MULAILAH TERTAWA SEBELUM KALIAN PUBER

Magang dan Sosial Media

Howayyyyy, ih gila ya. Udah umur 21 tahun. Udah ngeblog 6 tahun opening blog masih gini-gini aja, nggak ada kemajuan. Dasar gue ganteng.

Yha,

Dan jokesnya pun masih gitu-gitu aja.

Kalo gue awali postingan ini dengan kalimat “bingung nih mau posting apa” kira-kira akan menimbulkan reflek apa ya dari netizen?

Bulan July ini gue belum ada posting satu tulisan pun, loh. Parah. Selain sibuk magang gue juga bingung, apa lagi dari diri gue ini yang bisa diceritain. Kayaknya semua berjalan gitu-gitu aja. Nggak ada yang begitu wah dan membuat netizen bertanya-tanya:

“ihh, Ichsan ngapain tuh.”

“ihh, Ichsan bikin apa tuh.”

Atau

“ih, Ichsan kena kasus apa tuh.”

Gue nggak punya cerita-cerita yang bisa mendatangkan klik bait juga buat blog ini. Makanya hampir sebulan puasa posting dulu.

Bentar deh. Ini perasaan gue udah ngetik panjang banget, tapi di microsoft word kok baru keketik 150 kata. Apa-apaan ini. Ini pasti gara-gara Amar Zoni yang di tangkap polisi gegara pake narkoba. Wah parah emang nih.

Btw, kalian udah liat iklan ice cream yang di Youtube itu belum? Pas gue nonton iklan itu. Asli sih, gue bingung mau komentar apa. Jenis iklan begini nih yang bikin iklan mind blowing kayak iklan Ramayana yang sempat dapat pujian juga pas bulan puasa, jadi sedih.

Pasti Agency Ramayan kesel tuh pas lihat iklan ice cream itu. Di kepala mereka mungkin isinya.

“bangsat, gue capek-capek mikirin cerita biar bisa twist dan nyari talent, sampe kalimat penutup yang patah. Ehh dia bikin iklan pake latar film kolosal Indonesia.  APA-APAAN NEH.”

Kayaknya agency iklan Ramayana nggak kayak gitu sih, yang begitu cuman ada di kepala gue doang.

Untuk isu-isu terbaru gue juga nggak terlalu update. Karena refrensi bacaan gue cuman line today, ya jadi info yang gue tahu ya gitu-gitu aja. Pretty Asmara ketangkap sebagi pengedar narkoba lah. Pacarnya awkarin bunuh diri juga, sampai yang paling menyita perhatian vocalis Lingkin Park tutup usia.

Waktu Chester Benington diketahui meninggal. Tiba-tiba muncul fenomena netizen Indonesia yang ngucapin Rest in peace atau selamat jalan atau turut berduka, gitu. Padahal gue yakin nggak semua dari mereka tahu siapa itu Chester Bennington.

Mereka ngucapin karena pengin kelihatan update aja. Pengin kelihatan ngerti. Nggak paham gue sama orang-orang kayak gini tuh. Contohnya begini nih:



Model netizen begini banyak banget berkeliaran di kehidupan kita. Cuman belum kebuka aja identitas aslinya. Yang sotoy padahal kagak ngerti. Yang berusaha membenarkan padahal kita nggak ada minta. Yang katanya sayang tapi ditinggal pas sayang-sayangnya.

Aneh-aneh lah emang netizen zaman sekarang. Karena fenomena kayak gini juga, gue jadi males terlalu aktif di sosial media. Gue ngetweet juga jarang. Facebook udah nggak pernah buka, youtube juga isinya gitu-gitu aja.

Mungkin ada yang mikir, main gue kurang jauh, atau refrensi gue nggak keren. Ya nggak papa sih, emang kenyataannya begitu juga. Maksud gue sekarang ini sosial media kayak jadi tempat yang nggak sehat aja, asik.

Rata-rata isinya isu negatif gitu nggak sih. Gue jadi parno soalnya. Takut salah ini atau salah itu di sosial media. Apalagi kalo kita ke-gep salah. Langsung banyak tuh hakim-hakim dadakan yang nge-judge seenaknya. Nggak ngerti masalah tapi ikut nimbrung aja.

Kenapa bisa gitu, sih?

Ya, semuaya kembali ke semangat pengin keliatan update dan tahu segalanya aja. Luar biasa kan netizen Indonesia.

Kayaknya gue kebanyakan opini doang nih. Lebih baik kita membahas hal-hal yang tidak penting lagi aja seperti biasanya.

Sekarang yang lagi rame apaan, sih. Gue nggak ngikutin begitu getol nih perkembangan yang terjadi di dunia maya. Waktu geu banyak kepake buat enjoying my life, darling. Eh, nggak ding becanda.

Ya ampun. Gue kayak buta banget gini mau nulis apa. Maafkanlah postingan ini ya teman-teman. Gue mau nutup postingan ini tapi baru 600 kata. Penulis macam apa yang baru dapat 600 kata sudah menutup postingannya. Emang ini artikel Line Today.

Gue cerita soal magang gue tapi tipis-tipis aja deh. Gue tadi bilang jarang main sosial media, karena selama magang, gue lebih sering main ke behance, pinterest, dribbble, dan website-website serupa gitu lah.

Kerjaan gue selama magang menuntut gue buat lebih sering membiasakan mata dengan konten-konten kayak beberapa situs Fake Taxi di atas yang gue sebutin.

Maka dari itu, gue jadi keasikan sendiri. Padahal waktu kuliah aktif gue jarang banget main-main ke website begituan. Sebenarnya kebiasaan main-main ke website yang designer banget gitu ada untung sama enggaknya.

Untungnya kita jadi punya banyak refrensi dan alternatif design yang baru atau yang lagi hype kayak gimana.

Kalo jeleknya, ya kerjaan kita lama-kelamaan akan mirip-mirip sama apa yang kita lihat di sana. Jadinya keorisinilannya mulai terkikis. Sedap nggak tuh bahasa gue.

Tapi semua balik lagi ke kita. Gue nyikapinnya kayak pas lagi main sosial media aja. Yang bagus-bagus dan yang bisa diketawain ya ketawain aja. Yang terlalu sensitif dan mungkin lebih baik kalo nggak dibecandain ya dipantau dari jauh aja. Nggak usah sok mendekat dan menjadi bagian dari itu. Main aman aja kalo bahasa Lebanonnya.

Selama magang sebenarnya gue banyak ngalmain kejadian lucu. Cuman ntah kenapa gue belom bisa aja share itu di blog. Ini semua gara-gara sosial media nih. Gue jadi takut nulisin hal-hal yang gue pengin tulisin.

Sekarang gue kalo mau nulis blog aja jadi mikirnya lama banget. Takut ini lah, itulah, nanti di giniin lah, nanti di gituuin lah. Aduh, udah mulai banyak nih sekat-sekat di kepala gue yang harus di jebol.

Rasanya pengin balik ke zaman awal ngeblog dulu aja. Kalo mau nulis ya nulis aja. Nggak usah mikirin apa-apa. Kalo ada yang suka ya syukur nggak ada ya nggak papa.

Tapi udah susah ya mau balik ke zaman begitu. Usia jadi kayak dinding pembatas norma-norma yang nggak boleh dilewatin. Kalo gue maksain diri buat tetap trobos pembatas itu berarti gue masih sama aja kayak dulu. Nggak ada perubahan, stuck.

Kalo gue nggak terobos, gue jadi kayak bukan diri gue lagi. Gue jadi orang lain nih. Mungkin malah jadi netizen-netizen nyebelin yang ada di luar sana.

Pokoknya gini deh. Postingan di bulan ini gue tandain aja sebagai postingan terburuk, yang nggak jelas isinya apa. Nanti semua kemalasan dan kejenuhan gue di bulan July ini, gue balas di bulan Agustus deh.

Mungkin segini dulu aja ya. Udah 1000 kata juga. Gue lanjut ngerjain tugas magang dulu dah, bye.

37 KOMENTAR

  1. magang dimana jadinya san? *pura pra tanya, biar sok akrab*

    deviantart udah ngga jaman ya buat dimasukin list web buat nyari referensi ala disainer? padahal jaman kuliah dulu, sama bapak dosen disuruhnya nyari referensi sama buat akun di itu web. *hoe! elu kuliah jaman kapan tahun? ini 2017 men wkwkwk

    iya e, aku baru tahu kalau nama vokalisnya linkin park kemaren pas lagi heboh-hebohnya hastag #RIPChesterBennington XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sebuah tempat nun jauh di sana huahahah.

      Deviantart keknya booming pas zaman gue transisi dari SMP ke SMK. setelah SMK bahkan jarang buka situs itu lagi hahaha.

      Nggak papa baru tahu tapi jujur, dari pada yang baru tahu tapi sok paling tahu, nah itu yang bahaya.

      Delete
  2. Hhhhhh aku menemukan banyak ke-typoan. Sunggu ke-typoan yg hqq~

    Papaan neh, gatau mau nulis apa tapi akhirnya udah posting sepanjang ini. Lah pakabar gue yang bener-bener gatau mau nulis apa sampe melongo depan ms word. Hahahah

    Semangat magang! Yeay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sengaja typo, biar di tegur kak Wulan, mehehehe.

      Terakhir gue cek, updatean blognya masih bulan Januari yak. Hihhh cupu.

      *tendang*

      Delete
  3. Jawaban dari pertanyaan yang ada di awal-awal postingan ini adalah....

    "REFLEK TAWA!"

    Nah iya nih setuju. Internet sekarang nggak sehat. Warganet pada sakit. Apa-apa dimasukin ke hati. Dan sekarang aku juga jadi kebanyakan mikir kalau mau nulis di blog. Nggak kayak dulu. Mungkin karena internet sudah tak seasik dulu :(

    BTW ITU KENAPA YA ADA SOAL FAKE TAXI WALAUPUN DICORET DAN ADA KALIMAT BAHASA LEBANON YANG PADAHAL ITU BAHASA INDONESIAAAAA..... KENAPA HARUS LEBANON COBA.... DASAR PEMUJA MIA KHALIFA!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. NGGAK USAH DI JAWAB, WOYY!!!

      Alhamdulilah deh kalo karea internet akhirya Icha bisa mikir, seneng ih dengernya :v

      Emang Lebanon kenapa sih (?)

      Delete
  4. Pejuang banget dah. Padahal di awal udah bilang gak mood nulis, eh dipaksain pelan2 udah jadi sepanjang ini. O_O

    Efek buruk kebebasan berpendapat dalam media sosial ya gitu. Org jadi mudah menilai. Belom lagi kalo yg menilai itu seleb, pengikutnya kutikutan menilai walo gatau apa yg dibicarakan.

    Behance ama deviantart kalo saya biasanya liat2 disain. Walo gak bisa ngikutin disainnya, paling nggak nambah kekaguman dan buka pikiran kalo ternyata bisa loh bikin disain yg begini dan begini.

    Perihal update berita, saya sarankan follow bang fandy dan aktifkan notifny di twitter. Voilaaa... kita sudah bisa mengetahuk kabar terkini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bangke banget Haw. :))

      Tapi iya sih, semenjak follow Fandhy, kita jadi tahu info yang sebetulnya nggak perlu kita tahu. Go follow him to see the entire world!

      Delete
    2. Sebuah saran yang sangat bangsat. :)))

      Delete
    3. Iya nih, untuk kembali eksis emang butuh perjuangan banget.

      Kan, terbukti kalo freedom speach nggak selamanya baik. Hmmm ternyata gue nggak sendirian.

      Boleh kita sudahi aja nggak pembahasan soal atlet volly ini.

      Delete
  5. Gini nih nulis lagi si Ayam. Ciri khas lu dalam nulis tetep masih ada yam.. yaitu typo. kwkwkkw

    Udah, nulis mah nulis aja. Kan nulis juga termasuk berkarya. Drpd kayak netizen yg berkarya melalu komentar hahha

    Widiih udah magang aja ternyata. Padahal gua msih inget lu nanya nanya seputar magang ke gua. Mantap mantapp ya. Lanjutkan!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, sebuah ciri yang khas. Bingung mau ciri khas apalagi, yaudah pertahnin typo aja makanya hahaha.

      Lalu netyzen membalas: Komentar = karya.

      BOOM.

      hahahahah, iya, akhirnya magang euy. Awalnya takut tapi lama-lama enak, eh maksudnya.

      Delete
  6. Pinterest gue masih tau, Behance nih baru denger. :(

    Komentarnya pada ngatain typo sebagai ciri khas. Haha. Baru kemarin dibahas ya, San, soal typo. Masih ada aja yang koreksi. Terus orang di bawahnya jadi ngebahas itu, kan. Tae. :)

    Ya udah gak apa, nanti lu tinggal balasnya pakai "jawab gue", ya! Muahahaha. (jokes internal anjir). XD

    Yowis, tetep nulis aja meskipun nggak jelas, San. Media sosial sekarang kan emang lagi kacau, apalagi Twitter banyak kebencian gitu. Nanti bulan Agustus baru deh cari crowd dan melebarkan sayap~ Wuhuuu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, itu semacam website-website tepat refrence anak desain lah yog. Masih banyak yang lain sih. Tapi mending lo jangan main ke sana. Kalo lo main ke sana gue main ke mana ?

      I TOLD YHAAAA.

      sebuah jokes yang sangat bangkai. Sudah hentikan.

      Delete
  7. Bingung dah
    Katanya lagi manggang
    Trus kenapa bawa bawa printer?

    ReplyDelete
  8. Ichsan di mana-mana typo, ya. Konsisten sekali Anda ini.

    ReplyDelete
  9. Malah nahan ketawa gara-gara "enyoying my life, darling". Lebih lucu dari aslinya. xD

    Yah, abis magang balik lagi ke Malang yak? Mantap sekali menjadi Aremania. Salam dari The Jak. (lho, ini apaan)

    Agak takut sekarang nih main sosmed. Kayaknya kalau sekadar punya dan jadi penonton bakal aman-aman aja deh. Hehehe. Kecuali kalau ada yang tetep ngomentarin, "Ah, nonton doang lu! Sini bayar!"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah, gue edit tapi Rob, gpp yak. biar lucunya pas baca komen ini aja hahaha.

      Salamelekum.

      Anak UNJ gini ya model jokesnya, hmmmm baiklah.

      *parah bawa-bawa almamater*

      Delete
  10. MANTAN PACAR AWKARIN ? asli ngakak :D

    Mau tahu kehebohan sosmed ? liat Lambe turah makanya #ceritanyasaleslambe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lambeturah mungkin buat anak instagram. Karena gue anak twitter mungkin refrensinya infotwitwor.

      Delete
  11. Katanya bingung mau bahas apa, tapi semuanya dibahas. Pendusta.

    Eh itu kaya gua tau, ga ngerti cester beningten iku sopo. Pas liat fotonya baru deh
    Ooh dia...

    Siapa ya?
    Tetep gak ngerti :(
    Makannya kemarin tida ikut gembar gembor belasungkawa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm, jadi gini....

      Adibah,sudah tinggal di Jakarta,Pekalongannya tolong di tanggalkan dulu, dong.

      Baguslah lu nggak masuk golonganorang-orang sotoy itu.

      Delete
  12. Mau komenin typonya tapi kayaknya udah banyak yang sadar. (((Ngalmain)))

    Anjer kayaknya berita lentudey bener2 sudah meracuni netizen2, emang sih pinter bgt lentudey nyari celah. Orang nunggu balasan chat akhirnya jadi scroll baca berita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baguslah lo nggak ikut-ikutan. Stop jadi netyzen yg menyebalkan, yog.

      Iy yak, lentudey nih emang, cari celah mulu. Parah.

      Delete
  13. wahhh udah magang nihh, asekk akhirnyaa :D

    ReplyDelete
  14. Pengen komen.. Tp bingung mo komen apaan yak..

    Gue jg kurang apdet sih sm info2 yg lg happening gtu. Mantannya awkarin yg mninggal aja gue kira si gaga. Trs chester jg gatau siapa, pdahal slma ini gue demen linkin park. Huft. Saya kudet sekaliihh~

    Kalo soal sosmed, trutama twitter, gue malah liatnya pda makin kreatif gtu sih. Apalagi kalo udah edit2 poto. :'D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan terbebani dengan kebingungan ingin komen apa, jangn terjebak zona nyaman.

      Mantap kan!

      wahh kalo yg bagie meme mah emang bangke-bangke itu.

      Delete
  15. Duh gan panang banget postingannya dan gado-gado pula, bingung mau ngomentarin yang mana wkwk. Btw, udah semester berapa kok udah magang? Thanks ya udah mampir. Salam kenal bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru semester 6 mau masuk 7 sih ini, kan emang semester segitu waktunya magang yak?

      Salam kenal bro.

      Delete
  16. Anjer. Ngalor-ngidul. Ini kayak lagi dengerin kamu ngomong di kosan, San.

    Terus saya perhatiin kok yang komen juga bahasanya kayak kamu di atas? Ngetik sesukanya yang penting ngetik. Ya emang harus begitu sih. Kalau gak gitu ya gak nilis nantinya. Yegak? Teris kalaua typo juga gak usah dibenerin. Lanjyt aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kang Haris mengingat gue terlalu dalam kayaknya, tolong biasa aja kang, jangan berlebihan.

      aenjayyyyy.

      Delete

Terima Kasih buat kalian yang udah mau ninggalin komentar. Nggak perlu nyepam atau tebar link buat dapat feedback dari gue. Cukup rajin kasih komentar gue pasti bakal kasih feedback balik. Kalian senang gue juga Senang, double deh senangnya ^^

Yang Ngetik -@Ichsanrmdhni