MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Wednesday, October 31, 2012

PRAKERIN OH PERAKERIN

Aaaaaaa gila. Rasanya lama banget gwe udah gak updete ini blog, sory sory. Maklum lah, calon pelajar sukses kaya gwe ini banyak banget kegiatanya. Mulai dari nguras sumur, ngangkatin jemuran, ngurusin balita. Sampe jadi tukang jagal *lohh. Gwe lagi sibuk persiapan buat PSG, atau PKL *bukan pedagang kaki lima* atau istilah yang lagi top di skolah gwe, PRAKERIN atau Praktek Kerja Industri. Nyari tempat PRAKERIN yang sesuai sama jurusan gwe itu susah banget. Ibarat nyari upil dalam hidung semut, *maksud loe*.

Emang lu skolah ngambil jurusan apa yam ? teknik perbudakan yah ? Atau usaha permucikarian ? atau yang paling ekstream, emhh Ilmu PERMESUMAN TINGKAT BINATANG.
            Kampret lu semua -,- gwe gak senista itu juga kali. Jurusan gwe dari namanya aja udah kedengeran keren, MM *bukan, bukan Manusia Milenium beroo* MM itu kepanjangan dari MULTI MEDIA. Yapsss bayangin jurusan yang gwe ambil MULTI MEDIA, tapi banyak diskriminasi yang terjadi dalam perjalanan gwe mencari tempat PRAKERIN. Anak-anak jurusan MM, gak boleh ngajuin PRAKERIN di kantor manapun, kalo lu coba ngajuin surat magang ke kantor,  dan minta persetujuan dari KAPROG (Kepala Program) lu bakal di hina dan di caci senista mungkin. Untungnya gwe gak pernah nyoba, *ngelus dada*.

            Beda banget sama 5 jurusan lain yang ada di skolah gwe. Mereka boleh magang di mana aja, dan KAPROG mereka pasti pada OK OK aja. Gwe jadi iri dan rasa penyesalan mulai timbul dari hati kecil ini. Kenapa dulu gwe ambil jurusan ini, knapa gak jurusan yang lain aja. Knapa ? knapa ? knapa?.

            Untungnya gwe gak sendirian mengalami cobaan hidup yang sangat berat ini. Layaknya power rangers, gwe ber 5 selalu tegar dalam menghadapi semua monster yang berusaha menguasai bumi *salah fokus*. Dari panas yang sangat aduhay sampe hujan air yang sangat ekstream, kita ber 5 selalu pergi bersama untuk mencari tempat prakerin yang pas. Sampe di suatu waktu guru yang paling sering kita dengar nasehatnya, nyuruh kita buat berpisah. Kita menolaknya, tapi apa daya keadaan yang memaksa. *Ini kenapa jadi curhat cerita sedih*.

            Ada 2 opsi yang di ajukan guru gwe, 1.KALTIM POST (Kalimantan Timur Post) atau 2. SAPOS (Samarinda Pos). Dari namanya udah keliatan kalo kaltim post ini percetakan surat kabar terbesar yang ada di kaltim. Kita bisa lihat dari tagline nya “KALTIM POST. Harian pagi terbesar dan pertama di Kalimanta timur”. Beda banget ama Sapos, sampe hari ini aja gwe gak tau apa tagline mereka.  kita ber 5 mau sama-sama magang di Kaltim Post . Tapi itu gak mungkin *kemudian nangis di pojokan* kita harus realistis, kalo sebuah percetakan besar pun gak mungkin mau menerima magang 5 anak SMK sekaligus It’s impossible men.

            Akhirnya agar impas berbagi tempat, di fix kan lah sebuah keputusan. Karna kita ber 5, tiga orang akan mencoba di Kaltim pos, dan 2 sisanya akan mencoba di Sapos. Layaknya arisan ibu-ibu PKK, buat nentuin hal begini aja naluri ke Ibuan kita harus ikut berperan. Tulis nama Kapos 3 kertas dan nama Sapos 2 kertas, yeahhhhh kita milihnya dalam keadaan mata tertutup. Gwe sempet mikir ini mau main debus banten atau arisan ababil. Semua muka temen gwe serius banget, mungkin kalo gwe boleh nebak, dalam kepala mereka udah ngigo nyebut-nyebut nama Kapos, *sambil goyang dolpin bareng inul*

            Yeahhhh, tibalah, detik-detik pencabutan nyawa *bukan-bukan* 2 teman gwe udah ngambil kertas, dan ajaibnya mereka ber2 dapat di kapos. 3 orang yang lain, termasuk gwe, saling lirik, penuh aroma persaingan, kalo bisa survival, dan saling bunuh-bunuhan, mungkin ini udah terjadi. Orang ke 3 yang ngambil kertas adalah gwe, tett tott tettt tottt teeeett. Gwe ambil tu kertas, gwe buka, gwe liat kata terakhirnya. Iya kata terakhirnya adalah ‘post’. Ajibbbbb selamat tinggal bro gwe bakal masuk di kapos ni, gwe bakal di kaposss. Blassss gwe buka semua tu kertas, ANJIRRRR!!!! Gwe di Sapos. Rasanya jantung gwe berhenti berdetak  sejenak, gwe gak percaya, ternyata, tumbal pertama yang masuk Sapos adalh gwe. Seminim itu kah tingkat keberuntungan gwe.

            Temen gwe yang 1 lagi, yang bakal ikut menjadi tumbal di sapos adalah Haris, teman sebangku gwe juga. Gwe gak tau ini sekedar kebetulan semata, karna  tingkat keberuntungan kita ber 2 yang sama-sama minim atau ini ada kaitanya dengan garis jodoh dan keturunan. Gwe semakin pesimis kalo bisa betah prakerin disana. Untungnya haris selelu ada di sebelah gwe dan memberi gwe energi yang positif. Setelah dy kasih gwe beberapa ucapan positif yang bikin gwe semangat, rasanya gwe pengen meluk haris, gengam tanganya bawain dia cincin kawin dan nikahin haris. Untungnya haris normal dan gwe juga normal, so itu gak mungkin terjadi.

            Sebenarnya guru gwe bilang, kita gak mungkin langsung di terima juga, karna secara teknis kita udah telat buat ngajuin surat magangnya. Pokoknya banyak banget pesan dari guru gwe ini sesaat sebelum kita ngantar surat permohonan magang ini. Dari sekian banyak kalimat yang di ucapkan, gwe cuman ingat kalimat terakhir, kalo gak salah guru gwe bilang gini “pokoknya kalo di terima ya alhamdulilah, jangan terlalu senang. Kalo gak di terima juga harus sabar, mungkin rezeki kalian bukan disana.” Walaupun pendek aja kalimat yang gwe ingat, se engaknya itu udah cukup buat ngasih penjelasan, saat salah satu dari kita bakal di tolak nanti.

            Kebetulan kantos Kaltim Post dan Sapos ini seblahan doang. Jadi pas ngantar ini surat permohonan buat magang, kita tetap bareng. Begitu Sampe di parkiran baru lah kita misah. Kita berpisah untuk menentukan jalan hidup yang berbeda. Kita gak bisa selalu sama-sama guys. Maaf kalo salah satu dari kita bakal ada yang kecewa. *Ini cerita kok makin bikin galau aja sih ahh*.

            Gwe dan haris lewat pintu sampingnya Sapos, karna kebetulan pintu utamanya lagi di renovasi. Waktu masuk ruanganya, gwe kayak nyaman aja, soalnya ada AC dan kursinya empuk, gwe berharap mungkin di dalam ada kulkas yang menyimpan 18.000 ton emas Magnum *korban iklan*. Kita ngomong-ngomong sebentar, sama orang yag ada didalam. Gak berapa lama dy nelfon seseorang, dan akhirnya keluar sebuah pernyataan dari ini orang. Dy bilang. Sebelum dy ngomong rasanya jantung gwe udah joget poco-poco aja. Untungnya ruanganya ber AC, jadi keringet gwe yang sebesar biji jagung ini, gak jatoh dan mengotori lantai. Eaaa eaaaa

            Sebelum jantung gwe copot untuk yang ke 2 kalinya orang yg tadi pun bilang, kalo dy gak bisa mutuskan kita bisa magang disana atau belum. Karna orang yang berhak menentukan itu lagi cuti. Gaktau cuti apa, pikiran gwe udah jelek aja, cuti kematian mungkin. Atau cuti melahirkan, atau cuti paramidha *itu cici paramidha yam -_-*.

            Berbeda kasus dengan 3 orang teme gwe yang ada di Kaltim Post. Kalo gwe dan haris nasibnya masih gantung dan belum ada kepastian. Mereka ber 3 harus rela menelan pil ke upilan *pil kepahitan yam, ke pa hi tan*. Katanya orang yang ngelayanin mereka, gak banyak bicara, cwe-cwe, 2 orang, dewasa, belum menikah, golongan darah ab, o . mungkin ? begitu ngeliat suratnya dan baca tanggal magangnya. 3 orang temen gwe ini langsung di tolak masak-masak hahahaha. Rasanya gwe pengen ketawa sambil nari saman terus goyang gayung di depan itu mba-mba. Tapi gak enak sama trio macan temen gwe ini. Niat biadab itu pun gwe batalkan.

            Muka mereka ber 3 sedih banget, gwe gak tega ngeliatnya. Tapi seengaknya mereka udah tau keputusan yang mereka dapat apa. Bereda dengan gwe dan haris, yang harus menelan pil pencarah perut. Karna nasib kita masih gantung. Gwe dan haris mencoba menenagkan trio macan ini, dengan berkata mirip guru gwe tadi “kalo kita gak di terima disini, mungkin rezeki kita bukan disini.” Biar tambah keren gwe tambahin lagi dengan ngomong kaya pak Mario.
“sesengguhnya penolakan sepele mereka hari ini adalah, rancana penyesalan terbesar mereka di masa depan. Karna telah menyia-nyiakan 3 anak berbakat seperti kalian. Itu”

34 comments:

  1. Mantep banget tuh quotenya : “kalo kita gak di terima disini, mungkin rezeki kita bukan disini.”

    Keep writing kawan, tetap semangat dan berusaha lebih keras lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaa, gwe juga sadar quotenya mantep, lebih manteb quotenya malah dari yang ngomong :(

      okee kawannnn

      Delete
  2. bhahahahahahak
    gua ngga tau harus ikut sedih apa ketawa apa gimana -_-"
    eh, gua juga udah ngajuin surat ke UPY buat prakerin disana, tapi ditolak, terus ke UMY , tapi masih digantung sampe sekarang...
    sekarang gua tau rasanya hati yang lama nggak dikasih kepastian itu nyeseknya kayak apah #KemudianGalau

    semangat terus yah Ayaaaammm :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kampret lu ka, huiuuuuuu
      hahahah, kapok lu, di tolak juga kan, di skolah gwe TKJ malah gpp loh di kantor, aneh bgt -_-

      pastiiii harus semangta dong gweee

      Delete
  3. iyaa nih emang lama banget gak nongol, sampe kangen getohh...
    ohohooo :D

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. hahhaha, iyaaa semoga gwe bisa di terima lagi deh , amennnn

      Delete
  5. Replies
    1. kan udah gwe kasih tau diatas, wahhhhh kethuan gak baca nihhhh, adohhhh X@

      Delete
  6. bener sekarang menolak dan suatu saat terisak-isak beneran .........

    ReplyDelete
    Replies
    1. iaaa, bener-bener. terisak-isak itu, nangis tapi pake gaya lebay ya bang, iya kann

      Delete
  7. gue juga pernah digantung menjelang prakerin
    H-1 padahal :') galau maksimal -__--
    semangat yam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. rasanya asem banget kan bang, kaya makan terasi tapi di campur peresan air ketek xd

      Delete
  8. pantes nih ayam ga keliatan nongol, ternyata lg ngurusin prakerin .
    gua doain yg terbaik buat lu yam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nihh, uuuuu.
      makasih loh udah di doain, gwe janji kalo ntar dapat tempet prakerin yang ada wi-fi nya gwe bakal, rajin kaya dulu lagi deh heheheh Xd

      Delete
  9. akhirnya lu nongol juga yam! :)
    wew lu anak MM juga. kita sama :))
    cari tempat magang emang susah yam. banyak penolakannya. dan musti muter2 nyari tempat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh bang yogha anak MM juga yahh,,
      iyaaa tapi skolah gwe aneh nih, pokoknya ank MM gak boleh magagng di kantor, wuuuuu, gak adil bgt lohh

      Delete
  10. waaah thanks san udah sportif sama bubuhan kita bertiga :D
    walau kmuu hampir nari saman wkwkwk :D, tapi gk papa lah Koran Kaltim masih menunggu hehehe....

    Ikutan aku yok ke Koran Kaltim :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah, gwe pasti sportif yuu tenang waeee :D Xd

      tunggu kabar dari sapos dulu, baruu

      Delete
  11. saya baru sempat bisa follow blog anda, (wifie lagi cepet hehe) salam kenal salam blogger energi .... follbeck ea ea ea

    ReplyDelete
    Replies
    1. okeee bang, meluncur ke blog anda sekarang

      Delete
  12. weeh... anak MM, asoyy :D
    sabar yam, emang biasa kayak gitu di pandang sebelah mata, gue juga pernah ngalamin, ntr ujung2nya nyesel mereka yg udah nolak itu..

    Welcome to blogging :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheheh, emang se asoy itu ya nyol kalo anak MM

      ini gwe udah mencoba buat sabar nyol :s

      Delete
  13. Hahaha. kasian temen Lu yam, langsung ditolak mentah mentah .
    T_T ..sEmoga elu kaga bernasib yang sama Yam... \o/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa, mungkin tingkat keberuntungan mereka masih di bawah gwe wkwkwkwk

      amin yaoloh amin

      Delete
  14. smga lw gak lama2 digantung,ya yam..apapun kputusannya lw harus kuat yam..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn. gwe bakal mencoba untuk kuat dan tegar. setegar batu giok, #ceileh

      Delete
  15. Selamat mencari tempat maggang Yam semoga gak kapok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. okee okee. tunggu di post gwe selanjutnya yaaa.

      Delete
  16. waktu prakerin udah disuruh-suruh doanq deh gue, tpi ngebikin gue jadi mandiiri ^_^
    meskipun gak di gaji , ya lagian cuma prakerin.. praktek kerja industri.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhh, gpp lah mba, hitung-hitung buat pengalaman heheheh.

      ksian bgt ya ngak di gaji. semoga nasib gwe gak kaya mba miz ini hahhaahahah.

      Delete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top