MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Wednesday, February 26, 2014

Masuk Koran Lagi

Setiap kali gue ditanya orang soal buku gue, gue selalu cangung jawabnya, mau di jawab panjang lebar takut mereka tiba-tiba menghilang dan ninggalin gue karena cerita yang membosankan, kalo gue jawab singkat takut dikira sok keren, sok hebat, ntar dikira penulis nggak mau ngomong banyak-banyak, bisanya cuman menulis banyak-banyak. Amitaba deh.

Pertanyaan-pertanyaan standart dari temen, keluarga, temen bokap nyokap selalu gue jawab dengan senyum dulu baru sok menghela nafas dan keluar lah 3 kata mujarab buat mereka yakin

“iseng – iseng aja”

Yapsss, itulah jawaban standart gue kalo ditanya soal buku,

kok bisa nerbitin buku?

kok bisa punya blog ?

kok bisa kepikiran bikin buku dari blog?

kok bisa gue ganteng ?

padahal sebenarnya nggak ada yang namanya “iseng-iseng aja”. Semua udah gue niatin lama banget. Jago bener gue kalo cuman iseng-iseng aja bisa langsung bikin buku. Jadi kalo kalian punya temen penulis dan pas ditanya kok bisa bikin buku dan dia cuman jawab sambil nyengir dan berkata “iseng-iseng aja” itu bohong banget nyet, sumpah deh.

Gue hampir dibuat strees sama naskah buku pertama gue. Semua waktu, gue pake buat nulis, mau di laptop, note HP sampe nulis-nulis random di pasir, untungnya naskah ini terbit kalo kaga mungkin gue bakal 1 ruangan sama caleg yang gagal di PEMILU.

Rasanya emang puas banget begitu liat buku udah ada di toko buku, dapat lumayan banyak mention dari pembaca, dimintain tanda tangan sama banyak orang, ahhh indah banget. Padahal jangankan dimintain tanda tangan sama banyak orang. 1 orang pun belom ada yang minta tanda-tangan gue, kecuali pengawas ujian waktu UAS kemaren.

Waktu seminggu setelah buku gue terbit di gramed Samarinda, gue di panggil kepala sekolah, di tanyaain pertanyaan yang gue tulis di atas, dan jawaban yang gue pake pun sama seperti apa yang gue tuliskan diatas.

Ujungnya kepala sekolah ngasih selamat dan minta buku gue 1 biji buat kenang-kenangan, berakhirlah pertemuan gue dengan kepala sekolah, nggak ada salam tempel atau semacamnya.

Tepat jam 2 siang setelah gue di panggil, gue ditelfon sama kepala sekolah, di suruh datang keruanganya lagi sambil bawa minyak urut, lahh ya enggaklah, dikira gue tukang pijat berkedok anak SMK apa, -__-

Sampe diruanganya (lagi) gue ketemu lagi sama wartawan yang sama, yang wawancarain gue pas menang lomba LKS dulu.

“ehh ketemu lagi” gue sok kaget ketemu wartawanya, padahal udah bosen.

“ohh ini lagi yang buat novel, hebat juga ya” ceritanya gue di puji.

Abis basa-basi dan kaget-kagetan yang sangat biasa ini. Gue di wawancarai soal buku pertama gue, mulai dari proses penulisan nakah, pengambilan judul cerita dan judul buku dll nya.

Sampe pada pertanyaan yang nggak ada nyambungnya sama buku.

“Ichsan udah punya pacar” gue di sodori pertanyaan neraka

“beee…..lum” gue jawab gagap

“nah, kalo gitu ntar pas lulus SMK, jadi asistent saya aja ya, udah bisa nulis novel, berarti gampang nulis berita tuh” dia nanya random abis.

“hahahaha, saya mau kuliah dulu mba, mungkin part time bisa, mungkin” gue jawab pasrah

Sampe sekarang gue nggak ngerti dimana kolerasi antara bikin buku, belum punya pacar dan mau di jadikan assitent wartawan, untung dia cewe, jadi namanya wartawati ya ?

Sebenarnya gue mau jabarin pertanyaan yang dikasih, soalnya dia sempet ngerekam waktu itu. Tapi gue takut berhubungan lagi, gue trauma dengan pertanyaan-pertanyaan aneh yang selanjutnya. Jadi gue milih buat nulis apa adanya aja dulu.

Abis selesai sesi wawancara. Saatnya gue difoto, ihiy, ini segmen yang paling gue tunggu. Gue mau pose pake gaya ayam sakit kena radiasi popok, tapi kata mba-mbanya jangan, ntar koranya nggak laku. Yaudah gue nurut.

Gue di foto bertiga, ada gue, bokap sama kepala sekolah. Kita bertiga udah kaya keluarga berencana, ada 2 orang tua dan 1 anak. Sayangnya orang tuanya cowo semua. LAH JADI GUE LAHIR LEWAT MANA ???

Harusnya Foto Bokap Ada Diseblah gue, tapi di crop, tuh tanganya aja yg keliatan, kasihan :((



Besoknya, gue lupa tanggal berapa, bokap datengin gue dan bawa Koran, tapi mukanya datar banget, biasanya do’I paling girang kalo gue masuk Koran, pas gue liat foto dikoranya, gue ngakak parahhh, kaga ada foto bokap gue, padahal kan difotonya bertiga. Ada gue, bokap, sama kepala sekolah. Lahh yg di terbitin cuman foto gue sama kepala sekolah aja. Foto bokap di crop, terkutuklah dia yg nge-crop.

Abis baca Koran itu muka bokap jadi asem banget, udah mau ngeksis di Koran tapi malah di crop. Ya nggak apa-apa lah, seengaknya anakmu udah wakilin nih masuk koranya. (:

Giliran gue yang baca koranya. Lahhh ini beritanya kok rada nggak nyambung sama apa yang udah di wawancarai ke gue. Judulnya oke lahhh, keren. Lahh judul kecil di bawahnya ini.

“Telah terbit di pulau Jawa dan Sumatera”

BUKU GUE TERBIT DI SELURUH INDONESIA WOY, dia tidak rasis dan nggak gigit, revisi beritanya, revisii. Gue ngomel…..dalam hati.

Ada lagi beberapa kalimat yang nggak sesuai dengan faktanya. Yahh tapi nggak papa deh intinya buku gue di promosiin gratis 1 hari.

Ohh iaaa, kalian udah beli ayam sakit belum? Kalo belum cepetan beli loh yaaa *krik krik krik*

Harusnya postingan ini udah terbit dari zaman SNMPTN belum sepopuler sekarang, tapi apalah daya Biksu suci masih aja belum nyampe ke barat, jadi postingan ini tertunda, *terus hubunganya sama biksu apa nyettt*

Gue kira hari itu adalah hari terakhir muka gue bisa mejeng sok ganteng di Koran, ehh ternyata enggak. Jadi beberapa hari yang lalu ada kaya acara kumpul2 blogger gitu di samarinda, gue di ajak ikutan sama si Kukuh, karena daftarya nggak bayar dan acaranya tentang makan-makan, gue pasti mau lah. Kapan lagi bisa makan gratis di SAMARINDA kalo nggak ada tahlilan men….

Yang mau baca cerita tentang blogger samarinda pada ngumpul itu klik disini aja deh.

Nah jadi ini penempakan gue di Koran bersama komunitas blogger Samarinda @dtepian.

Tetep, Promosi Buku Jalan Terus

Blogger samarinda kayaknya wajib gabung disini deh, ia wajib. oh ia kalo mau liat postingan pertama kali gue masuk koran bisa liat disini nih....

Yaudah, akhirnya gue ngetik ending juga, sekarang gue lagi ujian Kompetensi nih, gue bikin projek Media pembelajaran Interaktif pake software autoplay, detailnya ntar gue posting sendiri deh, jum’at ini gue mau presentasiin itu lohh :O doain semoga sukses ya, terus pengawasnya nggak se-killer papanya mantan. Ahhhh sampai jumpahhh…..

yang mau baca tulisanya dengan jelas, bisa download gambar JPEG nya disini 1, 2

34 comments:

  1. Masuk koran lagi?
    Ceileh.
    Semangat untuk ujian dan proses pembuatan karya selanjutnya ya.
    Btw aku penasaran ma media pembelajaran dgn software autoplay bikinan ichsan :-)
    Ditunggu postingannya di blog.

    Diminta jd asisten wartawati asalkan part time, trima aja.
    Itu bisa mendukung ichsan sbg blogger dan eksistensi dalam berkarya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn, doain LULUS UN yakkk :D
      siip, ntar postingan soal UJian Kompetensinya segera nyusul.

      Delete
  2. Masuk koran aja udah berkali-kali gitu. Kenapa hati masih kosong juga, san?

    Bapak kamu itu dongkol banget pasti.
    Ngenes men.
    Aku yakin pun dia beli koran cuma pengen liat hasil fotonya, eh begitu beli malah di crop.
    Udeeeh ngeneeees.

    ReplyDelete
    Replies
    1. itulah pertanyaan terbesar yg sampe sekarang belum terpecahkan >_<

      udah nggak bisa di gambarin lagi mah dia ngenesnya , kasihan

      Delete
  3. Nanti kalo (big amin) buku gue terbit mau bilang gitu juga ah, iseng-iseng aja. Keren banget kali yaa. Yah kan jadi keingetan misi gagal pengen nerbitin buku dulu. Awalnya karena pgn foto sama pak kepsek di depan lapangan upacara diliatin seluruh siswa terus fotonya dipajang di depan tembok pas masuk:( *ini kok curhat*

    Etapi keren banget San. Cuma sayang aja ya masih jomblo. Jangan lupa produktif. Buat lagi buku kedua, ketiga, dan seterusnya. Akademiknya jangan diabaikan juga. *ini malah sok nasehatin*

    ReplyDelete
    Replies
    1. gue malah kebalikanya, males ahh di foto2 gitu kalo nggak ada duitnya wkwkwk, iya gue emnag matre, terus kenapa hah ?

      baik guru..

      Delete
  4. Wih, blogger samarinda komppak juga ya, sampe ada begituannya juga. Semoga ngga stuck di novel pertama aja. Harus ada kedua, ketiga, dst deeeh. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn harus lanjut. ke novel2 berikutnyaaa,

      Delete
  5. aaaak Ichsan, Anak SMK? aku ngefans ya *abaikan
    Well, ntar gueh cari bukunya! Moga abis baca nggak sakit kayak ayamnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaakkkkkk.....
      wajib di cariiii, ayo di beli terus di rebus ya, enak tuh

      Delete
  6. Ayam masuk koran lagi? Pantesan dicariin emaknya kaga ada kemairn. Hahaha. Selamat ya. Doain aja bulan depan dia wawancara kamu lagi, judulnya BUKU TERBIT DI SELURUH DUNIA:D

    Semangaaattt

    ReplyDelete
    Replies
    1. AMINNNN, doanya keren abissss, thx berat ahhh

      Delete
  7. lu kayak artis aja Yam masuk koran. lebih heboh dari berita dewi persik deh.
    kenapa kepala sekolah lu lebih cakep yak dari pada ayam.
    kasih tahu dong ukuran celana dalem kepala sekolahnya *modus
    hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorry setau gue do'i nggak pake celana dalam deh, ehh tapi nggak tau deh.
      *Ini Omongan Macam Apa Sih*

      Delete
  8. besok2 gue doain masuk koran lagi ya ...
    ada foto elu dengan tulisan 'Lagi, Pelajar SMK kedapatan mesum di warnet dengan sesama lelaki'

    amiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. sempak lo....guru macam apa yg doanya kaya gini, guru cabul nihh, tangkep aja

      Delete
  9. gue cuman bisa iba sama apak lo, cuman tangan doang yg nongol sedikit, padahal dah girang gitu liat korannya :') berarti novel lo total ada 3 sekarang. widih keren :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sukur tanganya nggak di crop abis bang wkwkw...
      haha iya 3 nih alhamdulillah

      Delete
  10. ahhh, lu keren bingiiiitttttt Yamm!! ah pokoknya keren dahh sampai bisa masuk koran..lo emang kerennn!! hahahaha...teruskanlah nak, aku yakin lo bisa jadi penulis keren someday..orang sekarang aja udah keren..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hitung ada berapa kata keren yang tertera di atas,.....

      Delete
  11. jiah..ihssan..udah lama gak mampir dimari..makin terkenal juga..
    di padang bukunya juga nyampe kok..saya ikutan beli juga..hehe

    sekarang udah masuk koran, semoga bisa masuk tivi juga..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn abis itu masuk mana lagi yaaak wkwkw

      Delete
  12. gaul banget deh kamu!!!

    selamat, sukses bikin gue iriiiiii!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo bikin sesuatu biar isa masuk koran juga wkwkwk...
      asal jangan bikin bom aja tapi yaa

      Delete
  13. wah selamat yam lu masuk koran, untung lu masuknya bukan di bagian halaman kriminal :o wkwkk
    keren yam, lu udah eksis dimana aja. kapan" kalo masuk koran ajakin gua ya, paling ntar di crop juga kwkwkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. nahh tu lu udah tau juga bakal kena crop, peka banget ih

      Delete
  14. Yam, typo tuh tulisannya, seharusnya hampir tapi tulisannya hampri yam :P

    Postingan ini sukses banget bikin aku iri banget :(
    Someday, novel ku juga berjejer rapi digramedia. Amin :)
    Doain yam! Hehehe

    ReplyDelete
  15. haha.. klo gue jadi bapak lu pzt sma jg dongkolnya :D
    hebat sob, sukses trz ya dan kembangin juga kretativitasnya :)
    follback juga sob

    ReplyDelete
  16. Ye, ada nama palembangnya :)

    Makin ganteng aja lo yam, sukses terus pokoknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yaelahhh -___-
      ahh ue mah dari lahir udah ganteng bang, thx berat yoo

      Delete
  17. keren banget siiih ingin kayak gini jugaaa ih bikin iri deh.

    ReplyDelete
  18. Selamat ya. Moga aku juga bisa nyusul, hihi, tulisanku yang rajin dimuat koran. Malu ah kalau profilku yang masuk koran. Maksudku kelak aku juga bisa eksis, bukuku yang masuk koran. :)

    ReplyDelete
  19. Terus berkarya sobat
    salam kenal dan di tunggu kumbalnya....

    ReplyDelete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top