MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Monday, June 6, 2016

Bulan Puasa di Samarinda

Bulan ramadhan selalu punya cerita uniknya sendiri, entah untuk kita atau untuk power rangers merah muda. Ditempat tinggal gue, yaitu di Samarinda. Orang-orangnya punya banyak ritual atau kebiasaan unik  saat menjalankan ibadah puasa. Mulai dari sahur, tarawih, iklan sirop, iklan sarung, sampai iklan burung. Mie burung maksudnya.

Masa keemasan saat menjalankan ibadah puasa itu emang pas waktu masih kecil, zaman masih kecil itu kita kaya bebas aja, kaya nggak ada beban aja. Puasa nggak puasa yang penting ikut ngeramein aja pokoknya.

Semakin bertambahnya usia, gue semakin mengerti apa saja kebiasaan orang samarinda saat dekat dengan bulan ramadhan, kegiatan unik yang biasanya dilakukan orang Samarinda itu dimulai dari :

Bangunin orang sahur

Jika di kota lain membangunkan orang sahur itu banyak yang heboh dan unik, seperti konvoi pake mobil pick-up yang udah di derkorasi, pawai keliling kampung bawa sound system yang bisa membuat telinga orang yang awalnya normal menjadi rusak, atau membangunkan sahur dengan bunyian-bunyian tradisional.

Di Samarinda tidak begitu. Semakin maju perkembangan zaman, orang-orang disini sudah jarang merayakan euphoria bangunin orang sahur dengan cara yang aneh dan buang-buang biaya. Makanya, disini jarang ada acara unik, khususnya saat bangunin sahur.

Cara membangunkan orang sahur hanya mengandalkan toa masjid dan microphone yang di isi oleh suara marbot mesjid. Nada membangunkannya pun standart, tidak variatif, cuman sahur……sahur…….sahur.

Kalo pun unik, biasanya cara ‘ngomong’ sahurnya di buat bernada. Kaya di daerah rumah gue biasanya begini,

“Sahur….sahur, mumpung  masih ada waktu subuh, sahur….sahur…..sahur….sahur”

Gue nggak ngerti maksudnya gimana. Apalagi ada penambahan kalimat ‘mumpung masih ada waktu subuh’ itu entah kalimat mengajak atau mengancam. Karena kalo udah waktu subuh kan berarti udah imsak. Lah, ini si kampret bangunin orang sahur pake acara bilang ‘mumpung masih ada waktu subuh’ kan bijik yak.

Dulu sepupu gue yang dari Jawa pernah nginep dirumah pas bulan puasa. Nah waktu sahur, terus mendengar ajakan untuk sahur kayak nada di atas, beliau langsung bangun, dan refleks nanya ke gue.

‘loh, ini jam berapa san, kok baru  kedengeran suara orang bangunin sahur’
‘jam, 5 om’

 ‘ohh masih jam 5’

‘BANGKAI, JAM 5 BARU BANGUNIN ORANG SAHUR’

WELCOME TO SAMARINDA.

Om gue langsung pesen tiket dan balik ke Jawa…..

Lomba Bedug Sahur
Kira-kira begini lah suasananya.

Di deket daerah tempat gue tinggal, tepatnya di Samrinda Seberang, ada sebuah kegiatan rutin yang pasti di lakukan masyarakatnya setiap bulan puasa sudah memasuki pertengahan atau akhir.

Setahu gue sih, nama kegiatannya lomba bedug sahur. Nggak tau kenapa namanya begitu, padahal kenyataannya alat musik yang digunakan untu kacara ini bukan bedug. Kebanyakan pake serongkeng (sejenis alat perkusi dari besi) dan deri derijen bekas.

Acara ini intinya tentang membuat kebisingan sih, jadi siapa yang punya kelompok paling berisik dan formasi barisannya unik, plus kostum menarik pasti menang.

Gue sendiri karena bukan anak dari kecamatan sana nggak pernah ikut. Gue biasanya nonton aja. Biasanya gue nonotn sama pacar. Pernah pas masih SMP, gue nonton ini bareng pacar, acaranya ada di jalan raya, tapi gue dan pacar parkir motornya di semak-semak dekat jalan raya.

Yah, pokoknya begitu

(MSYAALLAH BEJATNYA)

Harga Makanan Buka Puasa

Zaman SMK dulu, gue cukup sering buka puasa diluar, iya, buka puasa diluar, bukan keluar ‘diluar’ gue agak jarang buka puasa bareng keluaraga, alasanya waktu dulu banyak kegiatan, jadi nggak sempat kalo mau bolak-balik dari rumah ke tempat kegiatan cuman untuk buka puasa.

Kalo pas waktu berbuka, gue udah di tempat kegiatan nggak masalah. Biasanya yang kampret itu pas waktu buka puasa eh guenya masih di jalan, atau kejebak macet. Di Samarinda itu aneh. Waktunya berbuka puasa jalanan bukannya sepi malah rame.

Gue sempat mikir, ‘ini kenapa sih, udah pada mau buka puasa tapi masih berjubel aja di pasar ramadhan, kan bikin macet jalanan’

Logika gue ini akhirnya di patahkan oleh ibu. Ibu ngasih tau kenapa saat-saat injury time waktu berbuka puasa tiba, pasar ramadhan bukannya sepi tapi malah masih di sesaki banyak orang.?

Ternyata alasannya karena. BANTING HARGA.

Iya, semakin dekat waktu berbuka, harga makanan yang biasanya mahal dan nggka tau diri langsung di diskon ancur-ancura, bahkan bisa sampai 70%. Harga lumpia atau pastel yang biasanya sebiji bisa sampe 5 rebu. Pas udah mau dekat waktu buka puasa, menjualnya bukan bijian lagi, tapi per keresek. Satu kresek itu isi 5 bisa dijual 10 ribu. Jauh banget kan sama harga aslinya. Brengsek bener pokoknya.

Buka Puasa di Mesjid
*ini hanyalah efek*

Di samarinda itu, selain terkenal dengan kota sungai, terkenal juga dengan salah satu masjidnya yang besar, megah, dan mewah. Namanya masjid al-muttaqin, atau biar lidah nggak keseleo pas ngucapin nama aslinya, mesjid ini biasanya cuman di sebut pake nama gaulnya. Islamic center.

Gue dulu pernah ngobrol-ngobrol sama temen gue, soal tempat buka puasa yang enak di Samarinda itu di mana sih.  Ngobrolnya kaya gini :

“tempat bukber yang asoy dimana nih”

“kedai sabindo san”

“bebek pak ndut, san”

“gedong gedhang aja, san”

“ahh, itu mah tempat-tempat lama, tempat yang baru nggak ada gitu ya? Yang samarinda banget?

“TTA aja san”

“hahh, TTA ? apaan tuh?

“Tepian Tongkrongan Asyik, eheheh. Buka puasa di pinggir sungai pake menu tahu tek. Asoyyy”

“…”

Oke, yang bener adalah begini,

“tempat bukber yang asoy dimana nih”

“kedai sabindo san”

“bebek pak ndut, san”

“gedong gedhang aja, san”

“ahh, itu mah tempat-tempat lama, tempat yang baru nggak ada gitu ya? Yang samarinda banget?

“OH, YAUDAH. ISLAMIC CENTER AJA BOS KU”

Waktu dengar temen gue nyeletuk ini, di kepala gue muncul banyak pertanyaan.

“hah, Islamic center?”

“hah, masjid ?”

“hah, Ameiri Ichinose?”

Temen gue pun menjelaskan, menu apa aja yang kita dapatkan kalo buka puasa di Islamic center.

Katanya, kita dapat kolak, burjo, kue-kue basah, cemilan gorengan, terus ntar abis solat maghrib dapet menu beratnya, kek ayam goreng, ikan goreng, semuanya dalam jumlah banyak.

Mendengar menu gratisan nan banyak dan menggiurkan itu gue jadi penasaran mau nyoba. Tapi, sampai sekarang gue masih belum pernah nyoba. Malu nyoba sendirian dan nggak tau mau ngajak siapa buka puasa di sana. Kalau gue udah nyobain gimana rasanya buka puasa di Islamic center ntar gue ceritain lagi deh.

Tarawih Ala-ala

Zaman gue masih bocah dulu, moment teraweh emang selalu di tunggu. Waktu teraweh itu punya makna sendiri buat anak-anak kecil zaman gue. Tarawih mengajarkan kita banyak hal tidak penting. Dari rumah emang bener izinya buat tarawih, tapi sampe mesjid biasanya kita lupa tujuan awal ke mesjid tadi mau ngapain. Pokoknya tiba-tiba amnesia aja.

Gue kalo tarawih doyan pake sarung, alasannya jelas. Biar bisa perang sarung. Tapi, yang kampret itu kalo ada anak-anak yang perang sarung tapi ujung sarungnya dikasih batu.

Jadi, biasanya sebelum mulai perang sarung, persenjataan kita di periksa dulu. Nggak boleh pake batu, biar adil, semua harus ikut peraturan. Yang nggak ikut aturan di musuhin. BOOM.

Tidak boleh menyelipkan batu di ujung sarung, tidak menghalangi gue dan teman-teman untuk berbuat curang. Ujung sarung emang nggak kita selipin batu, tapi di selipin buah terong pipit atau buah pohon beringin. Nggak cukup satu biji, buahnya bisa sampe tiga biji tuh, pokoknya jahat lah.

Buahnya kecil si, tapi kalo kena selempet, lumayan juga.


Sebenernya masih banyak kebiasaan-kebiasaan unik yang dilakukan anak Samarinda kalo bulan puasa. Tapi gue udah banyak lupa, maklum, akibat kuliah, ingatan masa kecil gue mudah terkikis.

Oh iya, ada Postingan tentang bulan puasa yang lain dari para shohabat juga yang bisa dibaca disini, kalo kalian mau ikutan, bisa langsung posting di blog masing-masing dan tag kita-kita ya, biar rame, biar berkah, wacawwww.

Keriba-keribo : Hmmm...Enak Juga (18+)

28 comments:

  1. Di masjid deket rumah gue juga pake toa doang. Malah kadang diitungin. "sahuurr... Sahur... Waktu sahur sisa 20 menit lagi" lah ini bikin balapan makannya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keknya itu trik yg sengaja di pake di mesjid sana yog. Boljug tuh pake itungan

      Delete
  2. Hahaha iya kalo di Pekalongan masih musim bangunin sahur dengan heboh gitu bawa-bawa gerobak, kadang ada gentong atau beduk buat alat musiknya. anehnya, mereka malah kaya ngamen, karna lagu yang dibawain biasanya lagu pop, mulai dari wali sampe peterpan, dan gak cuma keliling kadang stay diujung gang besar, jadi ya gitu deh, riuh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya kamu datangin panitiannya dan minta ganti laginya jadi qosidah atau opick, ummmm wali juga boleh tuh

      Delete
  3. Sama. Di deket rumah gue, kalo bangunin sahurnya pake suara marbot mesjid.
    Hur.. sahurr. Hur... sahur....

    Suara marbotnya sekseh banget. Huahahaa

    Bahagia banget ya bisa buka puasa di Islamic Center. Menu buka puasanya lengkap. Gud job anak muda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus kalo merbotnya masih muda, masih tangguh, nah kebanyakan marbot yg bangunin sahur itu udah jompo, usah ikeh, ummmmm

      Delete
  4. Anjay. Pakai batu. Sejahil-jahilnya jaman dulu, gak pernah kepikiran buat masukin batu ke sarung. ://

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu harus coba us, di usiamu yg sekarang ini, belum terlambat kok.

      Delete
  5. *beli tiket ke samarinda* *nginep di islamic center*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw kalo mau buka puasa disana pake ktp loh di.

      Delete
  6. wahaa ngabuburiiit.. beli nya berarti pas deket deket sama adzan aja dong ya biar murah..

    ReplyDelete
  7. Sarung dimasukin batu itu gimana rasanya Kakak? perih-perih gitu ya? Wkwk yang cara bangunin sahur, di daerah Lulu juga sama kayak gitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah, perih-perih lucu. Lucu kalo ngeliat ada yang kepalanya bocor, ada darah2 gitu. seru abiss

      Delete
  8. Itu buah enakan disayur bang, bukan buat main gempur-gempuran elah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tempat gue sih buah ini di lalap doang, kalo di sayur belom pernah nyoba, emang enak ?

      Delete
  9. Wah seru ya mas sahur disamarinda tradisinya masih ada, tapi sangat beda jauh kalau dibandingkan dengan ditempat saya, makin kesini hampir makin punah deh tradisinya jadi gak seru deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang smeua tempat keknya begitu deh, semakin maju zaman, semakin sedikit orang yg meneruskan kebiasaan lama. Untungnya zaman gue masih sempat ngerasakan euforia ramadhan yang asyik

      Delete
  10. Lupia 5 ribu ?!!! Itu baru namanya bijik !!! Mahal amat -_- Itu beli Lumpia bisa dapat sticker JKT48 kali ya..

    Nah, kalo main perang sarung pake bijik, kalo kena bijik pasti ngilu-ngilu gimana gitu.
    Lah, ini kenapa ngomongin bijik semua ?!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini harga lumpia emang segitu bahh.

      emang ya, yg berbiji itu nyakitin. bijik kuda misalnya

      Delete
  11. Pas ngabuburit paling mantep mah, atau pas buka puasa. Gak ada satupun orang yang pas buka puasa, depresi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya ngapain juga pas buka puasa tiba-tiba depresi -__-

      Delete
  12. Bahahahahha. Baru baca ini. Dan betapa hinanya aku, udah dari orok tinggal di Samarinda, tapi baru tau nama lainnya Islamic Center itu mas Al-Mutaqqin. :(

    So.... kamu kapan mau buka puasa di Islamic Center sama Ameiri Ichinose, San? Huahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bener baitul mutaqqien sih hahahahaha.

      sama yg dekat aja lah, sama yg mau aja kalo gue juga mah

      Delete
  13. kalo gue sering buka puasa dimasjid al ' maaruf depan mall lembuswana tuh sob ! hehehehe. ayok kapan kapan bukber bareng blogger blogger samarinda...:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. mesjid langganan gue solat jumat tuh dulu pas SMK, sekarang jadi tjakep tuh mesjid

      Delete
  14. Wkwkwkw bangunin sahur di daerah rumahku ya cuma orang pake toa masjid, pukul tiga pagi. 'Sahur... Sahur... Sahuuuur' terus udah -_- wkwkwk

    Itu bedug sahur acaranya pas sahur atau kapan ._. yang dinilai dari berisik sama uniknya kostum -_- simpel ya btw wkwk

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top