MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Wednesday, February 20, 2013

Magang Itu Asik

Gue adalah orang yang paling kaku soal buat opening dalam ngebuka sebuah cerita. Menurut gue ngebuat opening itu lebih sulit dari nahan boker 3 minggu. Membutuhkan perjuangan, kucuran keringat dan lobang pantat yang dahsyat. Maka dari itu gue biasa semedi di WC dulu kalo setiap mau buat opening. Ehh gak sengaja baru aja gue udah berhasil ngebuat opening. Berarti sekarang gue udah bisa nahan boker 3 minggu ya. 

Oke opening di atas mungkin terlalu absurd. Jadi mari kita tinggalkan. Akhirnya gue bisa nulis lagi. Nulis dengan suasana yang berbeda. Ternyata gue membutuhkan waktu sekitar 1 bulan untuk penyesuaian ini. Seprti yang gue ceritaain di post sebelumnya. Kalo sekarang gue lagi magang. Dan itu artinya gue gak di sekolah. Yaiyalah bego banget sehhh. 

Di tempat magang, gue masih bersama 2 orang temen gue. Ada Haris dan Ray. Gue berharap di kantor tempat kita magang ntar, gak ada tambahan anak magang lagi. Ehhh ternyata udah ada. 3 orang. Cowo pula. Mengecewakan sekali.

Mereka ber 3 dari SMK Airlangga. Seblahan sama sekolah gue sih, cuman mereka swasta gue negri. Mereka bayar spp mahal, kita bayar spp murah. Mereka punya kantin, kita gak punya *ehh Curhat. 

Nama mereka ber3 gue masih lupa. Ntar aja kita bahas kalo gue udah ingat. Pokoknya badan mereka lebih gede-gede dari gue , Haris dan Ray. Tau gak ? pantatnya si Ray yang segede galon 1200L aja kalah sama anak-anak Airlangga. Ini membuktikan bahwa, kalo sekolah yang punya kantin anak-anaknya pasti bakal 4 sehat 5 sempurna. Dan sekolah yang gak punya kantin. Anak-anaknya pasti bakal 4 sakit 5 sempuyengan. Sedih memang. 


Sekarang gue mau ceritain pengalaman gue magang selama semwindu. Ehh gak sebulan maksudnya. Sebulan magang di sapos itu asik banget, seru juga. Dan yang bikin lebih asik adalah gue masuknya bukan jam 8 pagi seperti anak magang pada umumnya huahahaha *merdeka*. 

Gue masuk jam 3 sore, pulang jam 8. Itu jam wajib kerja gue. Tapi kalo gue mau di kantor sampe jam 3 subuh juga gak papa sih kata mas-nya. Yang penting tugas selesai. Kita bisa pulang kapan aja. Hah hah asik gak tu.asik ngak ?
Sebelumnya gue jelasin dulu, ngapain aja gue di kantor ? siapa pembimbing gue ? dan apa enaknya magang di Sapos ?

Ngapain aja Gue Dikantor ?
Biasalah, kerja gue di kantor, cuman duduk-duduk. Dan nunggu gaji turun, huahahahah. Ya gak lah, karna gue sekolah di SMK jurusan MM. Gue di tempatin di bagian Iklan. Bagian Iklan itu semacam tempatnya iklan-iklan pada mejeng dan duduk manis di koran. Iklan juga macam-macam tergantung pesanan. Yang gue tau dan udah pernah gue kerjain sih. Iklan Jasa, Iklan Ucapan. Iklan ucapan juga di bagi lagi. Ada yang bentuknya BERBELASUNGKAWA berarti iklan ucapan kematian. Ada juga iklan yang SELAMAT berarti iklan ucapan keberhasilan, atau yang lain. Ada juga iklan lowongan. Iklan lowongan sebenarnya ilan paling gampang. Tapi gue bikin ribet. Dan hasilnya iklan lowongan buatan gue gak jadi terbit. Kampret. 

Sebenarnya masalah nge-disain iklan atau ngebuat iklan itu bukan hal yang baru buat gue. Kalo ngerjainya di POTOSHOP. Masalahnya adalah disana gak pake potoshop. Tapi pake CORELDRAW. Dan gue sama sekali gak ngerti sama corel. Jadi kata mas-mas pembimbingnya gue dan 5 orang anak magang tadi bakal di ajarin corel selama seminggu dulu lah. Abis itu baru kita di kasih proyek iklan yang beneran. Kalo udaj jago corelnya. 

Ini beberapa desain iklan gue yang di buat pake corel. Ada iklan jasa, ucapan, dan lowongan. Plis jangan muntah, gue masih amatir banget soalnya sama corel.....










Terbitttttttt....

Terbitttttttt....


Keterangan :  - Iklan yang hitam putih itu namanya iklan BW (Black-White)... jadi emang sengaja gak pake warna... biar irit tinta kali ya hahahah
- Iklan Yang ada kata Terbit di bawahnya brarti udah diterbitin di Sapos tuhhh....mueheheheh....baru 2 sih tapi ya gpp lah, daripada gak sama sekali....

Tolong jangan di ketawain Semua Desain iklan buatan gue ini yahh... tolong....gue masih amatir bahkan gak tau banget soal CORELDRAW... makanya ancur-ancuran gitu -_____-

Siapa Pembimbing Gue ?
Kebetulan pembimbing gue ada 200 orang. hahaha ya gak lah. Emang mau tahlilan. Pembimbing gue cuman 2 orang.  Mas Nanda dan Mas Alif.  Mari kita bahas mereka 1 per satu. 

Mas Nanda, orangnya masih muda sih kayankanya, kalo gue tebak umurnya 220thn. Halahhhh 22 thn maksudnya. Mas nanda ini khusus ngajarin kita soal desain di Corel. Pokoknya tiap hari ada aja iklan yang harus kita desain. Dan harus pake corel dulu. Ntar kalo corelnya udah jago. Baru lanjut di Potoshop. Mas Nanda ini juga kerja di Sapos, dan di bagian iklan. Doi emang kerjanya ngedesain setiap iklan baru yang masuk. Kerjanya cepat banget, klak-klik-klak-klik. Jadi iklan. Nah gue, mesti semdi 3 jam dulu baru bisa bikin iklan .Yang Ternyata gak terbit juga wuuuuuuu. 

Mas Nanda bilang, kalo semua hasil design yang udah kita buat jangan di hapus. Soalnya itu bakal di print dan bakal jadi bukti kalo selama kita magang di sana kita bener-bener ada kerjaan. Gak Cuma foto copy sama bikin kopi. Doang. Keren bukan huahahahah. 

Mas Alief, gue masih bingung nih nulis namanya mas Alief. Pake huruf ‘E’ atau gak ? tapi karna mas alif masih muda juga, umurnya mungkin sekitar 28-31 thun. Jadi gue panggil mas alief pake ‘E’. Mas alief beda sama mas nanda. Bukan cuman kerjaanya yang beda, umur, muka, dan ukuran sepatu mereka juga beda pastinya. Baiklah. Mas alief ini khusus bagian iklan mungil di koran. Doi datngnya pun malem, sekitar jam 7. Habis maghrib lah. 

Kalo kalian sering buka koran, dan ngeliat iklan-iklan lowongan mungil. Nah itu dia kerjaanya mas alief. Masukin iklan mungil baru, perpanjang, sama hapus. Kalo di SAPOS. Iklan mungilnya ada di halaman 18, 19, 20. Itu juga masih di bagi-bagi. Halaman 18 khusus buat iklan mungil seputar LOWONGAN, JASA, KEHILANGAN. Kalo halaman 19 biasanya khusu properti kaya RUMAH DI JUAL, MOBIL DI JUAL. Dan sisanya di taro di halaman 20. Yang gitu-gitu deh pokoknya. 

Dari 6 orang yang magang di sana, yang paling sering kebagian buat bantuin kerjaanya mas Alief adalah gue -___-. Kenapa karna waktu pertama masuk, cuman gue yang di suruh merhatiin cara kerjanya mas alief. Kalo di liat-liat sih kerjaanya lebih gampang dari ngedesain iklan. Cuman pas lu yang ngerjain, pasti bakal berasa juga susahnya. Dan kalo gak ngerti. Terpaksa gue harus nanya. nanya dan nanya terus. Sampa mas Alief puber,. Hauahahahah. 

Nah itu tadi 2 pembimbing gue. semuanya baik dan mau ngajarin kita. Semoga ini bertahan sampe 3 bulan kedepan ya sodara-sodara.
Apa Enaknya Magang di Sapos ?
Kalo gue Pribadi sih, ngerasa enak dan nyaman aja di sana. Gak tau 5 orang temen gue yang lain. Pertama jam masuknya enak. Dari jam 3 sampe jam 8. Lepas dari jam 8 kita bisa internetan sepuasnya. Asalkan kerjaan yang di kasih udah fix semua. Oiya. Gue baru tau kalo kerja di surat kabar itu harus serba on time semua. Karna kalo gak, kerjaan bisa numpuk. Kenapa ? karna di sana sistem kerjanya estafet. Dan semua komputer yang ad di sana udah di jadiin LAN. Jadi semua file kerja di simpan di BANKDATA. Dan bankdata itu ada di semua komputer. Jadi misalkan desain harus selesai jam 7 malam. Ya harus selesai, karna desain itu bakal langsung di eksekusi sama bagian layout. Bagian layout nunggu kiriman dari ilustrator. Trus di kerjain lagi. Udah fix semua. File di terima sama bagian pemasaran. Pemasaran ngasih ke team percetakan. Baru koran di terbitin besoknya. 

Jadi sebenarnya kerja di bagian surat kabar / periklanan / advertising ini udah kaya peramal aja loh. Kenapa ? karna misal hari ini tanggal 15. Tapi kita udah ngerjain iklan buat tanggal 16, hahahah keren kan. Kan kan. 

Masih banyak sih yang mau gue ceritain cuman gue simpen dulu deh. Mungkin blog ini bakal di updete seminggu sekali. Buat nyeritain kegiatan + pengalaman gue selama magang di Sapos. Doain Desain buatan gue banyak yang terbit di koran ya. Dan Nilai magang gue bagus. Oke okeeeee. Babay ^^^

62 comments:

  1. Megang itu asik ya.. \m/
    Baru tau sistem kerjanya pake bankdata.

    kalo udah gajian isikan mama mita pulsa yang ada di kantor polisi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget.....
      iaaa bro,biar semua kerjaan bisa di liat sama semua komputer...

      hahahahhaah ada2 ajeee

      Delete
  2. postingan yg menambah pengalaman g langsung, makasih gan.
    mampir ke blog ana ya?
    hehe, join with me

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh,,, makasih gan...

      okee okeee... lgsung ke TKP

      Delete
  3. seru sekaliii..

    btw, mantaaaap.. kerjaannya mirip2 sama kerjaan suami saya, design2 pesenan orang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhhh gitu yaaa. baru tau gueee.... udah punya suami heheheh

      Delete
  4. Enak tuh jam kerjanya masuk jam 3.. :D hehe
    Ternyata banyak juga iklan yang sudah kamu buat .. Mantap deh magangnya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak banget malah heheheh... :D

      iaa alhamdulilahhh... tapi yang terbit baru 2 :(

      Delete
  5. Replies
    1. wahh masih amatir bro... blum bisa ngajarin mungkin hehehe

      Delete
  6. keren , tapi masalah nya kok iklan pijat urut ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah namanya juga iklan jasa Nen,,,, ya bisa apa aja.....

      Delete
  7. Ini kerjanya mirip mirip desain grafis ya ? :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. yahhh emang itu kerjaan gue bro heheheheh

      Delete
  8. walau yang terbit baru 2 yang penting udah ada yang terbit daripada nggak ada sama sekali :D
    Lumayan sih iklannya , kayak di koran koran

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener tuhh setuju gue hehehehe.....

      koran apa nihh... koran rusak wkwkkww

      Delete
  9. haha, kalo baca cerita lu gue jadi pengen cepet-cepet maret, trus magang deh :D

    btw, itu disainnya udah keren-keren kok (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah ntar lu bakal ngerasain juga ka... santai aja, biarkan berjalan pada waktunya heheheh....

      itu masih amatir banget lohh -___-

      Delete
  10. desainnya keren kok, yam.
    dulu pas aku magang (tapi beda jurusan) juga asik, kita main PES sampe sore :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih bang heheheh....
      hahahaha,, asik banget mah itu namanya.... dulu udah ada PES ya bang wkwkwk

      Delete
  11. selamat ya yam...
    kini magang lo berbuah hasil yang manis :D
    perjuangan buat magang jadi gak sia-sia nih hhe
    *mencoba mengingatkan yang lalu-lalu*

    *sluppp*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehehe makasih bang ....
      iaaa kalo ingat perjuangan buat ngelamardisini dulu, jadi ngerasa puas aja... hehehe

      Delete
  12. lumayan kok hasil kerjanya.. Cukup bagus buat orang pemula yg baru belajar Corel.. Tetep semangat yah sob!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahah iaaa oke, makasih sob...harus semangat dah ini hehehe

      Delete
  13. asiiikk banget, keren keren juga hasil karya lu, semoga ntar diharapkan untuk kerja setelah tamat disana, jadi gak cuma berhenti sampai magang diang >_<

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheh Makasih mba Iva yangcetar wkwkwkw....aminn aminn. gue juga berharap gitu sih heheheh....
      makasih buat doanya yaa

      Delete
  14. bentar-bentar, untuk iklan yang pertama gimana tu? gak wwangi duit balik? hahaha
    terus untuk mengetahui standart kewangian apa ada ukurannya?

    kemudian, yang kedua lu jurusan MM, itu marketing manajemen kah?

    Oy, selamat ya udah dapet kenalan 3 cowok baru, btw lu suka yang mana? hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah kan namanya parfume pasti wangi mba. jadi gk mungkin ada yg protes, betul tidakk heheheh...

      MM itu MULTIMEDIA -_____- BUKAN MARKETING MANAJEMEN....

      gue binggung mau jwab apa...

      Delete
  15. hayy ayam... apakabar? hehehe...
    di doain banget biar desainnya terbit di koran terus nilai magangnya bagus, semangaaat....
    oh iya ada award buat ayam, silahkan diambil :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayy juga mba dee heheheh >>>:D

      wiiii aminn semoga doanya di kabulin, kalo doa baik mah pasti di kabulin tuh heheheh....
      okeeeeee award udah mejeng di sini mba hehehehe

      Delete
  16. Hahahahaha... itu magang lumayan baut pengalaman dan starting buat kalau nggak magang lagi... TOP masbroh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. baut apa mas broh... hahahahah.... siippp bener juga tuhhh

      Delete
  17. ada beberapa pertanyaan buat kamu yam:

    1. masa sih disekolahu gak ada kantinnya? ciyus? enelan?miapah? #plaaak
    2. kamu tuh sbenarnya merendah atau gmna sih? jelas2 desainnya bagus banget gitu, aku aja takjub.. ckckckck
    3. yg bener km ga bisa corel? tapi sotosop ahli? akh mencuriakan, kyaknya km udah master deh
    4. salam buat mas alief n mas nanda ya hahaha
    5. mg terbit semua tuh desain iklanmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1. Ia 3 bln lalu gak ada. tapi skarang udah ada sih heheh..
      2. hahahahah kalo bagusnya gitu gak bagusnya gimana mei....
      3. gak bisa, bener-bener buta gue sama corel ? kalo sotoshop lumayan lah.... master apaan -____-
      4. okeee ntar gue salamin....
      5. aminnnnn...

      Delete
    2. Hhahahhaahaa

      bingung mau balas apa.. moga lancar deh semuanya
      n mg aku yg menang GAnya (salah fokus) hehe

      Delete
    3. hahahahah aminnn.... yah dia ngerayuuuu....

      Delete
  18. Mas, kayaknya saya salah masuk blog deh..
    Tadinya mau masuk blognya si Ichsan..
    Kok jadi masuk blog yang banyak iklan korannya gini sih?
    Mas kenal Ichsan nggak?
    Itu lho yang anaknya selebor, jarang mandi, dan suka guling-guling di jalan..
    Udah gitu katanya sekolahnya nggak punya kantin, pantes Ichsan kurus :( Kasian Mas, dia menderita :(
    Mas nggak kenal ya? Bilang kek dari tadi!
    Saya pergi dulu.. Bye!

    ReplyDelete
    Replies
    1. -_____- entah gue harus balas komen ini pake ngomong apa paaa....
      pokoknya lu kampret dahhhh

      Delete
  19. Itu yang desainn BW bukannya yang di koran itu ya? keren tuh, gue suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia bang, emangbuat di koran itu heheheh>>> wah makasih hehehe

      Delete
  20. wah, kayaknya asik tuh.. :D
    designya udh lumayan banget tuh kalau untuk pemula.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget dah mba bukan asik lagi hehehe
      heheheh makasih mbaa,,,

      Delete
  21. kereeeeeeeeeeen....kalau bahasa alay temenku
    keren beudz

    asli keren..magang kerja beginianm mah seneng banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha temen lu atau lu tu bang yang bilang wkwkwkw....

      ia bang. emang tempat magang kaya gini yang gue dambakan hehehe

      Delete
  22. biarpun bilangnya masih awam, tetep aje itu udah termasuk kereeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ahhh gak mba, itu emang masih awam banget gue nya,,,, udah bisa bikin aja alhamdulilah heheheh

      Delete
  23. supah gan itu desain kren lho gan. sip bener

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhhh masa gan,,, makasaih loh hehehehehe

      Delete
  24. ane dulu pas SMK magangnya nyerpis komputer. bikin desain terus berooh.. entar juga terbiasa pake corel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah ia brohh ini juga udh mulai biasa kok. corel juga asik ternyata heheheh

      Delete
  25. mantab lah sambil nyelem minum air.. magang sekaligus belajar sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahah bener sob. emang itu yang gue cari hehehe

      Delete
  26. Keren ya.. Udah magang.. Nah saya masih mabok buku soal =(
    semangat terus ya, magang nya! :bye:

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha,,, okeee okeee, buku soal di makan, makantuh bangku skolahan biar lebih keren wkwkwkwk

      Delete
  27. udah nyoba buat iklannya pake GIMP sama Inkscape gak? keren jg loh, gak kalah sama sotosop dan corel draw

    ReplyDelete
    Replies
    1. wwahh belum mas. saya malah baru dengar software ituuu....

      Delete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni

Back to top