beberapa potong daging ayam kampung terlebih dahulu. Sebelum dimasak, daging ayam itu diberi perasan air asam Jawa. Perasan air asam Jawa ini bertujuan untuk menghilangkan bau amis yang melekat pada daging ayam itu. Setelah didiamkan selama lebih kurang 5 menit, barulah daging ayam itu ditumis bersama dengan mentega hingga terlihat setengah matang.

      Ketika terlihat setengah matang, daging ayam disiram dengan sedikit santan atau air perasan kelapa muda yang telah diparut. Sambil menunggu santan itu mengering, anda dapat menyiapkan bumbu Cincane. Bumbu Cincane itu terdiri dari aneka bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, serta lengkuas yang dihaluskan. Setelah santan mengering, angkat daging ayam itu kemudian tiriskan.

     Sambil menunggu santan meresap, tumis bumbu Cincane itu bersama dengan beberapa batang serai dan dua helai daun salam hingga berbau harum. Setelah bumbu itu berwarna kemerahan, tambahkan sedikit kecap manis dan masukkan daging ayam, kemudian masak hingga matang. Setelah matang, barulah Ayam Cincane siap dihidangkan.
     
        Kenikmatan menu ini dapat anda temukan mulai dari cicipan pertama. Daging ayam kampung dinilai terasa lebih gurih jika dibandingkan dengan daging ayam potong. Menu ini semakin terasa nikmat, ketika daging ayamnya bercampur dengan bumbu Cincane.
     
       Di kota Samarinda, seporsi menu Ayam Cincane umumnya dihidangkan bersama dengan sepiring nasi putih. Sebagai pelengkap hidangan, menu ini dihidangkan bersama dengan sambal yang terbuat dari cabe merah, cabe rawit, tomat merah, serta garam. Untuk menambah kenikmatan rasa, di dalam  sambal itu juga diberi sedikit perasan air jeruk nipis.

2.    Cemilan Amplang Bumbu

    Salah satu jenis panganan khas Samarinda, amplang, yakni kerupuk yang terbuat dari ikan Tengiri, banyak diburu untuk dijadikan sebagai cinderamata dari "Kota Tepian Samarinda" ,Kalimantan Timur. Panganan khas Samarinda tersebut sangat diminati sebab selain rasanya yang khas, amplang juga sulit dijumpai di daerah lain. Aroma dan rasa amplang Samarinda sangat khas karena terbuat dari ikan Tenggiri, jenis ikan sungai yang juga jarang terdapat di daerah lain di Indonesia.
Amplang yang diproduksi melalui industri rumah tangga itu dan memiliki rasa dan aroma khas tersebut mudah dijumpai di seluruh sudut kota Samarinda. Makanan khas Samarinda itu banyak dijual di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Jalan P. Antasari dan Pasar Pagi. Jika kita berkunjung ke kota Samarinda, tidak lengkap rasanya tanpa membawa buah tangan amplang  yang sangat renyah dan pas di jadikan cemilan bekal perjalanan jika kita meninggalkan kota Samarinda. 

                    Galeri Foto Wisata Kuliner
Hidangan Ayam Cincane Yang Mengugah Rasa

Amplang yang sangat Terkenal Akan ke Gurihanya

  Ayam CIncane Bakar yang Tidak Kalah Nikmatnya

 


3.    Wisata Rochani
    Wisata yang sebenarnya sangat populer, tetapi masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa sebenarnya banyak potensi wisata rochani yang wajib di kunjungi wisatawan ketika berkunjung di kota Samarinda ini, berikut Wisata Bahari yang terdapat di kota Samarinda. Check this out.

1.    Wisata Masjid Kota Samarinda

Masjid Islamic Center, Samarinda adalah masjid yang terletak di kelurahan Teluk Lerong Ulu, Kota Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia, yang merupakan masjid termegah dan terbesar kedua di Asia Tenggara setelah Masjid Istiqlal. Dengan latar depan berupa tepian sungai Mahakam, masjid ini memiliki menara dan kubah besar yang berdiri tegak. Masjid ini memiliki luas bangunan utama 43.500 meter persegi.  Untuk luas bangunan penunjang adalah 7.115 meter persegi dan luas lantai basement 10.235 meter persegi. Sementara lantai dasar masjid  seluas 10.270 meter persegi dan lantai utama seluas 8.185 meter persegi. Jika berkunjung ke kota samarinda sempatkan lah untuk melaksanakan ibadah sholat ataupun acara lainya, karan di masjid ini, sering di adakan acara-acara ke-Rochanian seperti Tabligh Akbar.



  Masjid Raya Darussalam, Merupakan daya tarik wisata budaya yang terletak di tengah kota, pada dasa warsa tahun 60 70 an.
Sekitar awal tahun 1990 an, dilakukan pemugaran menyerupai sebuah masjid di salah satu tempat di Timur Tengah. Masjid dengan konstruksi beton ini berlantai tiga dan dapat menampung lebih kurang 14.000 jamaah, dilengkapi dengan taman kolam dan perpustakaan. jika di lihat sepintas mesjid ini hampir menyerupai taj ma hall, yang terdapat di India.


    
Masjid Sirotul Mustaqim, Ini adalah masjid tertua yang ada di kota Samarinda dan merupakan peserta terbaik II pada Festival Masjid-masjid Bersejarah Se Indonesia oleh Pimpinan Pusat Dewan Masjid Indonesia. Masjid Sirotul Mustaqim, yang masjid tertua di Samarinda, dan seluruh konstruksinya dari bahan kayu ini, bagi kalian penyuka bangunan-bangunan yang penuh akan sejarah dan misteri, sepertinya mesjid yang satu ini wajib di masukan di list liburan anda. di dalam mesjid ini pun banyak tersimpan peninggalan-peninggalan bersejarah, seperti bedug yang usianya sudah ratusan tahun, dan masih banyak lagi.


                  Galeri Foto Wisata Rochani
View Islamic Center kota Samarinda Di Kala Senja



View Islamic Center dari Samping



View Islamic Center kota Samarinda Di Kala Malam Hari
Begitu Megah Dan Mewah




4.    Wisata Belanja
       Wisata yang pasti di gemari dan selalu di masukan di list liburan pada setiap turis dan Wisatawan yang berkunjung ke kota Samarinda. mengapa? karna wisata belanja di kota Samarinda sangatlah berbeda, berikut daftar tempat wisata belanja yang harus kalian kunjungi jika berada di kota Samarinda.


1.    Kawasan Citra Niaga 
           Pusat perbelanjaan yang sangat terkenal di kota Samarinda ini sudah berdiri cukup lama, dan merupakan salah satu icon kota Samarinda, banyak terdapat kios maupun toko yang berjejer di sepinggiran jalan menuju Citra Niaga . jadi dapat di pastikan sebelum anda sampai ke kawasan perbelanjaan ini, anda sudah dapat melihat betapa ramai dan di minatinya pusat perbelanjaan ini.  Citra Niaga yang merupakan taman hiburan rakyat pertama yang berdiri di kota Samarinda, Citra Niaga memenangkan Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur karena rancangannya yang menyatukan antara fungsi untuk menampung pedagang kaki-lima (makanan, kerajinan, dll) dengan konsep terbuka serta pedagang menengah dengan konsep ruko yang saling mendukung.




2.   PASAR TRADISIONAL SEGIRI
Pasar segiri merupakan pasar tradisional yang terletak di Jl.Pahlawan, pasar yang selalu sibuk di setiap harinya ini menyediakan berbagai macam kebutuhan, dari  kebutuhan, primer, skunder hinga kebutuhan mewah atau tersier. salah satu pasar terbesar yang berada di kota Samarinda ini sedang mengalami Renofasi banggunan besar-besaran, demi kenyamanan para pedagan dan konsumen, di harapkan pasar ini menjadi pelopor pasar Tradisonal terbersih pertama di Kota Samarinda.



3.   MALL LEMBUSUANA
Mall Lembusuana terletak di sekitar Jl. M Yamin. Pusat perbelanjaan yang satu ini cukupberbeda konsep dengan pusat perbelanjaan lainya, karna mall ini memisahkan setiap gedung-gedungnya, yang otomatis memakan wilayah cukup besar, tetapi hadirnya konsep pembanggunan mall yang berbeda ini, tidak menyurutkan para konsumen untuk berbelanja, karna di Mall ini menyediakan lengkap barang kebutuhan sehari-hari. dan , mempunyai Toko buku yang cukup besar dan lengkap, yaitu toko buku Gramedia.



4.   SAMARINDA CENTRAL PLAZA
Samarinda Central Plaza Merupakan Pusat perbelanjaan modern terlengkap dan mall dengan bangunan termewah di Kota Samarinda, mengapa di bilang lengkap, karna di mall ini tersedia cafe, dunia bermain, pusat perbelanjaan, dan Bioskop, bahkan mall ini mempunyai 2 bioskop yang berbeda di dalamnya, yaitu Cinema 21 dan XXI Cinema, mall ini sangat di padati oleh kaum remaja anak tepian Kota Samarinda. 



5.   PLAZA MULIA
Plaza mulia merupakan sebuah mall yang di gadang-gadangkan, akan menjadi mall terbesar, termewah, dan mempunyai lokasi ter stratgis di kota Samarinda, karna berdekatan langsung dengan banyak sekolah, sekurang-kurangnya ada 5 sekolah yang berdekatan dengan mall ini.Plaza Mulia terletak di pertengahan antara Jl. Bhayangkara dan Jl. Pahlawan, tetapi mall ini masuk dalam kawasan Jl.Bhayangkara. kelebihan istimewa dari mall ini selain penyedia barang-barang yang lengkap, mall ini juga mempunyai tempat ibadah kaum muslim yang bernama mesjid Syeikh Mahmuddin. 



6.   SAMARINDA SQUARE
        Mall ini merupakan mall yang paling baru di kota Samarinda, terletak berdekatan dengan Mall Lembusuana, tetapi mall ini lebih mengutamakan penjualan kebutuhan pokoknya, karna di mall ini terdapat sebuah super market yang memang sangat lengkap dan besar, tidak hanya super marketnya, kebutuhan lain di mall ini juga sangat lengkap. jadi jika anda ingin berbelanja Bulanan dan menginginkan tempat yang luas dan lengkap Samarinda Square adalah tempat yang sangat cocok.



7.   MALL MESRA INDAH
          Mall mesra indah merupakan  mall yang pertama berdiri di kawasan Kota Samarinda, Barang-barang yang disediakan di sini lumayan lengkap, di mall ini juga pernah ada hiburan permainan anak-anak yang sangat menyenangkan, tetapi pernah mengalami kebakaran di sekitaran tahun 2000-an. Namun setelah munculnya mall mall baru seperti yang saya sebutkan di atas, mal Mesra Indahl mulai kalah dalam kemegahan bangunan maupun pelayanan. tetapi saya yakin pasti masih banyak orang yang membutuhkan mall ini.


jadi, apalagi yang kalian tunggu, segera berkunjung ke kota Samarinda, dan dapatkan sensasi liburan yang sangat menyenangkan dan lebih natural. hanya dengan merogoh kocek yang tidak terlalu dalam pun anda bisa berlibur dengan sangat nyaman. sekian dari saya, semoga informasi di atas dapat menggugah jiwa anda untuk langsung terbang dan mendarat di kota pariwisata yaitu Kota Samarinda.


Terima Kasih Kepada : 
    1.      Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman angkatan 2009
    2.      Panitia  Communication Goes To Public 2012
    3.      Teman-teman X-Multimedia Smkn1 Samarinda


    Yang telah menyelenggarakan event yang sangat positif ini, semoga untuk kedepanya event ini terus di adakan dan dapat melahirkan blogger-blogger yang handal, yang pastinya menarik para wisatawan untuk berkunjung ke kota kita tercinta, yaitu kota Samarinda. :) terima kasih :)






    2 comments:

    1. ALIT DOSO PADMIADIJune 5, 2012 at 6:26 PM

      JUJUR, BERKUNJUNG KE KOTA SAMARINDA SANGAT MENYENANGKAN & BERKESAN, AWALNYA SICH SEDIKIT BINGUNG TAPI 6 BULAN DI SAMARINDA JADI SANGAT BERARTI. SEMOGA LAIN WAKTU BISA BERKUNJUNG LAGI, BANYAK KENANGAN SUKA,DUKA DI SAMARINDA. TAHUN 2007 DI SAMARINDA SANGAT BERHARGA DALAM HIDUP Q.

      ReplyDelete
    2. wahh... memang gan, SAMARINDA ni emang kota yg berkesan, pokoknya gak bakal nyesal berkunjung di SAMARINDA :)

      ReplyDelete

    Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

    Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

    Back to top