MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Monday, October 21, 2013

Balada Kelas 12

Pernah ngerasa sibuk banget ?

Pernah ngerasa cape banget ?

Pernah ngerasa mau berhenti sekolah ?

Pernah ngerasa paling ganteng di sekolah *...*

Semenjak statusisasi kelas 12 ini tertulis di rapot dan semua buku tulis gue. Rasanya gue pengen berhenti sekolah dan buru-buru ke Jakarta buat ikutan audisi Indonesian adul. *idol nyet*.

Bener-bener deh, selama kelas 12 ini gue bagaikan ikan cupang di tengah lumpur lapindo. Kering, tandus dan gak bisa beli juss.

Kelas 12 itu cuman sebentar tapi tekanan waktu ngejalaninya yang berasa lama banget. Semenjak kelas 12, gue udah gak bisa main-main atau terlalu santai kaya kelas 10 atau 11 dulu lagi.

Semua waktu di pake buat belajar, latihan soal dan ulangan. Gak ada yang bisa gue lakuin selain mengeluh. Mau nelfon kak Seto soal beratnya ngelewatin masa kelas 12 ini, gue takut…takut kak seto naksir gue *…*

Mengutip dari quote yang gue engak tau siapa yang pertama mengucapkanya

“semakin tumbuh kamu, semakin besar tanggung jawabmu.”

Angap aja itu quote gue yang ciptain, biar nama gue bisa di catet di buku penemu quote, kalo bisa di sejajarin sama quote-quote supernya pak Mario …..Bross.

Quote singkat yang bener banget sama kenyataan. “semakin tumbuh kamu, semakin besar tanggung jawabmu.”  Semakin tumbuh gue jadi anak kelas 12. Semakin besar juga tanggung jawab gue buat cepat lulus dan meninggalkan kelas 12.

CARANYA …? Ya belajar nyet -___- masa ngepet. ??? masalah yang lain adalah. Disekolah gue cuman di suruh belajar. Dari SD sampe SMK rasanya gitu sih. Gue cuman disuruh belajar tapi  gak pernah dikasih tau CARANYA BELAJAR ?????.

Gimana cara belajar aja gak tau, gimana mau belajar yang bener. Ibarat mau bisa naik motor harus di kasih tau CARA naik motor dulu. Baru BISA naik motor dengan lancar. Dan benar.

Inilah yang gak gue dapatkan di sekolah. Sekolah cuman ngasih tekanan buat nyuruh kita belajar, tapi gak pernah mau ngasih tau. Gimana caranya kita belajar.

Ditengah keheningan siang gue bengong dan mikirin soal ini. Ada benernya juga sih. Kalo CARANYA aja kita gak tau. Gimana mau BISA.

Tau CARA ngerjain soal Fisi(ka)mpret, pasti BISA nyelesain soalnya. Tau CARA belajar, pasti BISA belajar dengan benar walopun cuman bentar.

*****
Yahhh gitu dehh…ternyata Intermezo gue panjang juga. Sepanjang penderitaan di kelas 12 ini. Sekarang udah bulan Oktober  aja. Berarti penderitaan gue di kelas 12 masih sekitaran 8-9 bulan lagi. Dan itu kayaknya masih lama banget yaa.

“Waktu itu kaya butiran pasir yang di taruh di gelas kaca dan di balik. TUMPAH.

Iaaaa itulah definisi waktu menurut gue. Kalo ngejalaninya enak, rasanya bakal bentar banget. Tapi kalo ngejalaninya dengan ke-serba-tidak-enak-an. Pasti rasanya lama banget.

Kalo asik ngejalaninya kita gak bisa ngelambat-lambatin numpahin pasir yang ada di gelas supaya waktunya ngak cepat-cepat berjalan. Dan kalo engak ada asik-asik ngejalaninya kita juga gak bisa nge-cepat-cepatin numpahin pasir yang ada di gelas supaya waktunya cepat-cepat berjalan. J

Itulah kejamnya waktu. Gak bisa di percepat gak bisa juga diperlambat. Gue pengen cepat-cepat mengakhiri penderitaan di masa kelas 12 ini. Tapi gue juga gak mau cepat-cepat mengakhiri masa-masa kebersamaan yang maha dewa ini bersama teman-teman gue.

Dilemma pun dimulai. Binggung antara belajar serius demi UN, atau banyakin becanda bareng temen-temen karna ini tahun terakhir kita bareng-bareng.

Kalo kata temen gue yang namanya Aji, semua itu harus Balance. Jadi senin sampe rabu gue bakal belajar serius. Sisanya kamis sampe Sabtu gue bakal bergila ria bersama semua anak 12 MM, misalkan main PES…

CUP segera dimulai...

Cowo Ganteng lagi main PES
Kalo udah bosan main PES, main Monopoli asik juga.

mari memonopoli dunia...uyeee
Bosen main PES dan main monopoli, mainin hati cewe juga bisa #eakkk #eakkk.

Kerjaaan gue bareng anak kelas 12 MM yang lain ya gitu, kalo Kamis sampe sabtu. Hari-hari yang penuh canda tawa dan gerakan Homo berbagi cerita. Banyak sekali kejadian ke-homo-an yang menjangkiti nurani anak-anak kelahiran tahun 1996 ini.
Dan orang pertama yang membawanya adalah dia :

Ada yg mau ditemani Angga malam ini.
Angga, orang yang udah ditakdirkan buat jadi temen gue dari SD, sedih memang, harus kenal lama dengan dewa cabul di kelas, dewa homo di kelas, dan dewa-dewa kebejatan kelamin lainya.

Banyak sekali aibnya Angga. Dan kalo diceritain disini gak bakal selesai sekalipun nungguin syahrini menopause. Jadi mari kita lewati saja.

***
Sangking jarangya gue belajar di hari Kamis sampai sabtu, dan binggung mau ngapain lagi. Gue dan temen-temen pun membunuh kebosanan dengan mainan UNO. Gak tau uno ? kasian DEH LOOO…

ini dia kartu UNO. ini bukan judi, bukan
UNO itu ya mainan kartu. Mainya simple. Kalo lo punya 7 kartu +4 maka lo bakal menang. Tapi gak gitu juga sih. Cara main yang sebenarnya adalah gini.

Di UNO ada 4 warna, yaitu biru,merah,kuning dan hijau. Ada kartu putaran, kartu stop, kartu +2, kartu sembarang warna. Dan kartu dewa yang sangat ditakuti pemain UNO adalah kartu +4. Sayangnya gue sangat jarang dapat kartu +4 yang maha dewa ini.

Cowo ganteng lagi main UNO
Di kartu UNO Cuma ada angka 1-9. Jadi kita bisa mainin kartu ini dengan 2 patokan. Warna yang kembar atau angka yang kembar. Simple deh mainya. Mpo Nori aja bisa mainin, sambil kayang pula. *engak gue ngarang*

***
Gak berhenti sampe disitu. Dikelas 12 ini. Mulai senin 21 Oktober 2012, gue bakal dapat jatah Bimbel dari sekolah. Geratis sih. TAPI INI BIKIN CAPE NYET.

Gue bakal pulang jam 5 sore mulu. Nyampe rumah jam 6, mandi, makan, nonton pesbukers, tidur lagi. Masa ia gue harus menjalankan siklus biadab ini. 

Jadwal-jadwal penting kaya :

Tidur siang, gangguin orang, atau nyepikin pacar orang harus di hilangkan. Bener-bener enggak asik. Tapi kembali ke point utama tadi. Cepat atau lambat, gue bakal Lulus dari kelas 12. Berpisah dengan teman-teman seperjuangan yang semua otaknya ada di selangkangan.

Hidup itu pilihan. Pilhan itu bukan untuk di hindari, tapi untuk di lewati. Dan melewati pilihan itu harus  mengorbankan pilihan lain juga. Pilihan emang kejam, tapi lebih kejam ibu tiri, apalagi kalo ibu tirinya punya tai lalat di bibir sebelah kiri. Hiiiii *gue sunat lo*

Akhirnya tulisan ini ada endingnya juga. Gak terasa gue semakin tua. Udah kelas 12, udah mau lulus, udah mau kuliah dan udah semakin ganteng….

Yaudah deh, kapan-kapan ketemu lagi ya, gue lagi focus sama MID semester, tes pemetaan dan buku pertama gue #AYAMSAKIT. Sekarang udah naik cetak lohh, moga-moga bentar lagi terbit, minimal bulan depan udah ada di gramedia sih. Doain semuanya lancar yaa. Selamat MID Semester…… J

25 comments:

  1. HAHAHAHAHAHA sekolahmu emang nggak pengertian yam! beda banget dengan kondisi sekolahku.. bimbel (belum) ada, pulang kayak anak SD (setengah 1, red), dan beragam kegiatan asik lainnya. memang, sekolahku jau lebih pengertian hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini demi menciptakan lulusan terbaik kaya tahun kemaren *asik....*
      semoga gue salah satunya. amiennn

      Delete
  2. Wahh pantesan yam, jarang nongol di grup, ternyata udah kelas 12 toh. Iya.. Kelas 12 kalo orang2 bilang mah, kelas Ujian. Tapi bener juga sih gak harus belajar tiap hari, gilaa bisa stress. :3

    Itu UNO sampe skrng gue tetep gak ngerti cara maennya :{D

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh itu tau heheh...

      ahhh kamu kurang gaul, kudet sih hahaha

      Delete
  3. gue pernah ngelewatin masa ini. masa dimana gue harus bersiap kehilangan banyak momen, kehilangan banyak waktu dan kesempatan bareng sahabat. bersiap kehilangan tawa dan canda yang selama ini kita ukir di lembaran hidup.
    sekarang gak ada waktu yang lama yam, waktu udh berputar cepet banget. masa-masa kayak gini yang bakalan bikin kangen setelah lo menjajaki bangku kuliah. masa dimana lo harus menyesuaikan dan adaptasi diri. lagi
    tapi bener apa yang lo bilang, bahwa "Hidup itu pilihan. Pilhan itu bukan untuk di hindari, tapi untuk di lewati. Dan melewati pilihan itu harus mengorbankan pilihan lain juga"
    mengorbankan momen sama mereka untuk menjadi kenangan yang gak akan keulang lagi.

    aaaak UNO. gue malah baru main UNO ketika kuliah wkwk

    semangat menghadapi masa depna yam. sukses UN nya \o/~~

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh bocil, bikin gue tambah dilema kan, ahhhh....

      ahh kamu kudet, kamu kudett...

      aminnnn thx doanya bocil

      Delete
  4. jadi penasaran sama aibnya angga #salah fokus

    wah.. kalian main pees di kelas? berarti bawa stik PS nya? wah niat banget itu mah,..
    kartu UNO pake di bawa...

    aku tau kok kartu uno itu, cuma nggak ngerti cara maennya.. gue kan tipe siswa yg studied oriented dulu. hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lahh -___-

      ia dong, segalal sesuatu itu harus total, termasuk bawa stick PS ke kelas huahahah...

      yeaaaaa hoamzzz

      Delete
  5. wkwk itu kampret bener main monopoli dalam kelas. Itu pasti saat-saat guru killer ngajar, kalian main di belakang ya kan yam? :D

    eh yam, buku lo udah ada di gramedia? gue boleh beli gak?
    iya beli mbak-mbak yang jagain kasir gramedia nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu waktu jam kosong -____- dewa bener kalo gue ngajar kita main.

      bolehhh, paling lo di tabok satpam, mau bawa pulang kasirnya. cowo lagi hii

      Delete
  6. Hahaha... mantap bro
    saya jg anak smk *trus tapi itu dulu
    saya malah lebih parah dari itu

    #mainboladalamkelas

    Yah santai tapi serius lah
    Hidup ini sudah susah
    Dibikin hepi aja

    ting !! *ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahhh siippp. santai aja. terlalu seruis ntar stresss bro

      Delete
  7. Anggaaaaaaaaaaaaaa!!! aaaaaaaaaaaaa!!! *meleleh liat senyumnya :p

    haha, kelakuan anak MM gitu ya :") anak AP dongggg~

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak AP ngapain ? dandan berjamaah di kelas ???

      Delete
  8. Eh, si ichsan udah kelas 12 juga ya :D dibikin hepi aja jngan jadikan klas 12 jadi beban :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaaa, mukanya masih unyu kan, uwohhhh. sipp kakak

      Delete
  9. Hahaha. Enjoy aja, San. Bagi gue malah kelas 12 yang justru paling memorable selama gue sekolah dulu. Makin deket sama temen sekelas (soalnya semua udah mau pisah gitu).
    Pokoknya nikmatin, masa sekolah lu tinggal kurang dari setahun lagi. Yang bisa lu lakuin ya cuma menikmati (Sambil ingat belajar buat seleksi perguruan tinggi tentu saja)

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget. lebih berasa dibanding kelas 9 SMP dulu kan.
      siappp, belajar tetap prioritas yeee

      Delete
  10. enak banget idup losama temen temen lo tiap hari main PES, main UNO, ato main cewek...errrr...
    tapi bagi gue justru emang ini yg bikin tak terlupakan dan bikin kangen bingit sama temen temen SMA waktu udah kuliah..kebersamaannya, kompaknya, baiknya, serunyaaa...dulu gue juga sama temen gue suka nonton bareng di kelas pake LCD dulu jamannya fil LAskar Pelangi sama Dealova terus nangis berjamaah gitu..sumpah, damn! it was sooooo fabulous moment ever! so, nikmatilah detik per detiknya bareng temen temenmu itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. woiadongggg. kelas gue ini juara banget pokoknya hahahaha...

      ahh LCD lagi rusak, biasanya malah nonton film 18++ di LCD dewa kann

      Delete
  11. Sukses sama mid semesternya, terus.... selamat ya yam, akhirnya buku lo resmi di cetak.
    Itu kartu uno udah berapa tahun umurnya, tuir banget kayaknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. thx nyoll heheheh. yo'i makasih lagi. akhirnya cetak juga wkwkwkkw...

      beuhhhh gak tau deh berapa setara sama monas kayaknya

      Delete
  12. Oke, sebagai angkatan tua, gue gak ngerti main UNO -_- dulu paling gambaran yang ditepok-tepok sama tajoz. Hahaha. Kalo soal cara belajar, bakar buku paket-kumpulin abunya-masukin gelas-isi air-lalu minum. Dijamin... Koma 3 minggu. :D

    Nice, bro... Jadi sedikit bernostalgia semasa sekolah. Hm...

    ReplyDelete
  13. semangat belajarnya. kalo udah deket sama waktu uji kompetensinya yang bakal berasa capenya. sampe-sampe bisa pulang malem *curhat dikit*

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top