MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Tuesday, October 13, 2015

Semester 3

Hallo semua, kalian apa kabar ? semoga selalu baik. Tapi harus terus baik, kalo nggak baik ntar nggak masuk surga loh. Kan cuman orang-orang baik yang boleh masuk surga. Nah, untuk bisa jadi orang yang baik kalian harus punya kabar yang baik dulu, gitu.

Nah, sudah cukup omong kosongnya. Sekarang gue nggak mau banyak cerita-cerita yang nggak berguna lagi. Gue mau mengisi blog ini dengan hal yang sedikit bermanfaat, yaitu perihal TUGASSS *Backsound – Tiupan sangkakala Malaikat Isrofil*

Semester tiga ini, rasanya berat banget. Tugas gue makin menggila. Walaupun gue cuman kuliah 3-4 hari doang seminggu. Tapi tugasnya itu loh, nggak pernah ada tombol pausesnya.
Sekarang di kampus gue udah deket mau UTS, jadi mumpung masih sempet, gue mau share tugas-tugas yang udah gue kerjakan selama setengah perjalanan di semester tiga ini.

Kita mulai dari mata kuliah yang paling tidak bisa akrab dengan gue,

Illustrasi
Kayaknya gue udah sering bilang kalo semua mata kuliah yang berbau manual itu gue lemah. Ya gitu, udah digital nggak bagus-bagus amat, yang manual gue lemah, ntah nantinya gue jadi apa. Binggung juga jawabnya.

Mata kuliah ini cukup membebani, karena setiap minggu gue harus membuat 2 illustrasi sekaligus. Satu gambar harus selesai di kampus dan satunya lagi harus di selesaikan di rumah, oh sorry, di kostan maksudnya.

Total sekarang gue udah membuat 10 illustrasi lebih, nah, yang sempat ke dokumentasi cuman beberapa aja, yang jelek-jelek pula. Lebih tepatnya illustrasi gue jelek-jelek semua, beda banget sama temen-temen lain yang udah pro. Gue mah apa, cuman pemula gadungan, udahlah sedih ini kalo di ceritain.
Illustrasi Mencontoh Langsung.

Illustrasi Mencontoh Tidak Langsung.


Fotografi
Semester 3 gue udah dapat mata kuliah fotografi, tapi denger-denger kalo semester gue udah gak newbie lagi, bakal dapat fotografi lanjutan, hmmm gue hanya bisa senyum mendegar kabar ini. Mata kuliah ini cukup menguras waktu, uang dan tenaga. Pertama, tugas-tugas dari fotografi selalu menuntut gue untuk jalan keluar kampus. Ntah disuruh foto topeng ke sanggar topeng lah, di suruh foto penari lah, di suruh foto selfie lah. Ehh, selfie mah hobby.

Sejauh ini mata kuliah ini udah menghasilkan 3 tema dengan teknik pengambilan yang berbeda-beda, topeng (teknik Dof), Tari (teknik freeze), suasana pasar (teknik Motion Bluring)

DOF (depth of field)
Freeze

Motion Bluring
foto yang ada guenya ini sebenernya salah kalo dari segi tema yang disuruh. tapi kalo dari segi teknik sih bener aja.




Komputer Grafis
Sebenarnya, dari semua mata kuliah yang SKS nya gede. Mata kuliah Komputer Grafislah yang paling enak. Soalnya tugasnya cuman 2 minggu sekali. Jadi minggu pertama konsultasi masalah project yang mau di kerjakan, minggu selanjutnya baru mengumpulkan karya.

Nah, di mata kuliah ini gue sempat strees akut, karena hardisk laptop tiba-tiba bermasalah. Untungnya hardisk laptop udah baik, udah sehat, jadi sekarang gue bisa ngerjain tugas dengan lancar jaya lagi. Oyee.

Sejauh ini, gue sudah mengerjakan 3 project di mata kuliah ini. Dimulai dari,

Basic Shape, Jadi, di tema pertama ini kita cuman membuat karakter dengan shape-shape standart kayak segi satu (bulat), segi dua (oval), segi tiga (ya segi tiga) sama segi empat (kotak).

Tapi, untuk tugas ini, gue lagi nggak kreatif, jadi kebanyakan gue cuman pake shape bulat aja, ntahlah, nggak niat atau gimana. biasa cowo moodyan hohoho

Basic Shape


Low Polly, inti dari tema low polly adalah, kita membuat sebuah karakter dengan menggunkan shape polygonal (segitiga) dengan teknik low, yang atrinya sedikit demi sedikit atau kecil-kecil. Jadi semakin low (kecil) shape yang kita buat, semakin terlihat detail karakternya. Pokoknya gitu lah. btw, gue paling puas sama hasil yang Ironman. soalnya pas ngerjain itu mood gue paling bagus, kampretnya, abis ngerjain yang Ironman, laptop gue kebanting dan hardisknya sukses geser -__-

Low Polly

Typography Treatment, semester satu dulu gue udah pernah dapat mata kuliah typography, jadi nggak terlalu susah buat tugas yang ini. Tugasnya cuman membuat sebuah karakter dari susnan font. Udah gitu aja. Gampang lah.

Kebetulan modelnya harus wajah bokap sendiri. agak susah ngeditnya karena resolusi foto yang gue pake kecil, jadi ya gitu, hasilnya gak maksimal. Bukannya menjadi ganteng bokap malah terlihat memiliki tatoo di wajah. 

Typography Treatment


FYI aja, semua tugas komputer grafis tidak dikumpulkan dalam bentuk softcopy. melainkan harus bentuk cetak atau hard copy. Jadi setelah artwork yang dibuat selesai , ada sebuah proses kreatif yang harus dilakuin lagi. yaitu nge-layout hasilnya untuk di jilid menjadi sebuah buku atau tabloid gitu, ribet lah jelasinnya. Didalam jilidannya juga nggak cuman berisi artworknya aja. Tapi ada bagian souces, tutorial dan tetek bengek yang lainnya. Tugas dari mata kuliah ini memang cukup menguras tenaga.

Mungkin segini aja kali ya tugas yang bisa gue share. Kedepannya gue berharap bisa  bikin postingan kayak gini lagi untuk semester 4, semester 5 dan seterusnya sampai gue lulus. Doakan niat ini bukan cuman wacana yak, Soalnya kalo nggak gitu ntar gue males ngeshare karya. Heheh. Udah dulu ya, mau revisian tugas lain nih, bhaybhay ^^

41 comments:

  1. asli, itu mah keren, yam.
    gue juga sbnernya suka sih sma hal'' berbau kyak gini. ini elu jurusannya apaan daah?

    smuanya keren sih, klo mnrut gue. ehee.... pgen bisa juga. smoga, wacana yg lo buat bisa terealisasikan yak. oh iyak, lo mnta maap gih sama bokap elu. ga mau kan, pas bokap elu baca, elu ga d kirim uang jajan lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. jurusan DKV broo ^^

      hahaha, ini mah di pelajarin sendiri juga bisa sebenernya, yang penting mau nyoba. itu aja sih, asik.
      semoga bukan wacana aja yak, bantu doa makanya hehe

      Delete
  2. Iya lu kuliah jurusan apa dah? itu bagus loh hasil karyanya... pelajaran fotografi gue juga pernah belajar... awalnya juga sama tuh poto model begitu, trus nanti baru masuk ke poto studio.. gitu dah keren.. tapi sayangnya gue cuma stu semester aja belajar fotografi. nah setelah semester yang ada fotografinya gue keluar deh... hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue DKV brooo, coba baca-baca bio di bawah dulu biar kenal terus biar bisa makin sayang *lohh*.
      lahh, sayang banget, padahal fotografi asik. Gue suka, cuman terbatas sama alat sih, mau minta di beliin gak enak sama ortu, dilema

      Delete
  3. ngeri ya liatnya... keren2 gitu lo sebut jelek... gw sbgai org awam dalam hal kayak gini seempet lama loh liatin gmbar2 lo diatas.. apalagi yg typografi.. cuma itu doang yg gue tau dan gue ulik.. soalnya gw gak kuliah .. otodidak sambil belajar sama mas2 tukng edit foto :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ntahlah, apanya yang ngeri, kalo liat punya temen2 gue bisa lebih ke ngerian lagi bro.

      padahal yang tipografi bikinnya paling bentar loh, 1 menit juga jadi, kalo mau sini gue buatin hahah *tiba2 jualan*

      Delete
  4. Lah backsoundnya begitu aku gak bisa lihat tugas bang ichsan dong :3

    Padahal keren lho gambarnya, kok bisa dibilang jelek jangan terlalu merendah deh. Tapi itu jurusan kuliah kayaknya mesti jago gambar yah? Emang jurusan apa sih? DKV? Sumpah gue kepo akut..

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo liat punya temen2 yang lain mah, punya gue nggak ada apa2nya bro, jauhhhhhhh.
      iyaaa DKV, semacam jurusan begadang gitu hahaha

      Delete
  5. Gambarnya keren. Suka gambar topengnya. Angle nya udah kayak fotographer profesional aja...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, padahal itu juga hoki aja, kebetulan bisa bagus wkwkw

      Delete
  6. DKV yah?
    Gue bisa menganga doang nih liat karyanya, semester 3 aja udah kayak gini, entar apaan lagi yang dikasih.. kece badai~ Emang susah sih, kudu kuat juga ngebayangin sama merealisasikannya degan berbagai teknik. Ada yang punya keahlian kayak gini, misal gak punya ide kretif atau inovatif yah sama aja boong.

    Kalo gue bisa bikin ginian mah gue yakin itu udah gue jual-jualin di stockphotos, atau jual di designbyhuman, lumayan lisensi royaltinya mah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, dkv bro.
      nah iya, di DKV ide cemerlang aja nggak cukup, harus bisa nge eksekusi idenya buat di jadiin sesuatu. sebaliknya juga gitu, percuma kalo jago di teknik tapi ga punya ide atau inovasi, asik.

      wahhh gue belum terlalu pd aja kalo mau jual2 gituuu. banyak yg lebih bagus soalnya

      Delete
  7. Ralat sikit, itu bukan tiupan sangkakala nabi Isrofil, tapi malaikat Isrofil. Matursuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha, iya, udah gue ganti bro, thx udah di ingatin, anjir malu ndiri gue wkwkw

      Delete
  8. Wah... keren banget, Mas ayam....
    ya, barangkali kalo lagi ada waktu luang bisa bikinin buat gue....
    wkwkwk *modus gembel

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang aja bro, asal setelah desain selesai dikirim ada transferan yg masuk hahaa

      Delete
  9. kalau dari kacamata saya yang awam dan nggak bisa gambar.
    itu keren mas.

    apalagi yang ironman. iya, itu keren banget. wajarlah kalau dibilang itu paling disuka
    yang lainnya juga keren tuh kayak basic shape gitu/... keren lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih browwww ^^

      agak bagus aja, karena paling niat itu hehehe

      Delete
  10. Udah mayan bagus kok. Mungkin tinggal dilatih lagi aja ya. Itu yang daun, gambar lo kurang terlihat melengkungnya Chan. Tetap semangt kuliahnya biar tahu-tahu skripsi dan sarjana. :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, emang yang illustrasi manual itu gue paling lemah wkwkw. ths masukannya. eaak masukan

      Delete
  11. Envy....!! Aku pengen banget di grafis. Meski aku sekarang kerja di grafis. Tapi aku nggak dapat ilmu dan tugas seperti itu. Semua otodidak. :( Beruntung banget kamu ya.. aku malah ke sistem komputer.
    Aku suka iron man nya. Halus banget pilihan gradasi warnanya. Sama ituuu aku baru tahu. polkadot jadi kumbang. Kayanya susah ya... Biar seninya dapet. Bulat kecil-besarnya gimana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu juga semuanya otodidak mba. Di kampus mah cuman di kasih tugas, nggak ada tutorial atau apapun yang sifatnya mengajari. Pokoknya dapet tugas kerjain. udah gitu aja.

      semuanya bisa di pelajari kok hehehe, itu juga masih acak adut polkadotnya, ngerjainnya cepet2 :D

      Delete
  12. Keknya ada yang salah dari ocehan lu, yam. "Kurang bagus." seakan-akan kalimat barusan memebalikkan 180 derajat. Kampret lu yam, itukan keren2 hasilnya. Apalagi yg IronMan itu... Gue suka bgt gaya design gitu. Kalo topography gue lumayan ngerti, kalo yg photography ya bolehlah gue ikutan foto. Udah tau caranya, tapi gak tau namanya... Hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo liat punya temen2 gue yang lain punya gue mah gak ada apa2nya, jauhhhhhhh hahaha.
      nah, kalo udah ngerti biasanya lebih gampang. hahah iye, gue juga kalo nggak kuliah nggak tau nama sama tekniknya. sebenarnya gue terpaksa untuk tau aja sih hohoh

      Delete
  13. dari macem macem tugas yang udah di share, satu satunya yang bisa ane buat ya ilustrasi gituuu haha. keren keren semua bro! salut sama ente. kalo hasil karya seperti itu dibilang kurang bagus, gimana yang bagus sih? ._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang bagus mah lebih alus gambarnya, lebih rapiiii lahhh, punya gue mah apa atuh, acak adut wkwkw

      Delete
  14. Keren bray. Asli. Typography nya tuh gue demen banget. Pengen deh jadinya dibuatin.....

    Muehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. gampang bro, asal abis di buatin ada transferan aja, hahaa

      Delete
  15. ini mah merendah untuk menuai pujian :D. karya segitu bagus dibilang kurang bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha bisa aja. tapi seriusan mah, temen2 gue yang lain lebih dewaaaa

      Delete
  16. Selamat menunggu UTS~

    Ehh, yg teknik low polly itu keren banget kayak teknik wpap. Typography juga keren tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih udah di ingatkan. sekaligus gue benci bgt di ingatin soal ini -__-

      wpap sama low polly emang kerabat tidak jauh. *ahh apaan sih san*

      Delete
  17. weh gue gara gara liat foto lo di ig yang typography itu jadi ketular pengen nyoba, alhasil nyobalah gue buat bikin kaya gitu tapi endingnya malah stuck dan gak bisa whaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. sini gue buatin kalo mau, tapi berusaha buat sendiri itu rasanya beda sih. ayo di coba lagi, lama2 pasti bisaaa. mangat kakaa

      Delete
  18. Widih anak DKV nih yee. Sibuk bener sama tugasnya. \:p/

    ReplyDelete
  19. kesan pertama yang mengesankan dari saya senang bisa berkunjung kemari visit juga my blog
    OBAT HERBAL ALAMI

    OBAT HERBAL RADANG PANGGUL

    OBAT HERBAL DARAH KENTAL

    ReplyDelete
  20. keren baget. mas. jadi gini ya cuplikan tugas dari jurusan dkv. makasih banyak bida buat refrensi.

    sumpah itu hasilnya keren keren gitu masa dibilang jelek.. uhuk jangan terlalu merendah mas...

    ReplyDelete
  21. Ayam.. baru kali ini. Baca tulisan lu di blog lu juga tentunya ngebahas serius :D
    Biasanya suka ngawur kemana mana.

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top